Contoh Lingkungan Sosial dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial kerapkali menjadi subjek bahasan daripada objek kajian ilmu sosiologi. Hal ini sangatlah wajar sebab dalam mempelajari masyarakat, disiplin ilmu sosiologi takaln terlepas daripada lingkungan yang mempengaruhinya. Oleh sebab itulah secara spesifik lingkungan sosial menjadi makna tersediri dalam pelajaran sosiologi.

Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial adalah serangkaian aktifitas yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dalam kehidupan masyarakat. Baik aktifitas tersebut menimbulkan gejolak ataupun tidak bentuk interaksi sosial yang terjalin satu sama lainnya dinamakan dengan lingkungan sosial.

Atas dasar itupula lah, secara spesifik lingkungan secara sosial ini terbagi kedalam 2 jenis. Yaitu;

  1. Lingkungan Sosial Primer, adalah serangkain aktifitas yang dilakukan seseorang dengan intensitas yang tinggi sehingga pada prosesnya memberikan pengaruh signifikan dalam kehidupan.
  2. Lingkungan Sosial Skunder, ialah prosesi inetraksi dalam masyarakat dengan tidak terlalu mementingkan intensitas hanya dilakukan sebagai bentuk formal untuk dapat merepresentasikan kehidupannya.

Contoh Lingkungan Sosial

Adapun untuk berbagai contoh lingkungan sosial yang ada di dalam kehidupan seseorang, antara lain adalah sebagai berikut;

Keluarga

Keluarga adalah salah satu bukti kongrit daripada lingkungan sosial di masyarakat. Keluarga ini dapat digolongkan sebagai lingkungan sosial primer lantaran untuk tahapan interkasinya dilakukan setiap saat, keluarga pulalah setidaknya sesorang bisa melakukan proses belajar mengajar pertamakali dalam kehidupannya.

Oleh sebab demikian keluarga merupakan contoh lingkungan sosial yang paling nyata serta dilakukan setiap individu yang ada dalam masyarakat. Misalnya saja;

  1. Percakapan saat makan
  2. Proses meminta saran seorang anak ketika melanjutkan studi (pendidikan)
  3. Dan kejadian-kejadian yang lainnya.

Masyarakat

Contoh lain dari lingkungan sosial yang mudah ditemukan setiap orang adalah di masyarakat. Hal ini sangatlah wajar sebab kehidupan seseorang setelah menempuh kedewasaan masyarakat menjadi sangat urgen keberadaan. Adapun untuk bentuk kegiatan yang ada dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Musyawarah tentang kegiatan 17 Agustus-an
  2. Kegiatan gotong royong
  3. Kegiatan siskamling di lingkungan rumah
  4. Yasinan di lingkungan masyarakat yang sedang terkena musibah (meningga dunia) atau sedang tasyakuran
  5. Dan lain sebagainya

Sekolah

Contoh lingkungan sosial yang pasti ditemukan dalam kehidupan seseorang ialah di dalam lembaga pendidikan. Yakni sekolah, hal ini terjadi lantaran sekolah memberikan distribusi panjang dalam kehidupan maanusia. Kongritnya, setiap orang yang bersekolah diyakini minimal 8 jam berada dalam kegiatan yang terpaut dengan sistem sekolahan, baik di tingkat TK, SD, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi.

Contoh kegiatan yang ada di dalam lingkungan sekolah ini, misalnya saja adalah sebagai berikut;

  1. Pemilihan ketua OSIS
  2. Pemilihan Ketua Kelas, Bendahara, dan Seketaris
  3. Penjadwalan piket kelas
  4. Dan lain sebaginya.

Yang pasti dalam beragam proses kegiatan kesekolah terebutlah terjadi syarat interaksi sosial yang kemudian menjadi pedoman dalam lingkungan sosial seseorang.

Ekonomi

Sedangkan untuk lingkungan sosial ekonomi ini dapat diartikan sebagai proses tercipatanya hubungan yang bersifat skunder artinya intensitas pertemuan tidak terjadi secara terus menerus.

Yang dimaksudkan dengan ekonomi ialah keadaan yang berhubungan dengan kebutuhan manusia saja, misalnya saja untuk lingkungan sosial ekonomi ini seperti ketika pergi ke pasar, koperasi, sampai berbelanja di warung klontong.

Budaya

Sebagimana dalam lingkungan sosial ekonomi, dalam unsur budaya juga demikian keadaannya hanya dihitung bukan pada intensiteas hubungan masyarakatnya yang terus menerus. Akan tetapi lebih pada hubungan yang tercipta dalam sibolik tertentu.

Misalnya saja untuk dalam budaya seperti adanya festival batik atau tari sangar yang kesemua tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian seseorang pada sejarah serta kearifan lokal.

Dari beragam penjelasan diatas, dapatlah disimpulkan bahwa lingkungan sosial dalam kehidupan masyarakat akan senantiasa ada sehingga sangatlah pantas jikalau pembahasan ini dilakukan secara penuh dalam kajian sosiologi. Tetapi apabila ditelisi lebih mendalam dalam lingkungan ini juga akan mengakibatkan dampak yang positif dan negataif.

Dampak ini memberikan kontribusi oenuh pada seseorang dalam lingkungan sosialnya, misalnya saja untuk yang berdampak positif dalam lingkungan sosial ini seperti terjadinya motivasi tinggi untuk terus menerus belajar yang didapatkan dari sekolahan.

Sedangkan untuk yang berdampak negatif dalam lingkungan sosial ini misalnya saja adanya keadaan seseorang yang mengkonsumsi narkoba, lataran dilakukan karena terpengaruhi oleh lingkungan masyarakat yang memiliki angkat kriminal yang cukup tinggi.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang telah kami selesaikan secara tuntas kepada segenap pembaca sekalian terkait dengan contoh-contoh lingkungan sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini memberikan wawasan serta edukasi yang mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *