18 Contoh Konflik Sosial di Indonesia dan Cara Mengatasinya Lengkap

Diposting pada

Contoh Konflik Sosial dan cara mengatasinya

Sejarah sosiologi lahir sebagai Ilmu Pengetahuan tidak terlepas daripada konflik sosial, konflik ini terjadi di banyak negara khususnya di Negara Prancis. Pada masa itu perancis mengalami konflik yang begitu berat sehingga diperluakan cara mengetasinya. Kondisi seperti ini juga dialami Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak unsur kebudayaan, ras, dan etnis. Oleh karena itulah tulisan ini akan memberikan berbagai contoh konflik sosial di Indonesia dan cara mengetasinya.

Konflik Sosial

Pengertin konflik sosial adalah perubahan sikap dalam masyarakat yang mengakibatkan pada terkikisisnya kesatuan (integrasi) sosial. Konflik ini tidak hanya datang dari dalam masyarakat, tetapi dapat juga dari luar masyarakat, oleh karenannya banyak yang mengetakan bahwa konflik sosial adalah salah satu faktor pendorong perubahan sosial. Selengkapnya, baca; Pengertian Konflik Sosial, Faktor, Dampak, Bentuk, dan Proses Penyelesainnya

Bentuk-Bentuk Konflik Sosial

Macam-macam konflik sosial, secara kajiannya dilakukan dalam cermat dalam teori konflik menurut para ahli dan contonya. Akan tetapi secara global, konflik ini terdiri dari berbagai macam;

Konflik Individu

Konfllik individual adalah konflik sosial yang terjadi diantara individu dengan individu lainnya. Konflik ini tidak banyak menyebabkan kerugikan dalam masyarakat, hal ini di dasarkan pada kepentingan masyarakat tidak ada, yang ada adalam kepentingan pribadi.

Contoh konflik Individu dalam masyarakat misalnya saja adanya prebutan pacar yang dilakukan antara sesama pria, perubatan ini mengekibatkan mereka berkelahi atau saling mengolok satu sama lainnya. Dengan tujuan menjatuhkan pihak lainnya.

Konflik Kelompok

Dibadingkan dengan konflik individu konflik antar kelompok menyebabkan banyak kerugian dalam masyarakat, selain kerugian materi seperti rusaknya bangunan-bangunan, sekolah, dan lainnya. Juga menyebabkan kerugian imaterial seperti pecahnya kesatuan dan persatuan antara masyarakat.

Contoh konflik kelompok ini misalnya saja kasus mengenai di Provinsi Kalimantan Barat, yang terjadi antara Suku Dayak dan Suku Madura. Dalam konflik ini dikenal sebagai konflik sampit yang banyak menelan kerugian dan menyebabkan terpecahnya masyarakat dayak dan madura sampai saat ini.

Konfik Politik

Bentuk konflik sosial yang lainnya berkaiatan dengan politik, yang identik dengan lembaga politik, khususnya pada trah perebutan kekuasaan. Konflik ini banyak menimbulkan kerugian dan kenacuaran dalam tatanan nasional, meskipun beitu bagi sistem politik yang dewasa akan bisa diatasi dengan mudah.

Contoh konflik politik ini misalnya saja pada akhir pemilihan Presiden Indonesia. Pada tahun 2014 politik di Indonesia terpecah menjadi dua segi, yakni KMP (Koalisasi Merah Putih) dan Koalisi Indonesia Hebat. Dalam konflik ini tidak menimbulkan banyak korban akan tetapi lebih banyak merugikan bagi masyarakat yang bersangkutan, khususnya di Indonesia.

Dari penjelasan mengenai pengertian, dan bentuk konflik sosial dalam masyarakat dapat dikatakan bahwa konflik yang terjadi ini dalam dua sistem yakni, horizonatal yang artinya sejajar dan vartikal yang berarati naik. Kondisi keduanya dapat menyebabkan terganggunya keteraturan sosial dalam masyarakat. Selengkapnya, baca; “Keteraturan Sosial” Pengertian dan Bentuknya

Contoh Konflik Sosial di Indonesia

Selajutnya, memahami mengenai berbagai konflik sosial perlu setidaknya di gambarakan beberapa kasus konflik yang terjadi di Indonesia. Kasus ini diangap wajar terjadi, lanataran Indonesia selain sebagai karakteritik negara berkembang juga memiliki banyak suku, budaya, agama, dan ras. Adapun contoh ini antara lain sebagai berikut;

Konflik Suku di Sampit

Konflik yang paling feomenal dalam masyarakat Indonesia salah satunya dilakukan di Provinsi Kalimantan Barat, dengan Ibu Kota Pontianak. Kalbar menjadi salah satu wilayah yang pernah mengelami konflik, konflik ini sendiri dilakukan oleh Suku Madura (Pendatang) dan Suku Dayak (Suku Asli Kalimantan).

Konflik di Lampung

Konflik sosial yang lainnya, juga pernah terjadi di Provinsi Lampung. Lampung sebagi Provinsi paling ujung dari Pulau Sumatra ini pernah mengalami konflik sosial yang terjadi, antara lain antara Suku Lampung dan Suku Bali. Latar belakang munculnya konflik sosial di Lampung ini ialah adanya kesenjangan sosial terutama dalam ekonomi, antara masyarakat asli dan masyarakat pendatang.

Konflik Sosial di Papua

Papua juga pernah mengelami konflik sosial, konflik ini sendiri dilakukan di berbagai wilayah pedalaman yan berebut kekuasaan dan eksistensi ras atau suku di daerah tersebut. Setiap tahun daerah ini seringkali di landa konflik.

Konflik di Aceh

Aceh adalah salah satu Provinsi di Indonesia, provinsi ini dikenal banyak memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), salah satu minyak bumi. Konon minyak bumi di Aceh lebih besar cadangannya di bandingkan dengan Minya Bumi di Arab Sauda. Oleh karena itulah Aceh ingin membuat keputusan dengan merdeka dari Indonesia, atas landasan ini akhirnya dilakukan kejasama atas perundingan yang terjadi, hal ini unsuk menekan adanya konflik sosial yang pernah terjadi aceh.

Konflik Sosial di Jawa Barat

Contoh konflik sosial yang pernah terjadi di Jawa Barat (Jabar) adalah konflik yang terjadi antara organisasi yang bebeda. Khususnya dalam hal ini adalah organisasi Islam FPI dan GMBI pada tahun 2017. Meskipun dalam konflik sosial ini tidak menelan korban akan tetapi ada banyak kerugian material yang di dapatkan.

Konflik Sosial di Jogjakarta

Contoh konflik sosial yang lainnya, adalah konflik sosial yang terjadi di Jogjakarta. Sebagai salah satu wilayah yang ada di Pulau Jawa. Jogja mengelami konflik khususnya pengusiran atas mahasiswa yang pro dengan kemerdekaan Papua Barat, kondisi inilah menyebabkan menulnya gejolak dalam masyarakat jogja untuk mengusir mahasiswa dari Papua Barat.

Konflik Sosial di Jakarta

Konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia, bahkan juga pernah terjadi di wilayah Ibu Kota. Pada tahun 1998 konflik ini terjadi dengan kemuculan penolakan masyarakat yang mengatas namakan pribumi dengan mengusir, memperkosa, dan melakukan pencuaraian terhadap etnis China.

Konflik Sosial di Lampung Tengah

Contoh yang lainnya, konflik yang terjadi di Jawa Tengah. Antara masyarakat suku Jawa dengan Suku Lampung. Konflik ini terjadi di Kampung Jawa dengan prilaku kasar masyarakat Lampung melakukan pembakaran rumah, dan melakukan pembunuhan pada masyarakat di sekitarnya.

Konflik di Mesuji

Konflik lainnya yang ada di Kabupaten Mesuji, bersebelahan dengan Kabupaten Tulang Bawang, Konflik ini khususnya perebutan tanah register antara perusahaan dan masyarakat. Banyak korban berjatuhan dan jenis konflik vartikal ini, lantaran perusahaan menyewa para preman untuk melakukan peperangan dengan masyarakat.

Konflik Sosial di Jawa Tengah

Provinsi di Jawa Tengah juga pernah mengalami konflik sosial, konflik ini banyak di latar belakangi oleh adanya Petani di Persawahan dengan Perusahaan Pertambangan. Konflik di Jawa Tengah ini terjadi di Rembang, dengan jenis konfliknya adalah konflik vartikal.

Konflik Sosial di NTB

Nusa Tenggara Barat (NTB) juga pernah mengalami konflik sosial dengan jenis konflik horizonal. Konflik sosial di NTB ini terjadi pada masyarakat Kabupaten Sumbawa Besar, khususnya di Desa Sekatang. Dengan latar belakang terjadinya konflik lantaran perbedaan suku atau budaya masyarakat disana.

Konflik Sosial di NTT (Nusa Tenggara Timur).

Wilayah Nusa Tenggara yang pernah mengelami konflik sosial, khususnya dengan jenis konflik horizontal terjadi di Desa Wulublolong dan Desa Lohayong. Latar belakang terbentuknya konflik ini sendiri adalah rebutan material (kekayaan alam) di perbatasan desa.

Konflik Sosial di Tolikora

Jenis konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia, salah satunya terjadi di wilayah Tolikora, dengan latar belakang terbentuknya konflik ini sendiri ialah adanya kesenjangan sosial prihal pemenerimaan batuan dana dari Pemerintah Pusat. Adanya kesenjangan bantuan dana ini, khsusnya berkaiatan dengan Bantuan Dana Pembangunan Tempat Ibadan (Islam dan Kristen) menimbulkan banyaknya fenomena sosial berupa konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Konflik Sosial di Ambon

Ambon menjadi salah satu sejarah terlahirnya jenis konflik sosial dalam masyarakat, latar belakang konflik di wilayah ini sendiri ialah adanya kesenjangan sosial yang berlebihan antara Masyarakat bergama Islam dan Masyarakat bergama Kristen Khatolik pada Tahun 1998.

Konfik Sosial di Jawa Timur

Kasus selanjutnya, mengenai adanya contoh konflik sosial dengan bentuk horizonal terjadi di Wilayah Jawa Timur, Khususnya di Daerah Situbondo. Kejadian konflik ini banyak dilatar belakangi persoalan agama, khususnya penghindaan terhadap Agama Islam, kejadian konflik terjadi pada Tanggal 10 Oktober 1996.

Dari penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian, jenis, dan contoh konflik sosial di Indonesia tersebut dapat disimpukan bahwa masalah konflik yang terjadi dalam kehidupan masyarakat (baca; pengertian masyarakat) terjadi karena adanya kesenjangan sosial atas dasar hubungan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Keadaan ini menimbulkan korban yang tidak dapat dibenarkan dalam bentuk apapun.

Sedangkan upaya penyelesaian konflik dalam masyarakat dan contohnya di atas, dapat dilakukan dengan cara konsolidasi antar masyarakat terkait konflik. Dalam kajian sosial bentuk penyelesain konflik ini berada dalam akomodasi.

Artikel Terkait; “Akomodasi Dalam Sosiologi” Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Penyelesaian Konflik dalam Masyarakat

Salah satu upaya yang dilakukan dalam penyelesaian konflik dalam kehidupan masyarakat bisa dijalankan dengan akomodasi, cara inilah sebagai cara terbaik agar tidak terulang kembali konflik yang pernah terjadi. Selain dengan cara ini juga bisa dilakukan dan peleburan budaya, peleburan budaya baik dengan akulturasi ataupun dengan asimilasi budaya.

Artikel Terkait

  1. Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya
  2. Pengertian Asimilasi, Ciri, Syarat, Faktor, dan Contohnya)

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, jenis, contoh, dan cara penyelesaian konflik sosial di Indonesia. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mendalami materi tentang “konflik sosial”, khususnya mencari contoh konflik sosial di Indonesia. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *