Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi dan Cara Membuatnya

Diposting pada
5/4 - (1 vote)

Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

Hakikat sosiologi sebagai salah satu ilmu pengetahuan sosial memberikan penjelasan dan pengamatan penting terhadap perkembangan masyarakat. Baik pada sisi perubahan sosial akibat adanya beragam contoh konflik sosial ataupun pada bentuk dimensi proses sosial dan interakasi sosial. Atas dasar itulah banyak sekali pada saat ini tugas-tugas perkuliahan, ataupun tugas sekolah memberikan kewajiban untuk membuat makalah sosiologi.

Sebagai tahapan awal proses pembuatan makalah sosiologi tidak terlepas daripada kata pengantar. Alasannya karena makalah pengantar sosiologi ini dianggap sebagai acuan dalam penulisan beserta penjelasan terkait dengan kerangka konseptual sosiologis.

Makalah Sosiologi

Sebelum menyusun kata pengantar dalam makalah, penting bagi siapapun untuk mengetaui arti sosiologi. Sebab hal ini sebagai syarat utama untuk prosesiasi pembuatan makalah yang baik, adapun secara singkat sosiologi menurut para ahli adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang beragam bentuk gejala sosial dan pengaruh dari berbagai jenis tindakan sosial masyarakat dalam melihat melihat dimensi atas perubahan tersebut.

Gejala sosial dan perubahan sosial yang dibahas dalam sosiologi ini meliputi pada proses ekonomi, hukum, pendidikan, keluarga, dan lain sebagainya. Yang kemudian atas dasar inilah dijelaskan secara terpisah atar disimplin ilmu pengetahuan masih-masing dalam sub bab cabang ilmu sosiologi.

Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi
Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

Contoh ini bisa disesuaikan dengan kemauan para pembaca untuk dapat menyusunkannya, akan tetapi yang pasti dalam contoh ini sub bab dan bagian-bagian awal sampai akhir sesuai dengan prosedur yang telah ditetap dalam penulisan karya tulis.

Kata Pengantar Makalah Sosiologi

KATA PENGANTAR 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, penulis panjatkan atas segala rahmat dan inayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah tentang “ Sebutkan Judul Makalah Sosiologi” sebagai upaya memeratakan kesejahteraan pada masyarakat.

Makalah ini disusun guna memberikan sebuah strategi pengembangan organisasi masyarakat atas pembangunan yang disiapkan pemerintah ataupun menyikapi permasalahan yang kemungkinan akan timbul akbiat digelontorkanya dana desa.

Dalam proses penyelesaian makalah ini, walaupun  banyak kesulitan karena keterbatasan ilmu yang dimiliki, namun berkat bimbingan, arahan, koreksi dan saran, maka makalah ini dapat terselesaikan guna memenuhi Ujian Tengah Semester (UTS). Untuk itu, rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  penulis sampaikan kepada:

  1. Bagian bagian Jurusan Sosiologi ———–yang telah memberikan ilmuanya selama ini.
  2. Bapak————— sebagai dosen pembimbing yang merelakan waktu dalam kesibukannya untuk membina dan memotivasi kami agar terus belajar.
  3. Teman-teman yang ada di dalam angkatan Sosiologi
  4. Orang tua dan keluarga yang selalu memberikan dukungan moril maupun materil kepada kami agar senantiasa menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan.

Akhir kata, semoga makalah ini bermafaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

Surakarta, 14 Agustus 2021

Penulis

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah Sosiologi

Adapun langkah penulisan dalam membuat kata pengantar sosiologi. Antara lain;

  1. Tulisan Kata Pengantar dengan Huruf Bold

Syarat utama dalam proses pembuatan makalah dalam soiologi ialah memunculkan huruf Bold atau huruf tebal. Langkah ini sebagai syarat utama yang menjelaskan bahwa bagian tulisan tersebut adalah tulisan yang berisi kata pengantar.

Adapun cara mudah yang bisa dilakukan ialah dengan menekan keyword B yang beberangan dengan tombol CTRL. Penting pula untuk diketahui bahwa dalam penulisan kata pengatar dalam makalah yang baik ialah menggunakn huruf kapital pada setiap tulisan “KATA PENGANTAR”.

  1. Memberikan Ucapan Puji Syukur dan Judul

Langkah selanjutnya, dalam proses pembuatan makalah sosiologi ialah memngucapkan puji syukur kepada Tuhan YME, setelah itu lakukan dengan memberikan keterangan judul dalam makalah yang dikaji lebih dalam agar pembaca dapat melihatnya pada bagian pertama.

  1. Menjelaskan Proses dan Kekurangan

Pada tahapan selanjutnya dalam proses pembuatan makalah sosiologi ialah dengan menjelasakan proses pembuatan makalah serta kekuarangan yang ada dalam makalah. Hal ini penting agar semua orang kemudian yang membacaya bisa lebih mengamatinya lagi.

  1. Memberikan Ucapan Trimakasih

Tahapan selanjutnya dalam proses pembuatan makalah yang baik ialah dengan memberikan ucapan trimakasih kepada smeua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah, baik guru, dosen, ataupun orang tua dan teman.

  1. Penutup

Bagian terkhir dalam pmembuatan makalah yang baik ialah dengan memberikan ucapan penutup. Yang bisa dituliskan ucapan akhir kata makalah serta tanda tangan dan salam penutupnya. Biasanya pula pada bagian ini terletak tanggal serta kota dalam pembuatan makalah.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa subtansi makalah sosiologi selalu berkaiatan dengan kehidupan masyarakat. Oleh karenannya untuk membuat makalah sosiologi yang baik, penting bagi siapapun untuk terlebih dahulu memahami materi ilmu ini secara terpisah, kemudian setelah paham kalian bisa membuatnya dengan tinjauan pusata namun yang pasti sebelum proses tersebut dilakukan penulisan kata pengantar juga menjadi bagian penting lainnya.

Demikianlah tulisan mengenai contoh kata pengantar makalah sosiologi dan cara menyusunannya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan salah satu rekomendasi bagi setiap pembaca yang pada saat ini sedang mencari literasinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *