Pengertian Masalah Sosial, Bentuk, Faktor, Dampak, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

DosenSosiologi.Com– Masalah sosial merupakan salah satu problema dalam kependudukan yang selalu hadir dan juga muncul dalam kehidupan masyarakat. Masalah sosial ini terbentuk karena setiap individu dan individu lainnya memiliki keinginan yang berbeda. Oleh karena itulah tulisan ini akan memberikan pengulasan mengenai pengertian, bentuk, dan dampak masalah sosial.

Masalah Sosial

Malasalah sosial adalah istilah dalam sosiologi yang lahir menjadi bagian gejala sosial. Masalah Sosial ini terbentuk dari dua kata, yakni masalah dan sosial. Masalah artinya adalah ketidaksetaraan yang terjadi antara keinginan dan kenyataan, sedangkan sosial berarti masyarakat. Jadi, secara umum masalah sosial ialah persenjangan yang terjadi dalam masyarakat.

Pengertian Masalah Sosial

Pengertian masalah sosial adalah bentuk problama yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang disebabkan karena adanya interkasi sosial yang kurang seimbang antara satu dengan yang lainnya, Masalah sosial ini bisa dalam bentuk masalah agama, budaya, etnis, hukum, dan lain sebaginya.

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Definisi masalah sosial menurut pandangan para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Kartini Kartono

Pengertian masalah sosial merupakan semua bentuk tingkah laku individu atau kelompok yang melanggar adat istiadat dalam kehidupan masyarakat. Sebagian besar masyarakat menganggap masalah sosial mengganggu, tidak dikehendaki, berbahaya, dan juga merugikan banyak orang, termasuk mengacaukan keteraturan sosial yang sudah berjalan.

Soejono Soekamto

Ahli sosiologi ini memberikan definisi masalah sosial sebagai keadaan yang terjadi karena ketidaksesuaian diantara kebudayaan dan hubungan dalam masyarakat. Kondisi ini dapat membahayakan keberlangsungan hiudp dalam suatu kelompok sosial. Baca juga; Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Bentuk/Macam, dan Syaratnya

Martin S.Weinberg

Masalah sosial menurut martin adalah suatu perbuatan yang dinilai bertentangan dengan kebudayaan dalam masyarakat. Terutama dengan kondisi yang seharusnya terjadi dan diapatuhi, dampak yang ditembulkan bisa berpengaruh signifikan bisa juga berpengaruh kecil.

Dari 3 pengertian masalah sosial menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa masalah sosial adalah keadaan yang terjadi karena ketidaksesuaian yang dialami oleh masyarakat akibat adanya perbuatan yang dilakukan individu menyimpang.

Bentuk Masalah Sosial

Masalah sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat, dapat dibedakan menjadi dua macam, macam-macam masalah sosial tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

Manifest Social Problem

Manifest social problem merupakan jenis masalah sosial yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat, contoh daripada manifest social problem ini misalnya adalah konflik yang melanda wilayah desa atau kampung. Seperti halnya konflik sosial yang pernah di alami di Provinsi Lampung.

Latent social problem

Latent social problem adalah suatu masalah sosial yang tidak tampak (tersembunyi) sehingga dampaknya tidak langsung dirasakan oleh masyarakat.

Contoh masalah sosial dalam latent social problem misalnya saja adalah kesenjangan pembangunan yang dilakukan Pemerintah RI di Indonesia Bagian Timur Dan Indonesia Bagian Barat. Kesenjangan ini memang selama ini tidak memunculkan masalah berarti, akan tetapi jika dibiarkan begitusaja bukan tidak mungkin menimbulkan kecemburuan sosial yang akhirnya membuat Indonesia Bagian Timur, termasuk Papua ingin memisahakan diri dari Indonesia.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Bentuk/Macam, dan Syaratnya
  2. Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk, Faktor, Saluran, dan Dampaknya
  3. Pengertian Struktur Sosial, Bentuk, Fungsi, dan Prosesnya

Faktor Masalah Sosial

Faktor-faktor yang menyebabkan atau mendoroang segala bentuk masalah sosial dalam masyarakat,  dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang diantarnya fakror-faktor tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Faktor biologis merupakan penyebab masalah sosial yang berkaitan dengan gangguan fisik seperti penyakit dan gangguan kesehatan.
  2. Faktor psikologis merupakan penyebab masalah sosial yang berkaitan dengan gangguan kejiwaan seseorang.
  3. Faktor ekonomi merupakan penyebab masalah sosial yang berkaitan dengan pendapatan, kekayaan, dan upaya pemenuhan kebutuhan hidup.
  4. Faktor budaya menunjukkan latar belakang terjadinya masalah sosial berkaitan unsur-unsur nilai dan norma sosial seperti adat istiadat dan kebiasaan.

Dampak Masalah Sosial

Dampak akan terjadinya masalah sosial dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Meningkatnya Angka Kriminalitas

Kasus kriminalitas seperti begal, jambret, dan pencurian yang tidak segera ditangani dapat meningkatkan angka kriminalitas. Meningkatnya angka kriminalitas ini juga banyak menimbulkan keresahan dan menjadi ancaman bagi masyarakat.

Konflik Sosial

Masalah sosial dapat menimbulkan konflik sosial apabila tidak segera diatasi secara optimal. Masalah yang menimbulkan konflik sosial antara lain tawuran pelajar, demo buruh menuntut kenaikan UMR, dan tuntutan warga terhadap pemerintah mengenai kenaikan BBM.

Kenyamanan dan Keamanan Terganggu

Masalah sosial seperti tawuran pelajar, begal, geng motor, masalah sampah, hingga banjir dapat mengganggu kehidupan masyarakat. Masyarakat tidak dapat hidup tenang karena merasa terancam dan terganggu akibat masalah tersebut.

Menimbulkan Kerusakan Fisik

Beberapa masalah sosial seperti tawuran dan vandalisme menyebabkan rusaknya fasilitas umum yang berguna bagi masyarakat. Selain itu, masalah sampah dapat menimbulkan kerusakan fisik berupa pencemaran lingkungan.

Contoh Masalah Sosial dalam Masyarakat

Beberapa contoh masalah sosial yang sering terjadi di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya, antara lain adalah sebagai berikut;

Tindak Kriminal

Tindak kriminal merupakan perilaku yang melanggar norma hukum. Pelaku tindak kriminal akan mendapat hukuman berupa denda dan pidana. Contoh tindak kriminal yang seringa terjadi dalam masyarakat dan tergolong sebagai permasahalan sosial yaitu pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, dan kasus korupsi.

Kemiskinan

Kemiskinan menjadi masalah sosial karena kemiskinan ini sangat merujuk pada ketidak mampuan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencukupi kebutuhan primer. Kebutuhan primer yang ada dalam kehidupan misalnya saja meliputi pangan, sandang, dan papan.

Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja pada saat ini, terutama pada zaman globalisiasi. Yang mana batas antara satu wilayah ke wilayah lain seperti sudah tiasa sekat laki. Contoh kenakalan remaja sebagai bentuk penyimpangan sosial antara lain yaitu perkelahian, tawuran, serta mengonsumsi narkoba dan miras.

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial merupakan salah satu permsalahan sosial, jika ditinjau dan teori sistem sosial Talcott Parsons mendefinisikan bahwa kesenjangan sosial merupakan ketidaksesuaian antara realitas sosial dan fungsi dalam sistem sosial. Kesenjangan sosial dapat muncul akibat terganggunya keseimbangan sistem sosial.

Cyber Crime

Cyber crime merupakan tindak kejahatan yang terjadi di dunia maya melalui koneksi internet. Kejahatan di dunia maya dapat berbentuk penipuan online, penipuan kartu kredit, pornografi, atau peretasan situs-situs penting milik pemerintah, dan lain sebaginya.

Penyimpangan Seksual

Penyimpangan seksual merupakan salah satu permsalahan sosial yag dianggap melanggar nilai dan norma sosial serta dapat menimbulkan masalah. Adapun bentuk-bentuk perwujudan penyimpangan seksual di antaranya pedofilia, lesbian,  dan homoseksual.

Demikinalah tulisan mengenai pengertian masalah sosial, bentuk, faktor, dampak, dan contohnya Semoga dengan adanya penjabaran ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pemahaman mengenai “Materi Masalah Sosial”. Trimakasih,

5 (100%) 6 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *