Contoh Fenomena Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Fenomena Sosial di masyarakat

Fenomena sosial merupakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam definisi masyarakat dan dapat diamati erta dikaji dalam ilmu sosial. Fenomena sosial terjadi akibat banyak ragam yang terdapat di lingkungan sosial, khususnya perkotaan, yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Ragam perbedaan tersebut antara lain agama, kebudayaan, ekonomi, dan lain sebagainya. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini contoh fenomena sosial di masyarakat.

Fenomena Sosial

Pengertian fenomena sosial adalah gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi dan diamati dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial dapat dirtikan sebagai gejala sosial. Fenomena sosial dapat terjadi dipengaruhi oleh beberapa bentuk perubahan sosial.

Faktor Penyebab Terjadinya Fenomena Sosial

Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya fenomena sosial:

  1. Faktor kultural, Faktor kultural faktor yang mengandung nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat.
  2. Faktor struktural, Faktor struktural merupakan faktor yang mempengaruhi struktur masyarakat yang tersusun oleh suatu pola tertentu.

Jenis Fenomena Sosial

Berikut ini merupakan jenis-jenis fenomena sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat, antara lain sebagai berikut;

  1. Fenomena ekonomi, Fenomena ekonomi terjadi dalam bentuk fenomena kepadatan penduduk, banyaknya beragam jenis pengangguran, dan kemiskinan.
  2. Fenomena budaya, Fenomena dalam definisi budaya merupakan fenomena yang terjadi akibat pertentangan antara dua budaya yang saling bertabrakan.
  3. Fenomena lingkungan alam, Fenomena lingkunga yang berkaitan dengan sosial adalah berupa bencana alam maupun penyakit.
  4. Fenomena psikologis, Fenomena psikologis yang biasa terjadi dalam masyarakat adalah berupa gangguan jiwa sebagai akibat dari kegagalan dari interaksi sosial dalam masyarakat.

Contoh Fenomena Sosial

Adapun untuk beragam contoh fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain adalah sebagai berikut;

Mudik

Mudik merupakan salah satu fenomena sosial yang hanya dimiliki di negara Indonesia. Fenomena ini terjadi setiap satu tahun sekali saat hari raya Idul Fitri. Mudik merupakan fenomena dimana orang-orang yang tinggal di kota akan kembali ke kampung halamannya untuk bersama-sama merayakan Idul Fitri bersama dengan keluarga.

Kriminalitas

Kriminalitas terjadi hampir banyak di banyak kota-kota besar di berbagi negara. Pengertian kriminalitas merupakan fenomena sosial yang bersifat negatif dan melanggar norma yang ada. Kriminalitas dapat berupa pencurian, pembunuhan, penculikan dan pemerkosaan.

Kepadatan penduduk

Kepadatan penduduk terjadi akibat kurang terprogramnya laju tumbuh penduduk dan terfokus pada satu wilayah saja. Kepadatan penduduk dapat disebabkan oleh kurangnya pemerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga masyarakat berbondong-bondong melakukan urbanisasi ke kota yang lebih berkembang dan penyebabkan permasalahan penduduk di Indonesia.

Kenakalan remaja

Beragam contoh kenakalan remaja merupakan perbuatan yang sering kali melanggar norma yang berlaku dalam masyarakat. Kenakalan remaja dapat berupa tindakan yang menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun masyarakat sekitar. Kenakalan remaja terjadi karena berbagai faktor, natara lain krisis identitas, pengendalian diri yang kurang kuat, kurangnya perhatian keluarga, dan lain-lain.

Kerusuhan massa

Kerusuhan massa merupakan fenomena sosial yang berupa gerakan protes yang dilakukan oleh sekelompok orang di tempat umum. Kerusuhan disebabkan oleh kurang terkontrolnya kondisi dan situasi aksi massa. Akibatnya, aksi yang berawal damai berujung pada kerusuhan yang dapat menyebabkan kerusakan fasilitas bahkan hingga kehilangan nyawa.

Aksi solidaritas

Fenomena sosial aksi solidaritas terjadi karena adanya rasa kepedulian terhadap sesama, dan bersama-sama menyatukan tekad dan kemauan untuk membantu masyarakat yang sedang ditimpa musibah bencana alam.

Kemiskinan

Kemiskinan merupakan suatu perbedaan keadaan ekonomi masyarakat yang ditentukan oleh berkembangnya nilai-nilai sosial baru akan kepemilikan benda-benda yang bernilai ekonomi.

Disorganisasi keluarga

Disorganisasi keluarga merupakan bentuk fenomena sosial yang ditandai dengan adanya kekerasan dalam rumah tangga, pertengkaran dan perceraian. Baca juga;  Pengertian Disorganisasi Keluarga dan Contohnya

Kejahatan

Pengertian kejahatan merupakan perilaku yang sangat bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Kejahatan dapat merugikan diri sendiri maupun masyarakat di lingkungan sosial. Agar kejahatan dapat dicegah keadaanya, maka dibuatlah aturan agar masyarakat dapat taat aturan.

Korupsi

Pengertian korupsi merupakan tindakan yang merugikan banyak orang. Dengan adanya fenomena korupsi menjadikan pembangunan di suatu daerah menjadi terhambat akibat dana pembangunan yang diselewengkan.

Prostitusi

Fenomena prostitusi merpakan fenomena yang marak terjadi pada saat ini. Prostitusi merupakan praktek perdagangan manusia yang bertujuan untuk dijadikan sebagai budak seks. Hal ini dapat terjadi akibat ketdakberdayaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dan tututan jaman.

Kebodohan

Kebodohan dapat timbul akibat kurang teukanya pemikiran seseorang terhadap suatu hal. Kebodohan juga dapat terjadi karena kurangnya minat belajar maupu membaca pada individu.

Gotong royong

Gotong royong merupakan fenomena yang sering ditemui di negara Indonesia. Gotong royong merupakan proses interaksi sosial yang bersifat asosiatif, dimana pada proses tersebut dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat tanpa memandang latar belakang budaya dan agama untuk mencapai satu tujuan yaitu kebersamaan.

Pelanggaran peraturan

Pelanggaran peraturan merupakan fenomena sosial yang sering terjadi di keseharian masyarakat. Kebanyakan masyarakat menilai, adanya peraturan hanya untuk dilanggar. Pola pikir tersebut hadir akibat seringnya masyarakat melanggar aturan tersebut tanpa mengindahkan sanksi yang akan didapat.

Gelandangan dan anak jalanan

Gelandangan dan anak jalanan merupakan fenomena sosial yang sering ditemui di kota-kota besar. Hal tersebut hadir akibat adanya kesenjangan sosial serta ketimpangan yang terjadi dalam masyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh fenomena sosial di masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘fenomena sosial’. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *