Contoh Otomatisasi dalam Perkantoran, Produksi, dan Pemasaran

Diposting pada

Contoh Otomatisasi

Penerapan sistem otomasasi akan senantisa melibatkan berbagai teknologi yang sangat luas. Baik dalam kegiatan produksi industri, pemasaran, sumber data, tata kelola keuangan, ataupun dalam kebijakan dalam lembaga politik (pemerintah).

Alasannya karena penerapan sistem otomatisasi tersebut dilakukan dengan berbagai tujuan dan manfaat, misalnya untuk meningkatkan produktivitas, menghemat waktu dan menghemat biaya. Bahkan dalam contoh kehidupan sehari-hari, banyak mesin yang dapat berfungsi secara otomatis, seperti sistem navigasi elektronik.

Otomatisasi

Otomatisasi adalah penerapan mesin yang pernah dilakukan oleh manusia atau semakin meningkat untuk serangkaian tugas-tugas yang tidak mungkin dilakukan, oleh karena itulah otomatisasi umumnya menyiratkan integrasi mesin ke dalam sistem yang mengatur dirinya sendiri.

Baik dalam teknik membuat peralatan, proses, atau sistem beroperasi secara otomatis ataupun terkait dengan keadaan dioperasikan secara otomatis.

Contoh Otomatisasi

Beberapa contoh penerapan otomatisasi dalam berbagai bidang. Antara lain;

Otomatisasi Perkantoran

Antara lain;

  1. Rapat Aantar Tim dengan menggunakan Aplikasi

Diakui ataupun tidak, pada saat ini penerapan otomatisasi dalam perkantoran bisa dengan mudah ditemukan. Misalnya saja rapatantar anggota tim dengan menggunakan aplikasi online, seperti Whatshaap atau Zoom. Atas dasar inilah otomasi senantisa melintasi semua fungsi dalam industri mulai dari instalasi, integrasi, dan pemeliharaan hingga desain, pengadaan, dan manajemen. Otomasi bahkan menjangkau fungsi pemasaran dan penjualan industri ini.

  1. Mengirimkan Lamaran Pekerjaan di Kantor Menggunakan Email

Proses rekutmen dalam pekerjaan di perusahaan pada saat ini lebih flesibel. Misalnya dengan menggunakan email, baik dari Google ataupun Yahoo. Dalam hal ini tentusaja mendeskripsikan bahwa teknologi dalam otomatisasi yang berkaitan dengan melakukan suatu proses melalui perintah yang diprogram dikombinasikan dengan kontrol umpan balik otomatis untuk memastikan pelaksanaan instruksi yang tepat.

Sehingga dalam sistem yang dihasilkan dalam pengiriman lamaran pekerjaan menggunakan email tersebut beroperasi tanpa campur tangan manusia.

  1. Membuat Surat Izin dengan Menggunakan Komputer

Perkembangan teknologi dalam menulis surat pada saat ini bisa dikatakan bergantung pada penggunaan komputer dan teknologi.

Alasannya karena sistem otomatis ini menjadi semakin canggih dan kompleks. Sistem tingkat lanjut mewakili tingkat kemampuan dan kinerja yang dalam banyak hal melampaui kemampuan manusia untuk menyelesaikan aktivitas dalam izin dan perizinan.

Otomatisasi Industri

Antara lain;

  1. Pengguaan Robot

Penerapan otomatisasi dalam bidang industri yang meliputi kegiatan produksi ataupun distribusi pada ini banyak memperkerjakan robot.

Dimana robotika adalah salah satu contoh teknologi otomatisasi, di mana mesin otomatis memiliki karakteristik antropomorfik, atau mirip manusia tertentu. Ciri khas manusia yang paling khas dari robot industri modern adalah lengan mekanisnya yang bertenaga.

Lengan robot dapat diprogram untuk bergerak melalui serangkaian gerakan untuk melakukan tugas-tugas yang berguna, seperti memuat dan membongkar bagian di mesin produksi atau membuat urutan pengelasan titik pada bagian lembaran logam dari badan mobil selama perakitan. Berdasarkan kemampuannya tersebut, robot industri biasanya digunakan untuk menggantikan pekerja manusia dalam operasi pabrik.

  1. Penggunaan Mesin Produksi

Penggunaan otomatisasi dalam produksi telah banyak ditemukan dengan bermacam-macam cara, termasuk diantaranya ialah penggunaan mesin. Dimana dalam mesin ini terdapat serangkaian sistem mekanik, listrik, hidrolik, pneumatik, perangkat elektronik, dan komputer.

Sehingga komponen dalam sistem tersebut menjadi lengkap. Implementasinya seperti pabrik modern, pesawat terbang dan kapal biasanya menggunakan semua teknik gabungan mesin untuk mendukung kinerjanya. Manfaat yang diperoleh melalui penerapan sistem otomatisasi mencakup penghematan tenaga kerja, penghematan biaya listrik, penghematan biaya material, dan peningkatan kualitas, akurasi, dan presisi.

Otomatisasi Pemasaran

Adapun dalam pemasaran pada saat ini juga telah banyak mempergunakan sistem otomatisasi. Antara lain;

  1. Memanfaatkan Media Sosial untuk Beriklan

Pemanfaatkan berbagai contoh sosial media yang ditemukan. Seperti facebook, instagram, line@, ataupun Google Ads merupakan implementasi perubahan pemasaran yang sangat mudah ditemukan. Dimana pada zaman dahulu menggalkan seles untuk mempromosikan produk yang dihasilkan, akan tetapi pada saat ini cukup hanya memahami teknik pemasaran di era digital menjadi langkah nyata memperkenalkan produk.

  1. Pembuatan Toko di Marketplace

Pembuatan toko yang ada dalam berbagai situs bisa dibilang sebagai otomatisasi pemasaran. Alasannya karena pengoperasian peralatan, proses, atau sistem yang dikontrol secara otomatis oleh perangkat mekanis atau elektronik yang menggantikan pekerjaan manusia.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa otomatisasi adalah penggunaan elektronik dan perangkat yang dikendalikan komputer untuk mengendalikan proses. Dimana, untuk tujuan otomatisasi adalah untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan. Namun, dalam banyak kasus, otomatisasi menggantikan tenaga kerja. Faktanya, para ekonom saat ini khawatir bahwa teknologi baru pada akhirnya akan meningkatkan tingkat pengangguran secara signifikan.

Hal ini termasuk robotika, seperti yang telah disebutkan di atas, dan sistem pakar; telemetri dan komunikasi, elektro-optik, Cybersecurity, pengukuran dan kontrol proses, sensor, aplikasi nirkabel, integrasi sistem, pengukuran pengujian, dan banyak lagi.

Tetapi yang pasti, sebagian besar bisnis khawatir tentang memaksimalkan keuntungan. Jadi, tujuan otomatisasi paling umum dari sudut pandang perusahaan adalah untuk mengurangi biaya tenaga kerja dan dengan demikian meningkatkan keuntungan bisnis, beginilah cara manajer bisnis melihat manfaat otomatisasi untuk bisnis mereka.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh otomatisasi dalam bidang perkantoran, produksi, dan pemasaran. Semoga saja melalui tulisan ini bisa memberikan pemahaman bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *