Contoh Kaidah Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Kaidah Sosial

Kaidah sosial secara sederhana dapat diartikan sebagai ketentuan-ketentuan tentang baik buruk perilaku manusia di tengah pergaulan hidupnya dan peraturan hidup yang mengatur tingkah laku manusia dalam lingkungan sosial bermasyarakat, dengan menentukan seperangkat aturan yang sifatnya dapat berupa perintah, anjuran, dan larangan-larangan.

Kaidah Sosial

Adapun kaidah-kaidah sosial yang menjadi pedoman manusia bertingkah laku dalam bermasyarakat ada bermacam-macam, 3 poin di bawah ini menjadi kaidah mendasar yang langgeng di masyarakat, yakni:

Kaidah Agama

Dalam nilai agama adalah kaidah dikenal berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Kaidah-kaidah ini bersumber dari kitab suci agama tersebut akan selalu mengikat para umatnya. Pelanggaran terhadap kaidah agama dipercaya akan menyebabkan datangnya hukuman dari Tuhan Yang Maha Esa, baik di dunia maupun diakhirat.

Kaidah Kesusilaan

Kaidah kesusilaan dipercaya sebagai kaidah yang timbul dari akhlak dan naluri setiap manusia. Kaidah contoh norma kesusilaan berperan sebagai pedoman untuk mengetahui baik buruknya tindakan yang akan dilakukan dalam kehidupan sosial.

Jenis sanksi pada setiap pelanggaran yang dilakukan akan menyerang perasaan batin manusia itu sendiri seperti rasa malu dan penyesalan.

Kaidah Kesopanan

Kaidah kesopanan biasanya muncul beriringan dengan sikap lingkungan dan masyarakat asli wilayah setempat. Kaidah dalam norma kesopanan berfungsi untuk mengatur pergaulan manusia yang satu dengan yang lain dalam bermasyarakat.

Sehingga setiap anggota masyarakat dapat saling menghargai dan menghormati. Pelanggaran terhadap kaidah ini dapat berupa celaan, makian, atau bahkan diasingkan oleh masyarakat.

Contoh Kaidah Sosial

Adapun untuk memberikan penjelasan lebih lengkap terkait dengan pengamalan dalam kaidah sosial di masyarakat, antara lain sebagai berikut;

Agama

Beberapa contoh kaidah agama dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Setiap langkah umat beragama haruslah berpedoman pada kitab suci
  2. Selalu mengingat keberadaan Tuhan dalam keadaan apapun
  3. Kepercayaan akan keberadaan kehidupan setelah kematian membuat para umat berlomba-lomba mengantongi perbuatan baik sebagai pahala.
  4. Setiap agama memiliki kaidah tersendiri dalam memandang arti toleransi beragama
  5. Agama dan tingkat keimanan dipercaya memiliki pengaruh pada hal-hal keduniawian seperti kondisi ekonomi, sampai ranah privat seperti asmara dan jodoh.

Kesusilaan

Beberapa contoh kaidah kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Setiap manusia memiliki sikap peduli lingkungan, dengan melakukan hal-hal sederhana untuk menjaga bumi seperti mengurangi penggunaan plastik, menggunakan energi seperlunya.
  2. Setiap manusia harus mampu menghargai setiap pilihan diri sendiri dan orang lain dalam kehidupannya.
  3. Setiap manusia mau dan mampu saling membantu siapapun yang sedang membutuhkan.
  4. Kepada siapapun sudah seharusnya setiap manusia mampu menjalani hidup dengan tulus ikhlas tanpa memandang gender, warna kulit, atau kepentingan pribadi sementara.
  5. Setiap manusia harus merasa terus ingin belajar, mengerahkan kemampuan maksimal pada setiap kesempatan.

Kesopanan

Beberapa contoh kaidah kesopanan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Selalu mengingat dan mengamalkan 3 kata ajaib; tolong, maaf, dan terimakasih
  2. Mengikuti setiap aturan tertulis ataupun tidak tertulis yang berlaku di wilayah tertentu
  3. Apabila diminta, tidak sungkan emberikan kritik dan saran yang membangun
  4. Menghormati setiap orang khusus diantaranya yang memiliki usia
  5. Setiap orang mampu enjadi inspirasi baik bagi orang lain

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh pengamalan kaidah sosial di masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi semuanya. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *