10 Macam Struktur Sosial dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Macam Struktur Sosial dan Contohnya

Struktur sosial bisa dikatakan sebagai kerangka kelembagaan yang membuat keteraturan sosial dalam proses sosial dan interaksi sosial secara berulang-ulang di antara individu dan kelompok yang berhubungan satu sama lainnya. Kunci utama adanya struktur sosial suatu masyarakat terletak pada pemahaman tentang institusi sosialnya dan kombinasi yang saling terkait.

Disisi lainnya, adanya struktur sosial di masyarakat ini dapat dibedakan dalam beberapa bentuk. Baik secara sifat maupun dalam fungsinya.

Struktur Sosial

Struktur sosial adalah sistem hubungan sosial yang khas dan stabil yang ada dalam setiap masyarakat. Dalam hal ini adanya struktur sosial tidak berkaitan dengan orang-orang sebagai individu dalam kelompok maupun organisasi yang membentuk masyarakat, atau tujuan akhir dari hubungan yang ada.

Sebaliknya, struktur sosial berkaitan dengan organisasi hubungan mereka, yaitu bagaimana mereka diatur ke dalam pola. Dengan demikian, fungsi struktur sosial menganggap bahwa hubungan sosial manusia tidak bersifat sewenang-wenang atau kebetulan, melainkan mengikuti pola-pola tertentu yang dapat diidentifikasi.

Macam Struktur Sosial

Adapun untuk jenis struktur sosial dan contohnya di masyarakat, antara lain:

  1. Struktur Sosial Kaku

Struktur sosial kaku ialah struktur sosial yang sulit bahkan tidak mungkin mengalami perubahan. Strutur sosial kaku biasanya telah diwarsan secara turun-menurun serta dilatarbelakangi oleh dogma nilai agama atau kesukuan yang sangat kuat.

Ada[un untuk adanya contoh struktur sosial yang sifatnya kaku misalnya saja adanya sistem sosial kasta di India yang membagi kehidupan manusia berdasakan pada garis keturunannya.

  1. Struktur Sosial Luwes

Struktur sosial luwes adalah sistem sosial yang bersifat sangat fleksibel dan mudah mengalami perubahan. Struktur sosial luwes bisa kita temukan pada masyarakat yang menganut sistem stratifikasi sosial terbuka seperti halnya di Indonesia.

Sebagai contohnya saja pemilihan kepala daerah yang tidak didasarkan pada garis keturunan raja atau bangsawan, tapi siapapun dapat menjadi kepla daerah asalkan mempunyai kapasitas dan pendukung yang memadai.

  1. Struktur Sosial Formal

Struktur sosial formal ialah bentuk struktur sosial yang diakui oleh pihak yang berwenang serta hukum yang berlaku di suatu wilayah. Sebagai contoh yaitu tipe lembaga sosial pemerintahan tingkat daerah (Pemda) yang terdiri atas bupati, wakil bupati, sekwilda, dan lain-lain.

  1. Struktur Sosial Informal

Struktur sosial informal adalah kebalikan dari struktur sosial formal. Struktur sosial informal nyata adanya dan berfungsi, tapi tidak memiliki ketetapan hukum dan tidak diakui oleh pihak yang berwenang.

Sebagai contoh, dalam suatu masyarakat ada tokoh adat atau tokoh agama yang mempunyai wibawa dan charisma. Dia sangat dipatuhi dan disegani oleh anggota masyarakatnya, tapi tokoh-tokoh tersebut tidak berada dalam struktur yang formal dan keberadaannya tidak diakui secara konstitusional.

  1. Struktur Sosial Homogen

Struktur sosial homogen ialah jenis struktur sosial berdasakan sifat yang para anggota masyarakatnya mempunyai latar belakang identitas diri yang sama, seperti adanya kesamaan ras, suku bangsa, ataupun agama. Struktur sosial yang homogen contohnya yaitu struktur suku adat misalnya Suku Kampung Naga yang tinggal di Tasikmalaya.

  1. Struktur Sosial Heterogen

Struktur sosial heterogen ialah struktur sosial yang ditandai oleh adanya keanekaragaman identitas anggota masyarakatnya, seperti latar belakang ras, suku, ataupun agama yang berbeda. Adapun untuk contoh struktur sosial heterogen misalnya bisa kita lihat pada masyarakat Indonesia yang secara umum memiliki beragam suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakatnya.

  1. Struktur Sosial Mekanis

Struktur sosial mekanis ialah struktur sosial yang menuntut adanya persamaan posisi dari para anggotanya agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Contoh struktur sosial mekanis misalnya struktur keluarga. Dalam arti keluarga, setiap anggota keluarga merupakan suatu mekanisme yang tidak bisa dengan mudah digantikan atau ditukar tanpa membawa dampak negatif.

  1. Struktur Sosial Statistik

Struktur sosial statistik ialah struktur sosial yang secara fungsional bisa berjalan dengan baik apabila syarat jumlah anggotanya telah terpenuhi. Struktur sosial yang satu ini tidak akan berjalan dengan baik apabila komponen anggotanya tidak terpenuhi.

Adapun contoh struktur sosial statistik bisa kita temukan pada jenis olahraga beregu, misalnya sepak bola, bola volly, bola takraw dan sebagainya.

  1. Struktur Atas dan Bawah

Struktur sosial atas-bawah merupakan pembagian struktur sosial yang pertama kali dikemukakan oleh Karl Marx. Menurut Marx, struktur atas atau supra-struktur adalah kelompok orang-orang yang memiliki kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan budaya.

Sedangkan, struktur bawah atau infra-struktur adalah rakyat jelata yang tidak mempunyai kekuasaan atas bidang-bidang tersebut.

  1. Struktur Horizontal dan Vertikal

Struktur sosial horizontal merupakan pembedaan masyarakat secara horizontal atau dengan kata lain pembedaan yang didasarkan pada aspek diferensiasi, sehingga disebut pula diferensiasi sosial. Contoh struktur horizontal misalnya perbedaan arti suku, makna ras, dan agama.

Sedangkan struktur sosial vertikal merupakan pembedaan masyarakat secara vertikal atau pembedaan masyarakat yang didasarkan pada tinggi-rendahnya suatu tingkatan atau strata seseorang dalam suatu masyarakat, sehingga disebut pula stratafikasi sosial.

Nah, demikinalah penjelasan yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan jenis struktur sosial di masyarakat dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus pengetahuan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *