5 Contoh Polarisasi Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Polarisasi Sosial

Diakui ataupun tidak istilah polarisasi sosial menjadi bagian daripada bentuk struktur sosial bersamaan dengan stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial. Pemaknaan dalam peristilahan polarisasi sosial ini sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja media sosial, politik, kelompok sosial, dan lain sebagainya.

Namun yang pasti, penggunaannya terkait dengan kekuasaan serta kemampuan yang dimiliki oleh individu dan kelompok berbeda dalam ranah hubungan sosialnya.

Polarisasi Sosial

Polarisasi sosial adalah hubungan sosial yang terjadi antara 2 kelas sosial yang berbeda sehingga salah satu diantaranya memiliki dominasi serta kemampuan yang tidak disampaikan dimana biasanya untuk sikap yang ditunjukan melakukan penekanan antara pihak yang dominasi dengan pihak yang tidak memiliki wewenang.

Contoh Polarisasi Sosial

Perwujutan atas adanya sikap polarisasi sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Ekonomi

Dalam kajian perekonomian adanya kasus misal polarisasi sosial misalnya saja terjadinya kekuasaan yang dimiliki pemilik modal dengan tenaga kerja maupun kelompok yang mengarah pada proses yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.

  1. Politik

Bidang politik yang hubungannya dengan polarisasi sosial misalnya saja kekuasaan dalam sistem sosial pemerintahan demokrasi dimana partai yang menang pemilu akan memiliki kekuasaan mengatur aturan serta perundang-undangan tidak tidak mengedepankan pada kepentingan masyarakat.

  1. Pendidikan

Hubungan adanya polarisasi sosial pada bidang pendidikan misalnya saja dominasi yang dilkukan sekolah dengan pretasi yang bagus memiliki fasilitas lengkap dimana hal tersebut meunjang kemampuan siswanya untuk berkembang, namun disisi lainya sekolah dengan fasilitas tidak lengkap di berbagai daerah memiliki kelemahan dalam bidang akademik.

Namun kesemuanya wajib mengikuti ujian sebagai dasar kelulusan bagi setiap siswa di sekolah manapun tanpa adanya perbedaan.

  1. Budaya

Pada biang budaya pengenalan terhadap polarisasi sosial misalnya saja melihat adanya kekuasaan dalam budaya tertentu yang megitimasi kebudayaan lainnya dengan klaim yang dimilikinya. Dimana pada akhirnya budaya dengan suku yang jumlahnya terbatas merasa tertindas.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Penerapan polarisasi sosial dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja pada organisasi di perguruan tinggi yang rentan dengan kekuasaan orgaisasi eksternal di kampus. Dalam hal ini sikap perwujutan demokrasi kadangkala tidak sehat, alasannya karena pihak yang menjadi pemenang umumnya melakukan penekanan dan pembatasan untuk pihak yang kalah.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan adanya contoh kasus polarisasi sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan dan pengetahuan bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.