4 Contoh Provokasi di Berbagai Bidang dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Provokasi

Provokasi menjadi bagian dalam sistem sosial kehidupan yang diakui ataupun tidak sangatlah mudah ditemukan. Prihal ini alasannya karena memprovokasi akan mampu untuk berpengaruh pada jalan pemikiran seseorang untuk melakukan bentuk tindakan sosial sesuai dengan keinginan.

Meski kadangkala provokasi dianggap negatif namun dalam bidang lainnya kadangkala memberikan akibat positif. Contohnya saja terkait dengan provokasi kepada seseorang anak untuk belajar giat agar tidak bodoh menjadi bagian daripada sikap positif, adapun negatifnya tindakan provokasi ini misalnya saja untuk mengajar seseorang agar melakukan perusakan dalam saat terjadinya arti demonstrasi.

Provokasi

Provokasi bisa diartikan sebagai bagian daripada aksi yang dilakukan oleh provokator sebagai individu untuk memicu terjadianya agresi terhadap individu dan kelompok lainnya untuk melakukan gerakan sesuai apa yang dikehandaki. Oleh karena demikianlah provokasi memiliki sifat sebagai tindakan pancingan.

Contoh Provokasi

Adapun untuk contoh perwujutan provokasi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Verbal

Bentuk pengamalan provokasi verbal yang dilakukan untuk memancing seseorang agar mengkuti apa yang ia kedehendaki. Bisa melihat pada kasus ketika kita baru saja dipilih menjadi seorang Ketua RT (Rukun Tetangga), anda berencana untuk mengadakan kegiatan ronda setiap malam. Setiap warga akan secara bergantian mengadakan kegiatan ronda.

Ronda malam tersebut dilakukan agar membuat semua warga merasa aman terhadap tempat tinggal dan aset-aset berharga mereka. Namun, salah satu warga menolaknya dengan alasan hal tersebut merupakan tugas ketua RT saja, melalui kaliamat seperti “Bukan kah itu tugas RT untuk melindungi kita semuanya?“.

Jikalau kalimat tersebut ditunjukan untuk diri kita pada saat terjadinya musyawarah bersama masyarakat lain akan menjadi bagian daripada provokasi yang menggunakan komunikasi verbal.

  1. Negara

Kasus lainnya terkait dengan penjelasan provokasi yang ada di Indonesia. Misalnya saja Pada Tahun 2019 yang lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menangkap 74 kapal pelaku illegal fishing dan 27 di antaranya adalah kapal berbendera Vietnam.

Kapal kapal tersebut diringkus di wilayah Perairan Laut Natuna Utara yang masuk kedalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Namun saat hendak diamankan, secara tiba tiba kapal penjaga nelayan Vietnam menabrak kapal TNI yang mencoba menghalangi proses penangkapan kapal asing tersebut. Tindakan yang dilakukan oleh penjaga nelayan bagian daripada provokasi, yang setidaknya bisa menjadi ancamam bagi NKRI karena bisa menyebabkan konflik antar negara akibat tindakan provokasi tersebut.

  1. Politik

Bagian yang menjadi contoh provokasi dalam bidang politik misalnya saja adanya seorang pejabat publik yang memberikan gambaran akan bahwa Jokowidodo ialah kuturan PKI (Partai Komunis Indonesia) yang beredar saat beliau akan dicalonkan sebagai Presiden Pada Tahun 2014 dan 2019.

Apa yang dilakukan seorang pejabat publik tersebut bagian daripada provokasi yang sengaja dikeluarkan dalam upaya mempengaruhi publik dan kepercayaan terhadap lawan politiknya. Padahal berita tersebut tidaklah benar.

  1. Ideologi

Penggambaran atas provokasi dalam ideologi maupun keyakinan terlihat takala ada keinginan organisasi sosial tertentu, sebut saja HTI yang ingin menggati ideologi Pancasila dengan mejelaskan bahwa kejayaan Indonesia hanya bisa terjadi jikalau hukum Tuhan dijalankan sepenuhnya.

Apa yang dilakukan HTI dalam hal ini adalah bagian daripada provokasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sistem pemerintahan.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh provokasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi pengetahuan kalian ya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *