2 Contoh Jabatan Fungsional di Masyarakat

Diposting pada

Jabatan Fungsional

Jabatan fungsional sejatinya bisa dikatakan sebagai bagian daripada jabatan karier dan tugas pokok yang diberikan oleh tipe lembaga sosial dalam pemerintahan. Sehingga prihal ini setidaknya terdapat hiraki struktur sosial di dalamnya.

Adapun bentuk jabatan fungsional seperti ini bisa ditemukan dalam kehidupan masyarakat. Misalnya saja dalam kecamatan, kelurahan, perguruan tinggi, lembaga pendidikan formal sebagimana sekolah, dan lainnya.

Jabatan Fungsional

Jabatan fungsional adalah penggolongan tingkat jabatan akademik yang berbentuk hiraki atas stratifikasi sosial dengan menunjukan tanggung jawab, tugas, wewenang, maupun hak dalam satuan tugas dengan di dasarkan pada keahlian tertentu serta bersifat mandiri.

Contoh Jabatan Fungsional

Adapun untuk contoh penggambaran atas adanya jabatan fungsional. Misalnya saja;

  1. Perguruan Tinggi

Dalam perguruan tinggi yang bisa berbentuk universitas, insititut, sekolah tinggi, akademi, akademi komunitas, dan lainnya. Prihal ini dalam status sosial dan peran sosialnya tenaga pengajar khususnya dosen memiliki jabatan fungsional.

Dimana untuk jabatan ini sendiri setidaknya terdiri dari;

  1. Asisten Ahli
  2. Lektor
  3. Lektor Kepala
  4. Guru Besar

Untuk tahapan dalam mencapainya keterangan lengkapnya;

  1. Asisten Ahli

Seorang dosen dengan asisten ahli yang berstatus sebagai ASN haruslah dalam satu semester melaksanakan perkuliahan sebanyak 12 SKS, sebagai pembimbing utama skripsi 1 mahasiswa, pembimbing pembantu skripsi 1 mahasiswa, anggota penguji skripsi 2 mahasiswa, dan mengembangkan Diktat kuliah 2 produk dengan angka kredit kumulatifnya sekitar 18 atau sekitar 55% dari tugas dan wewenangnya.

  1. Lektor

Adapun untuk jabatan fungsional seorang dosen dengan status lektor dalam satu semester melaksanakan perkuliahan sebanyak 12 SKS, sebagai pembimbing pendamping thesis 2 mahasiswa, pembimbing utama skripsi 2 mahasiswa, pembimbing pendamping skripsi 4 mahasiswa, ketua penguji skripsi 2 mahasiswa. Dengan angka kredit kumulatif dosen tersebut ialah 22.

  1. Lektor Kepala

Lektor kepala adalah bagian daripada jabatan fungsional akademik seorang dosen yang diperoleh setelah menempuh angka kredit kumulatif minimal 400. Dimana prihal inilah setidaknya memiliki ijazah Magister (S2) atau yang sederajat dengan harus memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional.

  1. Guru Besar

Guru Besar adalah bagian daripada jabatan fungsional dosen dengan diberikan hak berupa tunjangan kehormatan dengan pendidikan terakhir haruslah S3 (Dokter) dengan batas pensiunnya usia 70 Tahun yang angka komulatif jabatannya ialah 850 sampai dengan 1050

  1. Sistem Pemerintahan

Sistem sosial dalam melakukan pemerintahan di wilayah Indonesia juga terdapat contoh bentuk jabatan fungsional. Prihal ini misalnya saja dalam lembaga ekonomi khususnya Kementrian Keuangan. Dimana sistem jabatan fungsionalnya terdiri dari Analis Keuangan, Biro Keuangan, dan Kementerian Keuangan.

Itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya jabatan fungsional di masyarakat yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan bagi kalian semua yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.