Tantangan Globalisasi di Indonesia dan Contohnya

Diposting pada
5/4 - (2 votes)

Jenis Tantangan Globalisasi di Indonesia

Terjadinya globalisasi di masyarakat menjadi salah satu tantangan yang cukup besar apabila disikapi secaca optimis. Tantangan globalisasi bukan hanya berasal dari satu bidang, melainkan ada berbagai bidang tantangan yang akan dialami, baik dalam politik, unsur budaya, ekonomi, pendidikan, dan lingkungan.

Oleh karena itulah dalam menghadapi globalisasi, khususnya di Indonesia sangat diperlukan pemikiran yang inovatif dan kreatif dalam memanfaatkannya agar kemudian menjadi pendorong untuk bersaing dengan negara-negara lainnya.

Tantangan Globalisasi

Pengertian globalisasi secara singkatnya adalah era kamajuan dunia yang dialami suatu bangsa tanpa sekat. Artinya dalam globalisasi ini menciptakan hubungan sosial dan interaksi sosial manusia tidak terbas dengan wilayah dan batas negara. Adanya kondisini ini menjadi globalisasi sangat diperlukan untuk kamajuan di dalam karakteristik negara berkembang, seperti Indonesia.

Kemajuan di Indonesia dalam menghadapi globalisasi tidak terlepas dari status Indonesia yang pada saat ini masih menjadi negara berkembang di dunia, padahal Indonesia memiliki potensi sebagai negara maju, lantaran banyak memiliki SDA (Sumber Daya Alam) yang mendai,seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara, ataupun SDA lainnya.

Syarat mutlak menjadikan Indonesia sebagai negara maju di dunia, ialah harus mampu menahlukan tantangan yang ada. Tantangan globalisasi yang harus di tahlukan, antara lain adalah tantanga politik, ekonomi, budaya, pendidikan, dan lingkungan.

Jenis Tantangan Globalisasi

Jenis Tantangan Globalisasi di Indonesia
Jenis Tantangan Globalisasi di Indonesia

Berikut inilah penjelasan mengenai berbagai macam tantangan globalisasi yang ada di Indonesia, sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan dan juga kedamaian bagi masyarakat. Yakni;

  1. Politik

Kegiatan ekonomi yang terjadi pada saat ini didominasi oleh negara-negara maju berpengaruh terhadap kondisi politik di negara berkembang, seperti di Indonesia. Hal ini lantaran adanya intervensi dan negara maju mengenai kebijakan politik di negara berkembang dalam upaya menciptakan rasa ketergantungan kepada negara maju, agar lebih di untungkan.

  1. Budaya

Globalisasi menyebabkan pertukaran dalam arti budaya semakin mudah. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa ramah dan terbuka dengan budaya lain. Akan tetapi, sikap yang kurang bijak dan selektif terhadap budaya lain dapat menyebabkan lunturnya budaya Indonesia.

  1. Ekonomi

Tantangan pada sistem pasar bebas menuntut adanya persaingan produk-produk agar mampu diterima pasar dunia. Oleh karena itu, globalisasi mendorong persaingan agar setiap pihak mampu menunjukkan potensi terbaik yang dimiliki.

  1. Lingkungan

Globalisasi mendorong perkembangan banyak perusahaan multinasional. Kegiatan produksi perusahaan multinasional yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, misalnya terjadi banjir dan tanah longsor karena banyaknya pembukaan tahan hijau untuk dijadikan kawasan industri.

  1. Pendidikan

Arti pendidikan menjadi segmen penting dalam kamajuan bansa-bangsa di dunia. Bahkan dengan sistem sosial terkait pendidikan yang bagus suatu masyarakat akan bisa lebih mudah mengendalikan atau melakukan filtrasi kepada budaya-budaya yang tidak baik akibat globalisasi.

Contoh Tantangan Globalisasi

Adapun untuk contoh kasus terkait dengan berbagai tantangan globalisasi di masyarakat Indonesia. Misalnya aja;

  1. Perusahaan Asing

Banyak berdirinya berbagai perusahaan asing di Indonesia merupakan fenomena sosial yang terjadi pada era globalisasi saat ini. Dampak positif dan negatif globalisasi dari fenomena ini daopt dikatakan jikalau globalisasi seperti dua mata pisau, yang satu adalah negatif dengan tidak memberdayakan dan pengoptimalkan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) sehingga tidak bisa berkembang.

Dan dampak postif globalisasi ini bagi perusahaan asing di Indonesia menunjukkan Indonesia dilirik untuk dijadikan tempat produksi dan target pemasaran baru. Dalam melaksanakan kegiatannya, perusahaan asing tersebut membutuhkan berbagai jenis tenaga kerja. Dengan demikian, masuknya perusahaan asing di Indonesia dapat menambah jumlah lapangan pekerjaan untuk mengurangi arti kemiskinan dan berbagai jenis pengangguran yang terjadi.

Cara Mengatasi Tantangan Globalisasi

Adapun untuk upaya dalam mengatasi berbagai tantangan aspek globalisasi yang terjadi. Antara lain;

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)

Perilaku setiap orang dapat dikatakan berbeda-beda ada yang berperilaku jujur, sombong, hemat, memiliki kemandirian dan sederhana. Tetapi yang pasti dalam mengatasi globalisasi juga diperlukan tindakan yang mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dalam pendidikan ataupun dalam pengetahuan.

  1. Berpegang teguh pada nilai sosial dan norma sosial

Hal ini lantaran Indonesia dikenal sebagai negara yang menganut budaya timur sebagai jati diri sehingga perlu untuk tetap dilestarikan.

Misalnya saja dengan melatih hidup sederhana sebagai cara hidup seseorang yang dilakukan dengan menyederhanakan berbagai hal agar kehidupannya lebih simpel sehingga hidup sederhana ini juga mengajarkan setiap masyarakat untuk selalu bersyukur atas segala bentuk pemberian Tuhan.

  1. Menumbuhkan sikap bangga terhadap identitas bangsa Indonesia

Kegunaan sikap bangsa terkait dengan indentitas bangsa Indonesia ini berhubungan erat dengan bentuk nasionalisme yang senantisa dipupuk sehingga memberikan dorongan terhadap rasa cinta pada negara. Hal ini misalnya saja dengan belajar di luar negari tetapi tetap tujuannya untuk kembali membangun Indonesia.

  1. Meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan terkait permasalahan kerusakan lingkungan

Kosentrasi ini didapatkan dari upaya melihat adanya berbagai bentuk penyimpangan sosial dan kerusakan lingkungan seperti kebakaran hutan. Sebagai bangsa dengan jumlah hutan terbanyak ke-2 di dunia masyarakat memiliki andil dalam upaya menjaga pemanasan global.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa dalam menghadapi globalisasi sangatlah diperlukan sikap kritis. Sikap ini diartikan sebagai tantangan dapat memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat. Alasannya karena sebagai negara berkembang Indonesia memeiliki tantangan dalam menciptakan nunasa pendidikan khas Indonesia dengan kelas internasional.

Tujuannya selain bisa meningkatkan intelektulias juga bisa menjadi metode peningkatan moralitas yang sesuai dengan khazanah di Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai tantangan globalisasi di masyarakat Indonesia dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga mempu memberikan pengetahuan bagi setiap pembaca yang pada saat ini sedang membutuhkan refrensinya.

Rating: 3.0/5. From 7 votes.
Please wait...

2 thoughts on “Tantangan Globalisasi di Indonesia dan Contohnya

  1. sangat bagus dan membantu. tapi alangkah baiknya untuk menambah atau mencantumkan sumber referensi agar lebih terpercaya

    Rating: 4.5/5. From 2 votes.
    Please wait...
  2. Oke gan, trimakasih atas sarannya ya gan. Semoga bisa membantu tugas sekolahnya

    Rating: 3.0/5. From 1 vote.
    Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *