Pengertian Fungsional, Teori, Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Fungsional Adalah

Setiap lapisan masyarakat mengalami perubahan sosial dari masa ke masa. Hal tersebut dapat terjadi dalam berbagai tatanan kehidupan yang bergerak secara cepat. Perubahan tersebut dapat bersifat fungsional. Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengulas tentang definisi, teori, jenis dan contoh fungsional secara umum.

Fungsional

Fungsional adalah istilah yang merujuk pada aspek sosial yang ditinjau berdasarkan pada fungsinya. Segingga kajian fungsional berpedoman mengenai proses terjadinya perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya perubahan.

Salah satunya adalah ketidkpuasan masyarakat terhadap suatu kebijakan ataupun keputusan yang membebankan mereka.

Pengertian Fungsional

Fungsionalise adalah bentuk penggambaran atas kehidupan yang sesuai dengan aturan dan ketentuan yang sudah disepakati bersama tanpa adanya aling-aling masalah yang terjadi dan menganggap bahwa apa yang ada adalah bagian daripada warna dalam menjalani kehidupan.

Teori Fungsionalisme

Teori fungsional adalah kajian tentang pandangan sebagai sistem yang terdiri dari bagian yang saling terkait satu sama lain. Semua elemen masyarakat saling mempengaruhi dan mebutuhkan antara satu dengan lainnya. Masing-masing elemen masyarakat harus mampu menjalankan fungsinya dengan baik agar kehidupan masyarakat dapat berjalan dengan normal. Apabila unsur-unsur dalam masyarakat bergera sendiri, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya disfungsi.

Perubahan sistem dalam masyarakat merujuk pada fungsi baru yang berguna bagi kehidupan. Fungsi baru ini tidak serta merta diterima oleh masyarakt luas. Beberapa kelompom orang menentang suatu kebijakan atau tatanan baru dengan berbagai alasan.

Menurut teori fungsional, suatu fungsi baru tercipta untuk memudahkan kegiatan masyarakat. Pembentukan fungsi baru ini dapat dilakuka dengan dua cara yaitu mengubah seluruh tatanan dan mengganti dengan tatanana yang baru serta mengubah sebagian tatanan karena dianggap tidak dapat menjlankan fungsi sebagaimana mestinya.

Jenis dan Fungsionalisme

Beberapa contoh fungsional dalam masyarakat berdasarkan jenisnya, antara lain:

  1. Tatanan Pemerintahan

Sistem pemeerintahan dibuat untuk mempermudah warganya dalam mengatur dan mengurusi segala sesuatu bekaitan dengan masalaha ketatanegaraan. Tatanan ini dibentuk sedeikiun rupa dengan berbagai fungsi yang telah di tetapkan masing-masing.

Contohnya dapat dilihat pada lembaga pemerintahan Indonesia. Sebelum kemerdekaan, Indonesia menganut sistem pemerintahan parlementer diamana raja memiliki kekuasaan yang absolute. Lambat laun, sistem ini diubah untuk memaksimlakna fungsi setiap elemen pemerintahan.

Setelah kemerdekaan, sistem pemerintahan berganti menjadi sistem pemerintahan presidensil. Terjadi perubahan fungsi dalam hal kepemimpinan. Pada periode pemerintahan parlementer, penggunaan biaya untuk memilih dan menunjuk pemimpin suatu wilayah dapat ditekan degan dengan mudah. Peraturan tersebut dianggap sudah tidak sesuai, karena masyarakat dianggap tidak memiliki peran dan fungsi penting dalam sistem pemerintahan

Setelah berubah menjadi sistem pemerintahan presidensil, masyraakat memiliki kekuasaan penuh untuk mengatur pemerintahan, meskipun dalam pelaksanaannya memrlukan biaya yang lebih banyak.

Hal tersebut menunjukan perubahan fungsi karena semakin bertambahnya kebutuhna masyarakat dan semakin berkembagnya kemampuan masyarakat secara umum. Secara fungsional, semua elemen memiliki fungsi dan perannya masing-masing dalam menjalankan kewajiban dan kehidupan sebagai anggota masyrakat suatu negara.

  1. Pembuatan Jalan Tol

Fungsional yang berlaku dalam bidang pembangunan salah satunya adalah pembuatan jalan tol. Jika dikaji secara fungsional, pembuatan jalan tol ini dibuat sebagai uapay untk mempermudah akses masyarakat menuju wilayah yang jauh. Selain itu, pembutana jalan tol juga dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi, mempermudah sistem perdagangan dan investasi, dan mengedepankan kemajuan masyarakat luas.

Kebutuhan masyarakat yang semakin beragam memaksa semua elemen untuk menciptakan sesuatu yang baru yang dapat berguna bagi banyak orang. Hal tersebut sejalan denganfungsional yang mana perubahan terjadi karena perubahan fungsi yang diseduaikan dengan kondisi dan situasi.

Keadaan struktur sosial mengenai jalan tol, kemajuan ekonomi, peningkatan pendapatan, maupun peningkatan tingkat kemajan masyarakat sejatinya telah tersusun secra alamiah. Naluri manusia menginginkan suatu perubahan lebih baik. Perubahan yang mendorong kearah positif.

  1. Teknologi

Saat ini, perkembnagan teknologi semakin canggih. Teknologi yang dulunya hanya berfungsi sebagai media hiburan kini memiliki peran dan fungsi yang lebih besar daripada itu. Semakin berkembangnya teknologi ini dibarengi dengan kemmapuan masyarakat yang semakin maju. Manusia memiliki peranan penting dalam bertambahnya nilai sosial guna dari suatu teknologi.

Penggunaan teknoloogi saat ini banyak menggantikan peran dan fungsi manusia dalam dunia kerja. Misalnya saja pembutan robot. Kecanggihan teknologi menjadikan robot dirancang sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi seperti manusia dalam melakukan pekerjaan.

Perubahan penggunaan teknologi ini sesungguhnya bagian dari fungsional sebagai upaya meningkatkan keefisienan dan keefektifan hasil pekerjaan. Perubahan ini tentunya mendapat respon positif dan respon negatif dari masyarakat.

  1. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Pada mulanya alat kontrasepsi menjadi problema bagi sebagain orang. Terjadi perbedaan pandangan tentang anggapan-anggapan yang memperbolehkan dan melarang penggunaan agama khsusunya dilihat dari perspektif agama.

Namun, lambat laun kesadaran masyarakat mulai berubah. Kesadaran akan jumlah penduduk di Indonesia yang terus meningkat secara cepat membuat penggunaan alat kontrasepsi ini mulai diterima dan digunakan hampir seluruh masyarat Indonesia.

Penggunaan alat ini tidak hanya mempu menekan jumlah kelahiran di Indonesia, tetapi juga sebagai upaya memperbaiki perekonomian negara. Selain itu, kebutuhan ekonomi keluarga menengah kebawah dapat diatasi sehingga tidak mengalami kemiskinan dan kekurangan pangan.

Pertentangan masyaarakat terkait penggunaan alat kontrasepsi hingga akhirnya diterima oleh masyarakat luas merupakan bagian dari pengkajian fungsional dimana masyarakat mulai memiliki kesadaran dan perubahan pola pikir mengenai pengetahuan yang didapatnya.

  1. Sosial Media

Sosial media saat ini menjadi salah satu penyedia informasi. Berbagai jenis informasi dari berbagai bidang dan berbagai sudut pandang tersaji di sosial media. penggunaan dalam arti media sosial bagi sebagian orang dianggap sebagai suatu ancaman dalam perubahan pola perilaku. Sumber informasi yang kurang akurat juga menjadi alasan masyarakat tidak menerima kehadiran sosial media.

Interaksi sosial menjadi terganggu. Memanjakan dan mengutamakan komunikasi melalui sosial media membuat hubungan masyarakt menjadi tertutup. Pola pikir masyarakat yang semakin terbuka membuat penggunaan sosial media lama-lama mulai diterima dengan baik. penggunaan sosial media yang digunnakan secara bijak dirasa cukup mampu untuk memberikan pengetahuan lebih banyak.

Perubahan pola pikir ini menjadi salah satu pengkajian fungsional bahwa suatu fungsi baru tercipta karena kesadaran terhadap nilai guna suatu benda atau suatu kebijakan. Kajian fungsional ini diharapkan mampu menjadi upaya dalam mengubah paradigma masyarakat.

  1. Norma/Aturan

Norma sosial yang dianggap tidak sesuai dengan tatanan masyarakat, kemungkinan terburuk akan menimbulkan konflik dalam masyarakat. Norma ini dibuat dengan mempertimbangkan kepentingan bersama anggota. Ketika norma tersebut dianggap sudah tidak sesuai dengan kondisi masyarakat sekarang, maka norma tersebut menagalami disfungsi atau tidak memiliki fungsi lagi.

Dalam ruang lingkup yang lebih sempit, norma diterapkan hanya untuk anggota keluarg ayang bersangkutan. Norma tersebut disebut dengan norma keluarga. Peraturan dalam keluarga harus ditaati oleh seluruh anggota keluarga.

Misalnya aturan untuk pulang dibawah jam 7 malam. Penerapan aturan tersebut saat tidak diterapkan lagi ketika sudah tidak sesuai dengan keadaan dan kondisi saat ini. Jam kerja lembur hingga jam 8 malam membuat aturan tersebut tidak dapat diterapkan lagi pada saat ini.

Berdasarkan kajian fungsional, perubahan tersebut terjadi karena disfungsi dari suatu aturan. Aturan tersebut sebaiknya diubah dan disesuaikan dengan kondisi anggota.

  1. Permasalahan Individu

Permasalah atau gangguan dalam kehidupan seseorang dapat terjadi karena sesuatu hal atau pengalaman yang terjadi sehingga dapat mengubah kepribadian individu. salah stu contohnya adalah perempuan yang menyukai lawan jenis.

Dalam beberapa kasus hal tersebut terjadi bukan bawaan dari lahir, tetapi karena penagalaman pahit yang pernah dialami. Misalnya seorang perempuan yang pernah disakiti sehingga ia tidak percaya lagi terhadap laki-laki. Di Indonesia sendiri, hubungan sesame jenis jelas tidak diperbolehkan. Kebijakan hukum yang lemah membuat seseorang hal tersebut masih sering ditemukan.

Perubahan secara fungsional dalam diri seseorang ini mengubah sebagian atau bahkan seluruh pola hidup individu tersebut. Perubahan ini dapat dilatarbelakangi oleh hal positif maupun negative dan memiliki dampak negative dan positif pula.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang arti fungsionalisme dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi dalam fungsional dapat berpengaruh besar terhadap tatanan masyarakat. Perubahan tersebut tentunya sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

Semakin hari kebutuhan masyarakat semakin kompleks. Penggunaan teknologi canggih sebgai alat pemuas kebutuhan sangat membantu memenuhi kehidupan masyarakat.

Nah, itulah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca tentang pengertian fungsional, teori, jenis dan contohnya yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi, referensi, dan literasi bagi semuanya.

Rating: 3.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *