Contoh Dominasi di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Dominasi

Dalam objek kajian sosiologi istilah dominasi lekat dengan penaklukan atas struktur sosial kekuasaan yang dimiliki oleh individu dan kelompok tertentu terhadap individu dan kelompok lainnya. Prihal ini tentusaja berhubungan dengan berbagai aspek sosial, politik, unsur budaya, ekonomi, dan lain sebagainya.

Tetapi yang harus dipahami dominasi senantiasa menunjukan bagaimana seseorang menjalankan kekuasaan atas orang lain sekaligus mampu mempertahankan kekuasaan, serta menunjukkan fenomena yang teratur dan dijalankan secara terus menerus.

Dominasi

Kata dominasi yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan domination berasal dari Bahasa Latin dominus. Dominus adalah master (tuan) dan penguasaan yang dimiliki mewakili kekuatan sosial yang dimiliki oleh seseorang. Sehingga penyebutan arti dominasi melibatkan ketidakseimbangan dalam kekuasaan.

Contoh Dominasi

Adapun untuk beberapa contoh dominasi dalam berbagai bidang, antara lain;

  1. Politik

Segmentasi politik tidak terlepas daripada dominasi yang dimiliki oleh individu maupun kelompok lainnya prihal kekuasaan dalam mendapatkan peran sosial dan status sosial yang lebih tinggi. Misalnya saja di Indonesia, pada zaman kolonialisme penjajahan Belanda menyebutkan bahwa masyarakat pribudi secara penuh dipegang kendalinya oleh Belanda.

Prihal ini untuk penerapannya sendiri terlihat pada penyebutan tuan yaitu pihak Belanda memiliki kendali penuh atas rayat Indonesia sepenuhnya. Misalnya dalam bidang pekerjaan serta hasil panen yang didapatkan semuanya terkendali oleh Belanda.

  1. Budaya

Kekuasaan yang mendominasi dalam arti budaya akan terlihat ketika beberapa kegiatan terkait dengan pelestarian kebudayaan di wilayah sudah hilang sehingga perwujutan kekuasaan ini sering digambarkan sebagai arbitrary (sewenang wenang) atau discretionary (diskresi) atas kepemilikan dari eksistensi pihak tertentu.

Contohnya misalnya soal Musik, selera musik hampir diseluruh dunia didominasi oleh genre musik Pop, Mental, Punk, dan lainnya.

  1. Agama

Prihal agama dominasi tidak sepenuhnya menjadi buruk, namun lebih pada pengakomodiran terhadap pemenuhan keinginan dari tiap-tiap agama untuk menjalankan prosesi ibadahnya.

Contoh nyata dalam dominasi agama ini misalnya saja di Indonesia, mayoritas pemeluk agama Islam meski demikian diberikan kebebasan bagi tiap-tiap agama menjalankan ibadah dan hal tersebut menjadi aturan dalam perudang-undangan.

  1. Ekonomi

Pada bidang perekonimian istilah dominasi juga dengan mudah untuk ditemukan. Prihal ini misalnya saja jajaran tokoh-tokoh orang terkaya di Indonesia umumnya berasal dari China, hal tersebut terjadi karena China memiliki konsep keras keras yang ulet dan tidak gengsi dalam melakukan hal apapun.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Sedangkan beberapa contoh kasus adanya dominasi yang bisa dirasakan sampai saat ini. Misalnya saja;

  1. Hiburan film khususnya Hollywood yang ada di Amerika Serikat menjadi tolak ukur dalam perfilman di dunia
  2. Penggunaan merek-merek produk seperti Mcdonalds, Levi’s, Pepsi, dan Cocacola menjadi dominasi gaya hidup yang dilakukan seseorang pada saat ini.
  3. Moda jasa transportasi berupa ojek online pada saat ini diakui atau tidak didominasi oleh Gojek dan Grab

Nah, itulah saja penjelasan singkat tentang contoh dominasi yang ada dalam bidang politik, budaya, agama, ekonomi, dan kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *