Contoh Wawancara Terstruktur dan Jawabannya

Diposting pada

Contoh Wawancara Terstruktur

Wawancara menjadi salah satu bagian penting dalam setiap arti penelitian sosial. Hal ini lantaran penggunaan wawancara senantiasa dikaitan dengan instrumen penelitian, oleh karena itulah setiap pemilihan metodologi riset tidak terlepas dari wawancara,

Adapun dalam penggolongannya wawancara terbagi menjadi beberapa jenis yaitu dapat dibedakan menjadi wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. Untuk kesempatan kali ini akan menuliskan contoh penggunaan wawancara terstruktur dan jawabannya.

Wawancara Terstruktur

Wawancara terstruktur adalah jenis wawancara dimana pewawancara menyiapkan format yang sudah dibuat sebelumnya. Selian itu teknik yang digunakan dalam wawancara terstruktur juga sangat sistematis satu dapat dikatan termasuk jenis wawancara formal.

Dalam hal penelitian arti wawancara terstruktur digunakan dalam keperluan survei yang pertanyaan untuk interviewnya sudah disiapkan sebelumnya. Selian itu meskipun narasumber yang diwawancara merupakan orang yang berbeda-beda.

Dalam wawancara terstruktur yang digunakan dalam penelitian, pengumpul data telah mengetahui dengan pasti informasi yang akan diperoleh. Sehingga pengumpul data telah menyaipkan pertanyaan dengan alternatif jawaban-jawabannya.

Setiap responden atau narasumber diberi pertanyaan yang sama kemudian pengumpul data kan mencatatnya dan menganalisis jawabannya.

Contoh Wawancara Terstruktur

Adapun untuk beberapa contoh penggunaan dalam wawancara terstruktur dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut;

  1. Pendidikan

Dalam draf pertanyaan untuk wawancara struktur masalah pendidikan misalnya saja ingin mengangkat topik penelitian terkait dengan tingkat keberhasilan belajar online yang dilakukan oleh Siswa SMA 1 Jakarta Barat sejak terjadinya masalah virus Covid 19 yang mengharuskannya untuk melakukan untuk melakukan social distancing dan physical distancing. Maka sistem kepenulisan daftar pertanyaan bisa dilakukan sebagai berikut;

Wawancara Terstruktur Pada Siswa SMA 1 Jakarta Barat
  1. Pertanyaan: Menurut kalian sebagai pelajar Siswa SMA 1 Jakarta Barat apakah setuju dengan kebijakan sekolah untuk melakukan belajar online di rumah sejak adanya virus Covid 19 atau Corona?
    Jawabannya: Setuju
  2. Pertanyaan: Apakah menurut anda dengan belajar di rumah lebih efektif daripada belajar di sekolah
    Jawabannya: Tidak, enak belajar di sekolah
  3. Pertanyaan: Apakah menurut anda tugas-tugas yang diberikan sekolah sejak belajar di rumah lebih banyak daripada belajar di Sekolah?
    Jawabannya: Iya, lebih banyak
  4. Pertanyaan: Pelajaran apa yang paling banyak diberikan tugas oleh sekolah, sebutkan satu saja?
    Jawabannya: Matematika
Dari pertanyaan dan jawaban pada wawancara terstuktur diatas tentusaja jawaban sudah hanya dilakukan secara sekilas dan tidak memberikan tanggapan lain. Pembatasan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam penelitian.
  1. Kesehatan

Pada penelitian kesehatan yang bisa dimbil untuk pertanyaan struktur ini sejatinya sama dengan contoh wawancara pada pendidikan. Dalam hal ini misalnya saja terkait tanggapan masyarakat terhadap Kepres (Keputusan Presiden) Jokowidodo yang menaikan BPJS. Dalam hal inilah setidaknya, topik penelitian yang bisa dipergunakan ialah meminta tanggapan masyarakat.

Wawancara Terstruktur pada Masyarakat dalam Kenaikan BPJS
  1. Pertanyaan: menurut bapak/ibu sebagai penggunakan Jaminan Kesehatan BPJS apakah setuju dengan Keputusan Presiden Jokowi yang menaikan BPJS?
    Jawabannya: Tidak
  2. Pertanyaan: Apakah menurut anda Keputusan ini harus di batalkan?
    Jawabannya: Iya
  3. Pertanyaan: Setelah mengetahui BPJS naik apakah bapak/ibu tetap akan membayar BPJS?
    Jawabannya: Tidak
Sejumlah pertanyaan wawancara terstruktur diatas, menyebutkan tanggapan masyarakat secara singkat tentang kebijakan jaminan kesehatan BPJS ini. Dalam pemilihannya untuk jawaban bisa diberikan obsi ia/tidak sehingga metodologinya lebih dekat dengan penelitian kuantitatif
  1. Penelitian Kualitatif

Meskipun dalam wawancara terstruktur pertanyaan yang bisa berikan lebih dekat dengan ciri penelitian kualitatif akan tetapi tak menutup kemungkinan juga bisa dipergunakan dalam penelitian kualitatif. Dengan jawaban sederhana tetapi mengetahui maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh informan.

Dalam kondisi ini untuk contoh wawancara terstruktur dengan penelitian kualitatif misalnya saja meminta tanggapan mahasiswa baru dari luar daerah yang memiliki kuliah di UNS (Universitas Sebelas Maret). Maka daftar pertanyaan yang bisa diberikan.

Nama Informan :
Usia Informan :
Jurusan :
Waktu Wawancara Senin, 22 Oktober 2019, Dimulai Pukul 20:15 selesai 20:45 Wib
Alamat Asal: Kabupaten Sarolongan, Provinsi Jambi
Wawancara Terstruktur pada Penelitian Kualitatif
No Pertanyaan Jawaban
1 Hallo mas, gimana tinggal di Solo suasannya? Kadang panas mas, gerah. Tapi untuk soal makanan disini murah
2 Wah, makan terus donk berarati. Jadi gini mas, kebetulan saat ini saya lagi ada tugas akhir. Tanya-tanya prihal perkuliahan memilih UNS sebagai tempat perkuliahannya? Pengen hidup di Jawa mas, soalnya kalau kwalitas pendidikan di Jawa dan Sumatra beda jauh. Abang-abang saya juga kuliah di Jawa jadi orangtua langsung menyuruh kuliah juga di Jawa.
3 Ohwalah, berarti keinginan kuliah di jawa karena orangtua? Nggak juga mas, niat juga saya. Dari SD sampai tampat SMA di Jambi terus. Sesekali kuliah harus di Jawa.
4 Disini ada saudara nggak mas? Ada saudara, tapi di Boyolali. Bukan di Solo
Dari pertanyaan diatas jika dialmbil kesimpulan alasan untuk informan dalam penelitian tersebut memilih UNS sebagai tempat menimba ilmu karena melihat saudara kandungnya banyak kuliah di Jawa selain itu ingin merasakan hiudp di Pulau Jawa. Sedangkan memilih UNS karena relatif biaya hiudp murah.

Itulah tadi artikel yang sudah bisa kami selesaikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh penulisan wawancara terstruktur dan jawaban yang diberikan. Semoga bisa membantu bagi kalian yang membutuhkan bahasan ini.

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *