Pengertian Budaya Nasional, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Budaya Nasional Adalah

Menjelaskan tentang makna kebudayaan nasional, sesungguhnya tidak terlepas dari Indonesia. Yang ternyata istilah ini telah berakar dari kebudayaan daerah. Bahkan berdasarkan Amandemen ke-4 UUD 1945 telah disebutkan bahwasanya negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara nilai-nilai budayanya.

Oleh karena itulah tujuan dari keberadaan kebudayaan nasional yaitu alat perekat bangsa, semangat nasionalisme, dan dianggap sebagai identitas nasional dalam bernegara. Adapun contohnya dari kebudayaan nasional ini misalnya saja wayang kulit, bangunan Candi Borobudur, dan lain sebagainya.

Budaya Nasional

Budaya nasional sesungguhnya bisa berupa sumbangan dari budaya lokal, sehingga sumbangan dari beberapa kebudayaan lokal dari berbagai wilayah tersebutlah akhirnya tergabung menjadi satu ciri khas yang kemudian menjadi kebudayaan nasional.

Pengertian Budaya Nasional

Budaya nasional adalah serangkaian himpunan norma sosial, perilaku, kepercayaan, adat istiadat, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh populasi negara yang berdaulat yang senantisa merujuk pada karakteristik khusus seperti bahasa, agama, identitas etnis dan ras, sejarah, dan tradisi budaya.

Seperangkat keyakinan, makna nilai, dan asumsi yang khas pada umumnya dipegang oleh anggota individu dan kelompok nasional. Perbedaan budaya nasional dapat dinyatakan sebagai nilai-nilai pada sejumlah dimensi: jarak kekuasaan, maskulinitas-feminitas, individualisme-kolektivisme, dan penghindaran terhadap ketidakpastian.

Pengertian Kebudayaan Nasional Menurut Para Ahli

Adapun definisi kebudayaan nasional menurut para ahli, antara lain:

  1. Sutan Takdir Alisyahbana

Kebudayaan nasional Indonesia sebagai suatu kebudayaan yang universal. Unsur-unsur kebudayaan dikreasikan terutama yang masih langka dan dimiliki oleh masyarakat Indonesia masa itu, yang mencakup: teknologi, ekonomi, keterampilan berorganisasi, ilmu pengetahuan.

Upaya mengkreasi ke arah itu dapat dicapai melalui usaha mempertajam rasio (akal) masyarakat Indonesia dengan mengambil alih dinamisme Barat.

  1. Sanusi Pane

Kebudayaan nasional Indonesia sebagai kebudayaan timur yang harus mementingkan unsur-unsur kerohanian, perasaan, dan gotong royong dalam menghimpun dan membiasakan diri seluruh komponen masyarakat yang hidup bersama.

  1. Poerbatjaraka

Kebudayaan nasional Indonesia harus berakar pada kebudayaan Indonesia sendiri, artinya harus berakar pada kebudayaan suku-suku bangsa yang ada di Nusantara. Dianjurkan juga supaya manusia Indonesia banyak mempelajari sejarah kebudayaan sendiri

  1. Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan nasional Indonesia ialah puncak kebudayaan daerah yang dalam hal ini beliau telah memasukkan aspek mutu sebab ungkapan puncak berarti unsur-unsur kebudayaan daerah yang paling tinggi mutunya sehingga diakui legalitasnya.

Ciri Budaya Nasional

Budaya nasional memiliki beberapa karakteristik, diantaranya;

  1. Hasil budidaya masyarakat bangsa
  2. Hasil budidaya masyarakat sejak zaman dahulu hingga kini
  3. Hasil budidaya yang dibanggakan
  4. Hasil budidaya yang mempunyai kekhasan bangsa
  5. Hasil budaya yang menciptakan jati diri bangsa
  6. Hasil budaya yang memberikan identitas bangsa

Konsep Kebudayaan Nasional

Terdapat beberapa konsep kebudayaan nasional yang diungkapkan oleh Koentjaraningrat, diantaranya;

  1. Kebudayaan nasional adalah karya warga negara Indonesia, termasuk pula karya-karya zaman dahulu di berbagai wilayah tanah air
  2. Kebudayaan nasional adalah hasil karya warga negara Indonesia yang tema pikiran dan wujudnya mengandung ciri-ciri khas Indonesia
  3. Kebudayaan nasional adalah hasil karya warga Indonesia dan umumnya dirasakan mempunyai nilai yang tinggi sehingga menjadi kebanggaan orang Indonesia

Fungsi Budaya Nasional

Fungsi Budaya Nasional
Fungsi Budaya Nasional

Adapun manfaat adanya budaya nasional. Diantaranya;

  1. Pedoman dalam Membina Persatuan dan Kesatuan

Usman Pelly dalam karyanya mengemukakan bahwa kebudayaan nasional berfungsi sebagai pedoman dalam membina persatuan dan kesatuan bangsa bagi masyarakat majemuk dalam menghindari segela bentuk disintegrasi yang berupa konflik sosial.

Untuk contoh fungsi ini. Misalnya saja saja seperti Indonesia bermanfaat dalam mencari pedoman dalam pengambilalihan ilmu dan teknologi modern.

Contoh Budaya Nasional

Adapun untuk beberapa contoh dalam budaya nasional di masyarakat Indonesia, antara lain;

  1. Batik

Batik telah menjadi bagian budaya nasional, bahkan masyarakat di seluruh Dunia telah mengathui bahwa seni budaya melukis atau gambar yang ada dalam batik ini hanya ada di Indonesia. Sehingga secara tidak langsung contoh budaya nasional paling mudah ditemukan adalah batik.

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur telah menjadi bagian daripada budaya nasional bagi masyarakat Indonesia. Bahkan bangunan ini pernah menjadi bagian daripada 7 keajaiban dunia. Adapun lokasi letaknya Candi ini berada di Jawa Tengah, Kabupaten Magelang. Meskipun masyarakat ada yang lebih menganal Borobudur sebagai wisata di Jogjakarta.

  1. Wayang

Wayang adalah salah satu bentuk kebudayaan nasional yang dinggap memiliki esensi penting dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya, lakon wayang kerapkali menggambarkan proses sosial dan interaksi sosial yang dekat dengan kehidupan masyarakat. Misalnya saja dalam hal ini seperti adanya larangan bermain judi, mabuk-mabukan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi materi yang dapat dituliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian budaya nasional menurut para ahli, ciri, konsep, fungsi, dan contohnya di masyarakat Indonesia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan.

Rating: 2.4/5. From 8 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *