Contoh Konsolidasi Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Konsolidasi Sosial

Konsolidasi sosial bisa dikatakan sebagai upaya untuk menghimpun berbagai bentuk kelompok sosial yang berbeda-beda dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan. Prihal ini sebagai salah satu studi tentang kemasyarakatan objek kajian sosiologi berupaya untuk menjelaskankan.

Salah satunya prihal adanya berbagai bentuk konsolidasi yang pernah terjadi di masyarakat. Misalnya saja antara suku, bangsa, dan agama.

Konsolidasi Sosial

Konsolidasi sosial adalah serangkaian teknik yang dilakukan oleh kelompok tertentu dalam upaya memberikan penguatan kepada angggota masyarakatnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga upaya konsolidasi ini dalam jenis interaksi sosial termasuk dengan asosiatif lantaran tidak menimbulkan arti pertikaian.

Contoh Konsolidasi Sosial

Berbagai contoh terjadinya konsolidasi sosial di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Suku

Arti suku yang berbeda tentusaja tidak terlepas daripada jenis konflik yang terjadi, perbedaan ini nyata adanya sehingga perlu dilakukan kesadaran bahwa perbedaan tersebut menjadi bagian daripada membentuk penguatan masyarakat.

Contoh prihal konsolidasi dalam suku ini misalnya saja adanya upaya yang dilakukan oleh Suku Lampung dengan Suku Bali di Desa Balinuraga yang pernah mengalami konflik. Mereka sepakat untuk damai dan tidak merugikan satu sama lainnya.

  1. Bangsa

Contoh konsolidasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara juga sangat mudah ditemukan. Misalnya prihal ini melihat kemampuan Amerika Serikat yang mencoba untuk melangsungkan konsolidasi dengan beberapa negara untuk memberikan embargo ekonomi kepada Iran. Alasannya karena Negara Iran sendiri masih memproduksi nuklir.

  1. Agama

Adapun dalam kehidupan beragama, kadangkala banyak ditemukan konsolidasi. Prihal ini dapat dilihat pada Tahun 2020, dimana salah satu media Prancis pada saat itu menggambar karikatur Nabi Muhammad S.A.W. Sehingga atas dasar inilah beberapa negara Islam melakukan konsolidasi dalam untuk memboikot produk dari Prancis.

  1. Politik

Pada bidang politik konsolidasi juga bisa ditemukan, ketika Presiden Jokowidodo terpilih pada tahun 2019, dimana beliau pada saat itu melakukan sawari ke berbagai partai politik dalam menghimpun kekuatan. Meskipun, tidak ada yang gratis dalam hal ini. Dimana pada akhirnya kebanyakan Kabinet Indonesia Bersatu pada Jilid 2 di isi oleh tokoh-tokoh politik.

  1. Masyarakat

Kehidupan masyarakat juga tidak terlepas daripada konsolidasi. Contohnya saja seperti saat terjadinya Pemilihan Kepala Kampung di Desa Sukamaju, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Dimana pada saat pencalonannya salah satu tokoh masyarakat mencoba untuk menghimpun kekuatan di wilayah RT sampai dengan tingkat RW.

Tindakan ini bisa dikatakan sebagai salah satu konsolidasi sosial yang sangat nyata dan dilakukan dalam membentuk jaringan sosial.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa konsolidasi sosial adalah upaya untuk membetuk kekuatan yang dilakukan oleh antar pihak berbeda dalam upaya mencapai tujuan dan harapan yang ingin diwujudukan.

Semoga saja memalalui artikel tentang berbagai contoh konsolidasi sosial pada bidang suku, bangsa, agama, politik, dan masyarakat ini memberikan wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkan referensi terkait materinya.

Rating: 2.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *