Pengertian Antropologi Budaya dan Contohnya

Diposting pada

Antropologi Budaya Adalah

Manusia sebagai makhluk sosial yang mempelajari antropologi budaya tentunya akan mengalami banyak perubahan-perubahan dalam kehidupannya. Bentuk perubahan sosial tersebut bisa terjadi kearah yang lebih maju atau bahkan mungkin juga mengalami kemunduran.

Atas dasar inipula banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Sedangkan perubahan yang terjadi dalam kajian sosiologi dan antropologi yaitu mengenai nilai -nilai sosial, norma-norma sosial, kekuasaan, interaksi sosial, tingkah laku, dan susunan lembaga sosial yang ada di masyarakat.

Antropologi Budaya

Pada dasarnya antropologi budaya ialah kata yang berasal dari gabungan dua buah kata yaitu antropologi dan kebudayaan. Pada kata antropologi sendiri, istilah ini berasal dari kata anthropos dan logos. Arti anthropos yaitu manusia, sedangkan logos adalah teori atau ilmu.

Selanjutnya istilah kebudayaan juga memiliki pengertian sendiri. Dimana dalam bahasa asing kata kebudayaan disebut dengan istilah culture yang artinya adalah segala kegiatan ataupun aktivitas yang dilakukan oleh manusia dan bertujuan untuk mengolah maupun mengubah alam.

Pengertian Antropologi Budaya

Antropologi kebudayaan adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia yang berkaitan dengan kebudayaan dan peradaban yang dilahirkan.

Oleh karena itulah definisi antropologi budaya adalah suatu ilmu yang mempelajari segala kehidupan manusia mulai dari segi budaya, kegiatan sosial, cara berbahasa, dan lain sebagainya. Melalui pengertian tersebut, bisa dipahami bahwa antropologi budaya akan senantiasa mempelajari mengenai sifat kebudayaan dalam suatu lingkungan sosial masyarakat.

Dimana unsur kebudayaan tersebut meliputi semua hasil tingkah laku yang dilakukan manusia dan bisa dipelajari dengan baik dalam susunan kehidupan masyarakat.

Bentuk Kajian Antropologi Budaya

Bentuk kajian yang ada dalam antropologi kebudayaan ini, antara lain;

  1. Musik daerah
  2. Batik
  3. Tarian
  4. Candi
  5. Seni sastra

Atas ruang lingkup tersebutlah pengetahuan antropologi kebudayaan lebih ditekankan pada berbagai aspek belajar tentang cara pandang dan pola tingkah laku manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian antropologi kebudayaan adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan berhubungan dengan segala bentuk kegiatan, aktivitas, maupun pola perilaku manusia itu sendiri.

Oleh karena itu dalam antopologi budaya segala kegiatan atau aktivitas yang dilakukan masyarakat dapat dilihat atau dinilai dengan proses belajar setiap harinya.

Contoh Antopologi Budaya

Sedangkan untuk contoh kajian yang ada di dalam antropologi budaya, antara lain;

  1. Sistem Pengetahuan

Pengetahuan adalah suatu kemampuan tertentu yang dimiliki manusia dan di dapatkan dari lingkungan terdekatnya untuk menciptakan, mempertahankan dan mengembangkan kehidupan agar lebih baik dan bagus dengan berbagai tahapan proses belajar yang dilaluinya. Sistem pengetahuan ini juga diartikan sebagai dugaan sementara atau suatu hipotesa yang sudah teruji kebenarannya.

  1. Pandangan hidup

Pandangan hidup adalah suatu pedoman dan prinsip hidup seseorang seringkali digunakan sebagai pegangan hidup seorang individu, kelompok bahkan suatu bangsa.

Pada dasarnya pandangan hidup dikatakan pula sebagai sesuatu yang samar-samar atau abstrak karena tidak terlihat dengan begitu jelas. Namun, dengan adanya pandangan hidup ini seseorang bisa memiliki jalan yang akan dituju sehingga memudahkan mereka dalam melakukan berbagai kegiatan.

Selain itu, pandangan hidup dalam diri manusia juga berpengaruh pada sisi sikap, persepsi, dan pola perilaku seseorang.

Salah satu contoh pandangan hidup yang masyarakat Indonesia yakini yaitu pancasila. Dimana nilai-nilai pancasila disini dianggap sesuai dengan kehidupan masyarakat Indonesia dan menjadi pedoman dalam kehidupan sehari – hari.

Selain itu pancasila juga memiliki makna tersendiri dalam kehidupan masyarakat Indonesai dimana segala hal yang dicita-citakan merupakan kebaikan bagi seluruh bangsa. Sehingga dari sanalah segala nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup yang baik untuk dilakukan.

  1. Kepercayaan

Kepercayaan adalah suatu pandangan hidup yang melekat dengan begitu kuat dalam diri manusia dan telah diyakini dengan sepenuh hatinya. Sehingga manusia akan melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang dipercayainya. Bentuk kepercayaan tersebut juga mengatur segala kehidupan manusia agar menjadi seseorang yang lebih baik dan memiliki tanggung jawab yang harus harus dijaga dengan benar.

Oleh karena itu, dari kepercayaan inilah seseorang bisa melakukan berpikir, bersikap, dan berperilaku sesuai dengan apa yang diyakininya.

Sebagai informasi, pada dasarnya manusia memiliki kekuatan besar yang ada di luar dimensi manusia yaitu naluri dan kepercayaan. Naluri pada umumnya akan hadir pada saat seseorang merasa tidak mampu lagi menyelesaikan atau menangani masalah yang sedang dihadapinya. Sedangkan kepercayaan cenderung akan membantu seseorang untuk bisa menyelesaikan masalah dan membawa keluar dari setiap masalah yang sedang dihadapinya.

  1. Persepsi

Persepsi adalah pandangan seseorang mengenai berbagai hal yang ada dalam kehidupannya. Sebagai informasi bahwa persepsi seringkali karena adanya perbedaan-perbedaan diantara manusia satu dengan lainnya. sehingga dari perbedaan persepsi itulah muncul suatu perdebatan. Selain itu adanya perbedaan sudut pandang yang dimiliki oleh setiap orang juga dipengaruhi berbagai faktor mulai dari faktor latar belakang kehidupan, pendidikan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa antropologi budaya berkaitan dengan pengetahuan sebagai segala sesuatu yang indah karena mempunyai seni yang ada didalamnya. Sehingga dalam hal ini mampu melahirkan kajian-kajian secara empiris dan teoritis

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian antropologi budaya, ruang lingkup, dan contoh kajiannya. Semoga saja memberikan wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkan.

Rating: 1.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *