5 Contoh Hegemoni di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Hegemoni

Hegemoni menjadi salah satu bentuk peristilahan yang dipelajari dalam objek kajian sosiologi dengan menekankan pada penguasaan tanpa kekerasan di masyarakat. Prihal ini bentuk hegemoni sendiri sangatlah mudah ditemukan, misalnya saja pada bidang budaya, sistem sosial atas kekuasaan, media massa, pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Contohnya saja seperti adanya pengaruh salah satu unsur partai politik di Indonesia dengan menyiarkan secara terus menerus melalui media masa khususnya televisi yang dimilikinya, melalui media masa tersebut sejatinya pemilik perusahaan atas media masa dan partai politik melakukan hegemoni untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Hegemoni

Hegemoni adalah bagian daripada arti dominasi yang dilakukan oleh individu dan kelompok untuk menunjukan ekspresi, penerapan, dan mekanisme dalam mempertahankan diri dengan mempengaruhi bahkan mengusai korbannya secara tidak sadar melalui proses pemikiran yang dimilkinya.

Oleh karena itulah melalui hegemoni yang dimilikinya tersebut terdapat bentuk tindakan sosial yang dominan terjadi. Meskipun demikian konsep terjadinya hegemoni masih terlihat wajar alasannya karena tidak ada unsur manipulasi di dalanya.

Contoh Hegemoni

Adapun untuk contoh adanya hegemoni di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Budaya

Bagian kasus adanya budaya yang menghegemoni suatu wilayah tertentu bisa saja terjadi. Perihal ini misalnya saja melihat internalisasi yang terjadi berhubungan dengan berkembangnya film dan musik Korea di Indonesia yang biasanya dikenal dengan K-Pop.

Dimana berkembangnya K-Pop diakui atau tidak menjadi hegemonitas yang terjadi. Alasannya karena banyak masyarakat Indonesia khususnya mengenal serta mengidolakan artis-artis yang berasal dari negeri gingseng tersebut.

  1. Kekuasaan

Penerapan lainnya daripada hegemoni atas kekuasaan misalnya saja untuk lembaga pendidikan dalam universitas, dimana ada pembagian antara dosen dan mahasiswa.

Prihal ini tentusaja seorang dosen sebagai tenaga pendidikan kerapkali menghegemoni mahasiswanya dengan memberikan pengetahuan tertentu, bahkan tidak jarang mahasiswa sulit menyampaikan pendapat pribadinya dengan alasan takut untuk tidak nilai baik saat ujian.

  1. Media Sosial

Bagian yang lainnya yang menjadi contoh dominasi maupun hegemoni dalam media sosial ialah melihat berkembangnya Facebook, Whatshaap, dan Instagram di Indonesia. Ketiga media sosial ini sejatinya dimiliki oleh Mark Zuckerberg.

Sehingga manakala ketiganya melakukan kebijakan kepada para penggunanya tentusaja menjadi suatu yang mutlak dan haruslah dipatahui oleh semuanya.

  1. Pekerjaan

Hubungan sosial yang menciptakan hegemoni dalam pekerjaan misalnya saja adanya keinginan pimpinan perusahaan tertentu yang meminta kita untuk memberikan pendapatnya terkait dengan masalah sosial yang terjadi. Semua hal yang kita sampaikan sejatinya berasal dari hegemoni yang hadir lantaran takut mendapatkan teguran.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Bagian lainnya hegemoni di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari biasanya berhubungan dengan ekonomi sebagai bagian daripada pemenuhan arti kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Untuk memenuhi salah satunya tentusaja lazim mengenal dengan Aqua sebagai produk air mineral.

Kadangkala saat akan membeli air mineral apapun masyarakat Indonesia pada umumnya akan mengetahakan beli “Aqua” meskipun nantinya akan diberikan air minum dengan merek lainnya.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh hegemoni di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *