Pengertian Nilai Moral, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Nilai Moral Adalah

Arti nilai akan senantiasa dipandang sebagai abtraksi dari sekumpulan tata kelakukan yang dijalankan oleh seseorang. Nilai ini terbagi dalam berbagai macam, salah satu macam-macam nilai sendiri yang lekat dalam ingatan adalah nilai moral.

Alasannya karena sifat dalam nilai moral begitu penting dalam diri orang lain, sebagian bahkan karena moralitas seseorang dapat bermanfaat bagi dalam beberapa hal. Oleh karena itulah sifat yang ada dalam nilai moral sama dengan nilai sosial.

Nilai Moral

Moral adalah adat atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang kepada lingkungan sosialnya. Arti ini diambil dari etimologis moral itu sendiri, yang berasal dari kata “mos”. Sedangkan secara umum moral adalah etika-etika kehidupan yang dijalankan untuk menjaga keteraturan sosial dalam masyarakat.

Dari penjelasan diataslah setidaknya perspektif adaptif dalam ciri-ciri moral memberi sinyal kepada kita apakah kita harus mendekati atau menghindari dan apakah kita harus berafiliasi dengan orang itu. Berafiliasi dengan orang-orang bermoral dapat memberikan beragam manfaat bagi kita.

Pengertian Nilai Moral

Nilai moral adalah bentuk gambaran objektif atas sisi kebenaran yang senantiasa dijalankan oleh seseorang di dalam lingkungan bermasyarakat, oleh karena itulah muncul prinsip dan keyakinan tentang perilaku yang berhubungan dengan benar atau salah.

Definisi ini sejalan dari berbagai bahasa terhadap penjelasan suku kata moral, seperti dalam Bahasa Yunani “Etika”, Bahasa Arab “Akhlak”, dan Bahasa Indonesia “Kesuliaan”.

Pengertian Nilai Moral Menurut Para Ahli

Pengertian Nilai Moral Menurut Para Ahli
Pengertian Nilai Moral Menurut Para Ahli

Adapun definisi nilai moral menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Driyarkara, Pengertian nilai moral adalah suatu gambaran objektif terhadap tindakan manusia dalam menjalankan rutinitas kehidupannya. Dengan arti inilah moral karap kali dikaitkan dengan kodart dan hakekat manusia yang ingin hidupan dalam kenyamanan, dan ketertaman.
  2. Sonny Keraf, Nilai moral adalah sebagai segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai dasar untuk menilai perbuatan seseorang yang dirasakan baik atau buruk di dalam sebuah masyarakat.
  3. Maria J. Wantah, Makna nilai moral adalah sesuatu yang berkaitan dengan keterampilan dalam menentukkan benar atau salah serta baik atau buruknya perilaku pada diri seseorang.
  4. Russel Swanburg, Pengertian nilai moral adalah sebagai semua pengakuan dari pemikiran yang bersangkutan dengan keantusiasan seseorang dalam bekerja dimana urusan tersebut dapat memicu perilaku seseorang tersebut.

Jenis Nilai Moral

Dilihat dari macamnya, nilai moral secara umum terbagi dalam berbagai jenis. Antara lain;

  1. Baik

Nilai moral baik adalah serangkaian bentuk nilai yang dikaitkan dengan kesesuaian antara harapan dan tujuan hidup manusia dalam menjalankannya bisa ditinjaun dari kaidah sosial masyarakat. Sangat nyata, mana yang salah dan yang baik.

Contohnya saja dalam kategori nilai moral yang baik ini seperti adanya tindakan seseorang dalam monolong semasama yang membutuhkan satu sama lainnya. Atau prilaku seseorang yang mengikuti gotong royong untuk memberihkan lingkungan.

  1. Buruk

Jenis nilai moral selanjutnya adalah tentang keburukan, yang artinya lawan kata dengan istilah kebaikan. Nilai ini dianggap menyimpang terhadap keteraturan sosial, selain itu dampak yang ditimbulkan akan menciptakan berbagai arti masalah sosial yang akan terjadi.

Misalnya saja nilai ini seperti melakukan tinkan mencuri, korupsi, kulusi, nepostisme, dan lain sebagainya. Sehingga dianggap masyarakat layak untuk memperoleh hukuman.

Contoh Nilai Moral

Contoh nilai moral yang berhubungan dengan masyarakat dan lingkungan. Antara lain;

Baik

Yaitu;

  1. Berbicara Pelan di Hadapan Orang Tua

Tindakan inilah sebagai rujuakan penjelas mengenai rasa penghormatan yang selalu di munculkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang memiliki kebudayaan bangsa timur, seperti Indonesia. Kemunculan berbicara di depan sebagai ilustrasi nyata prilaku moral yang baik.

  1. Menunduk Ketika Berjalan

Contoh lainnya mengenai nilai moral ini seperti tindakan menunduk sesaat setelah melwati orang-rang disekeliling. Berajalan yang menunduk sudah diajarkan oleh nenek moyang dan juga sebagai harapan mendapatkan rasa penghormatan kepada orang yang lebih tua.

  1. Membuang Sampah

Kasus yang dapat di contohkan dalam penjelasan nilai moral ini seperti membuang sampah. Tindakan yang baik (moral baik) membuang sampah pada tempatnya) sedangkan yang buruk membuang sampah di sembarang tempat dengan merusak lingkungan sekitar.

  1. Tidak Membuat Keributan

Fenomena sosial dalam kehidupan masyarakat seringkali dikaitakan dengan ribut saat jam belajar. Anak yang melakukan keributan tersebut secara langsung bertindakan dengan moral yang buruk (tidak baik) sehingga tidak pantas sama sekali untuk di contoh.

Buruk
  1. Korupsi

Masalah sosial di Indonesia saat ini yang sedang marak terjadi adalah kasus dalam arti korupsi. Tindakan seperti ini banyak merugikan masyarakat, bahkan secara nyata akan membuat masyarakat hidup dalam kemikisnan, oleh karenannya dalam upaya menciptakan kesetabilan negara korupsi haruslah diperangi oleh masyarakat, mahasiswa, ataupun oleh pelajar itu sendiri.

  1. Melakukan Pemberontakan dalam Pemerintahan yang Legal

Memberontak terhadap sistem sosial terkait dengan pemerintahan bisa dikatakan sebagai bagian daripada nilai moral buruk.

Prihal ini misalnya saja yang terjadi di Indonesia, yaitu gerakan G 30 S/PKI (Partai Komunis Indonesia) yang ingin mengubah ideologi Pancasila dengan paham komunisme. Bahkan akibat peristiwa ini mengakibatkan adanya pembunuhan, salah satnya ialah dua orang perwira TNI AD yaitu Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Sugiyono/

Kesimpulan

Dari serangkaian penjelasan dapat disimpulkan bahwa moral adalah norma kesusialaan yang dijakarkan oleh setiap manusia untuk kembali memanusiakan manusia. Dengan langkah ini efek disintegrasi akan mudah di hindari. Jika kita tahu seseorang itu jujur ​​dan penyayang, maka kita tahu bahwa kita dapat bergaul dengan orang itu dengan aman, dan mungkin dapat memulai hubungan yang bermanfaat dengan mereka.

Oleh karena itulah pengertian nilai moral dan jenisnya. Sudah sepantasnya jika artikel ini akan memberikan gambaran mengenai contoh bentuk tindakan sosial yang berkaitan dengan nilai-nilai moral di dalam kehidupan masyarakat.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian nilai moral dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga refrensi yang mendalam.

Rating: 5.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *