Pengertian Karang Taruna, Sejarah, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Karang Taruna Adalah

Organisasi merupakan salah satu bentuk kumpulan yang berada di lingkungan sosial manapun. Begitu pula di lingkungan masyarakat, terdapat banyak jenis organisasi. Terdapat organisasi untuk ibu-ibu, bapak-bapak, dan para remaja.

Salah satu contoh organisasi sosial untuk kalangan remaja adalah karang taruna. Organisasi ini amat lekat dengan kehidupan lantaran hampir setiap wilayah dan perwilayahan di Indonesia baik desa atupun kota ada organisasi karang kataruna. Apa itu karang kataruna? dan bagimana penjelasannya?. Maka artikel ini akan mengulasnya jauh.

Karang Taruna

Organisasi pemuda yang ada dalam arti masyarakat memiliki peran sosial yang sangat penting untuk suatu daerah. Semakin aktif pemudanya maka akan semakin hidup daerah tersebut. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh pemuda.

Karang taruna merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan diri dan berbaur di masyarakat. Pemuda melalui karang taruna dapat melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk sosial, unsur budaya, pendidikan, keagamaan, atau peringatan hari nasional. Kegiatan mencolok yang dilakukan oleh karang taruna ialah ketika kegiatan perigatan 17 Agustus. Semua daerah akan memeriyahkan hari kemerdekaan dengan berbagai jenis perayaan dan kegiatan.

Pengertian Karang Taruna

Karang taruna adalah salah satu jenis organisasi kepemudaan di Indonesia yang dijadikan wadah untuk mengembangkan kemampuan atas dasar keasadaran dan tanggungjawab dalam suatu daerah khusunya di desa yang ia tempati.

Anggota karang taruna terdiri atas pemuda dan pemudi yang berusia 11 sampai dengan 45 tahun. Pengurus karang taruna yang berusia 17 hingga 35 tahun. Karang taruna memiliki berbagai kegiatan untuk mengembangakan kemampuan mereka.

Kegiatan dapat berupa kegiatan keagamaan, hari nasional, atau kegiatan sosial. Banyak daerah yang menyelenggarakan kegiatan di daerah-daerah secara rutin sehingga para pemuda memiliki kegiatan yang positif.

Pengertian Karang Taruna Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi menurut beberapa ahli antara lain, sebagai berikut;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Karang taruna berasal dari kata dasar karang yang berarti tempat untuk menghimpun atau sebagainya. Taruna memiliki makna pemuda, sehingga dapat kita simpulkan bahwa karang taruna adalah tempat berkumpulnya para pemuda.

  1. Permensos RI tahun 2010 Pasal 1 Ayat 1

Karang taruna adalah organisasi sosial masyarakat yang dijadikan sebagai wadah dan salah satu sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar rasa tanggungjawab sosial yang berasal dari, oleh, dan untuk masyarakat itu sendiri terutama generasi muda.

Pergerakan pemuda untuk kesejahteraan sosial bagi masyarakat yang dapat berkontribusi paada lingkup desa atau kelurahan.

  1. Direktorat Bina Karang Taruna

Arti organisasi karang taruna adalah salah satu wadah perkumpulan di masyarakat yang berorientasi pada kegiatan sosial. Organisasi ini memiliki fungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial.

Sejarah Karang Taruna

Berdsarkan sejarah yang ada karang taruna lahir pada 26 September 1960 di sebuah daerah di Jakarta. Gerakan ini dilakukan sebagai wujud semangat dan kepedulian kamu muda untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepedulian tersebut diwujudkan melalui sebuah organisasi pemuda yang banyak melakukan kegiatan positif. Kegiatan yang banyak dilakukan antara lain, kesenian, olahraga, rekrasi, pengajian, dan kegiatan pendidikan lain baik di bidang agama atau secara umum.

Karang taruna melakukan kegiatan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yang tidak sekolah, yatim piatu, putus sekolah, dan lain-lain yang dirasa banyak kegiatan yang kurang manfaat. Para pemuda berinisiatif untuk melakukan kegiatan melalui karang taruna.

Karang taruna terus berkembang dan menyebar luas keseluruh bagian Indonesia. seperti yang kita tahu saat ini sudah sampai hingga wilayah pedesaan. Banyak kegiatan yang dilakukan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Karang taruna memiliki landasan hukum yang jelas yaitu keputusan menteri sosial RI nomor13/HUK/EP/1981 tentang susunan organisasi dan tata kerja Karang Taruna. Peraturan ini mengatur tentang komponen kepengurusan yang ada dalam sebuah organisasi karang taruna.

Banyak hal yang telah dilakukan organisasi ini dan kontribusinya sudah jelas terlihat dan banyak memberikan dampak yang baik. Perkembangan karammg taruna tak secepat dahulu namun karang taruna tetap ada di setiap daerah.

Syarat Menjadi Anggota Karang Taruna

Keanggotaan karang taruna pada dasarnya memiliki aturan tersendiri. Syarat menjadi anggota aktif karang taruna adalah;

  1. Menerima segala aturan dan tujuan organisasi
  2. Aktif mengikuti kegiatan organisasi
  3. Apabila tidak mematuhi aturan bersedia mengundurkan diri
  4. Mengikuti pelatihan dasar tingkat desa.

Tugas Karang Taruna

Karang taruna sebenarnya memiliki tugas pokok yang cukup berat yaitu;

  1. Belajar menanggulangi permasalahan yang ada di daerah
  2. Pengembangan potensi generasi muda
  3. Dan lain-lain

Akan tetapi pada realitas sosialnya sendiri, kebanyakan karang taruna di desa belum mampu berperan sesuai dengan tugas pokok tersebut.

Tujuan Karang Taruna

Berikut beberapa tujuan karang taruna yang dapat kita pahami, antara lain;

  1. Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan akan kesadaran atas sebuah tanggung jawab berkaitan dengan sosial. Setiap generasi muda menjadi anggota karang taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi, dan mengantisipasi akan adanya berbagai masalah sosial.
  2. Terbentuknya jiwa dan semangat berjuang bagi generasi muda anggota karang taruna yang trampil, berkepribadian, dan berpengetahuan.
  3. Tumbuhnya potensi dan kemampuan generasi muda dalam melakukan kegiatan yang berkaitan denga karang taruna.
  4. Menjadikan generasi muda yang memiliki motivasu tinggi setiap untuk mampu menjalin sebuah toleransi, dengan hal tersebut diharapkan dapat menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  5. Terjalinnya kerjasama antara generasi muda anggota karang taruna dengan masyatakat dan pemerintah dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat sekitar.
  6. Terwujudnya kesejahteraan sosial yang meningkat bagi masyarakat atas segala hal yang dilakukan oleh karang taruna. Hal ini yang memungkinkan pelaksanaan segala fungsi sosialnya sebagai manusia. Mampu melakukan pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.
  7. Terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generas muda yang menyeluruh. Karang taruna bersama pemerintah dan masyarakat lainnya, bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Manfaat Karang Taruna

Berikut beberapa manfaat karang taruna yang dapat dirasakan. Antara lain;

  1. Menumbuhkan kesadaran generasi muda tentang taggungjawab kepada lingkungan
  2. Mewujudkan persatuan dan kesatuan generasi muda
  3. Terwujudnya kesejahteraan bagi kaum muda
  4. Terjalinnya kerjasama antar generasi muda dengan masyarakat untuk kesejahteraan bersama
  5. Menambah akrab antar generasi muda
  6. Menambah informasi terkait kegiatan yang dapat mengembangkan pribadi atau masyarakat umum

Fungsi Organisasi Karang Taruna

Berikut merupakan beberapa fungsi yang dapat dirasakan, diantaranya;

  1. Penyelenggara usaha dan kegiatan yang bertujuan untuk kesejahteraan sosial.
  2. Penyelenggara pendidikan dan pelatihan yang ada di lingkungan sekitar.
  3. Penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama fokus pada sasaran utama yaitu generasi muda dilingkunggannya secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan.
  4. Penyelenggara kegiatan pengembangan dan pelatihan dalam bidang kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya
  5. Penanaman pengertian dan meningkatkan pemahaman generasi muda.
  6. Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, kekeluargaan, persahabatan, kesetiakawanan dalam satu wadsh yaitu NKRI.
  7. Meningkatkan tingkat kreatifitas generasi muda untuk dapat mengikuti dan mengembangkan tanggung jawab sosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatan praktis lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
  8. Menjadi rujukan, pendampingan, dan advokasi sosial bagi masyarakat yang mengalami permasalahan kesejahtrraan sosial.
  9. Penguatan sistem komunikasi bagi lingkungan masyarakat.
  10. Penyelenggara usaha-usaha pencegahan permasalahan sosial yang aktual.

Contoh Karang Taruna

Adapun untuk contoh dalam penjelasan karang taruna di Indonesia misalnya saja seperti;

Karang Taruna Purwosari, Lampung

Salah satu contoh pembentukan karang taruna yang ada di pedesaan dengan cukup aktif kegiatannya adalah karang taruna di Desa Purwosari, Kabupaten Lampung Timur. Dalam penerapan dalam pemamaranya bentuk organisasi sosial kemasyarakat di wilayah ini cukup aktif, baik secara nyata ataupun melalui media sosialnya.

Kepengurusan di Desa ini diketuai oleh Rian Hidayatullah salah satu Alumni Universitas Lampung. Ia mengagas berbagai media untuk mempublikasiaknnya, baik di media sosial seperti instagram, facebook, bahkan ia juga membangun portal berita yang khusus menyebarkan usaha-usaha masyarakat desa.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatdilah dikatakan bahwa jika organisasi karang taruna dikelola dengan baik maka akan dapat memberikan dampak yang besar bagi lingkungannya. Semakin baik karang taruna dalam suatu daerah maka akan semakin banyak perkembangan desa tersebut. masyarakat akan merasa senang dengan segala kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna. Dukungan dari masyarakat juga menjadi faktor terpenting dalam menjalankan organisasi ini.

Bahkan melalui karang taruna kita juga dapat belajar banyak hal, agar semua dapat terlaksana sesuai degan apa yang kita inginkan. Semakin baik organisasi maka akan ada reorganisasi yang jelas dan tujuan yang jelas.

Banyak jenis karang taruna yang ada di lingkungan kita. Hal tersebut memiliki banyak kegiatan yang bersifat positif untuk kemajuan daerah. Pergerakan di bidang kesejahteraan masyarakat merupakan hal yang penting agar menjadi masyarakat yang mandiri.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian karang taruna menurut para ahli, sejarah, syarat, tugas, tujuan, manfaat, dan contohnya yang ada di Indonesia. Semoga memberikan edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Sumber Tulisan
  1. www.kbbi.kemdikbud.go.id
  2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Karang_Taruna
  3. https://pematangrahim.desa.id
Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *