Pengertian Humas, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Humas Adalah

Kehidupan pada lingkungan sosial pada hakikatnya tidak bisa terlepas dari hubungan yang terjalin antar masyarakat. Tentunya seringkali kita mendengar istilah hubungan masyarakat atau sering disingkat humas. Dalam perspektif bahasa, istilah hubungan masyarakat dalam bahasa Inggris disebut sebagai public relations.

Selain itu, humas dimaknai secara luas dan mendalam dari berbagai perspektif. Secara umum, humas didefinisikan sebagai suatu manifestasi pengelolaan dalam penyebar luasan informasi antar individu maupun kelompok- kelompok yang terintegrasikan ke dalam kesatuan masyarakat.

Humas

Humas dapat dimaknai dengan pemaknaan yang luas dari beragam perspektif. Humas merupakan suatu seni budaya penciptaan publik atau lingkungan masyarakat yang baik (good will), sehingga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan yang baik oleh masyarakat terhadap individu maupun keberadaan suatu organisasi.

Selain itu, humas juga dimaknai sebagai suatu proses sosial yang berjalan secara terus menerus dan berkelanjutan sebagai usaha manajemen dengan tujuan untuk memperoleh aspirasi yang baik dari masyarakat, yang meliputi client atau pelanggan, pegawai serta masyarakat dengan cakupan luas. Dalam hal ini, humas berperan dalam bidang pekerjaan, yaitu untuk melakukan analisis secara mendalam dan memperbaiki kualitas internal dan eksternal.

Secara mendasar, humas memiliki sejumlah prinsip, yaitu antara lain humas atau hubungan masyarakat berdasarkan fakta sebagai acuan, humas meliputi aspek sosial atau keseluruhan masyarakat, humas  memiliki kewajiban dalam merealisasikan program usaha yang bertujuan mencari dukungan masyarakat terhadap sejumlah kebijaksanaan maupun program lembaga yang terkait, serta humas harus mampu berperan sebagai  komunikator yang fungsional.

Dalam pelaksanaannya, humas berlandaskan pada sejumlah akivitas terkait penelitian ilmiah dengan perspektif keberadaan pendapat umum yang berperan penting. Humas juga berkewajiban dalam menjelaskan beragam permasalahan mengenai krisis yang dihadapi oleh lembaga terkait. Selain itu, humas harus mampu menjalin kerjasama yang baik dengan sejumlah bidang lain.

Pengertian Humas

Humas adalah sekumpulan fungsi manajemen yang dijalankan dengan karaketristik yang terencana dan berlangsung secara berkelanjutan melalui peranan  sejumlah organisasi sosial dan lembaga swasta atau publik, dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman, simpati serta dukungan dari pihak- pihak yang terkait maupun yang memiliki keterkaitan hubungan dengan penelitian opini publik yang dijalankan.

Selain itu humas berperan penting dalam hal persuasi, yaitu mengajak serta meyakinkan public atau masyarakat yang meliputi berbagai komponen seperti sekumpulan investor, mitra kerja, karyawan maupun pemangku kepentingan lainnya, bertujuan untuk mempertahankan perspektif  keunggulan produk atau sejumlah kebijakanan lainnya .

Dalam hal ini meliputi beberapa kegiatan secara umum, meliputi: kegiatan berbicara di depan umum dalam suatu konferensi, memenangkan dalam konteks perhargaan industri, maupun melakukan kerjasama dengan pers dan lain- lain.

Humas yang seringkali dimanifesatsikan ke dalam bidang profesi, dimana mengharuskan sesorang dalam humas untuk memiliki tanggung jawab penuh untuk menyampaikan suatu informasi, mendidik, memberi pengarahan serta menarik simpati publik atau masyarakat, sehingga masyarakat tersebut mampu menerima dan memahami suatu situasi kondisi.

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

Adapun definisi Humas menurut pandangan sejumlah ahli sebagai berikut:

Suryosubroto

Suryosubroto mendefinisikan humas sebagai kegiatan untuk mendapatkan serta mengonstruksikan pengertian keinginan yang baik (goodwill), kepercayaan, serta penghargaan masyarakat terhadap suatu instansi atau lembaga, serta masyarakat pada umumnya.

Rosady Ruslan

Rosady Ruslan mendefinisikan humas atau Public Relations sebagai suatu rangkaian seni dan ilmu pengetahuan sosial yang dimanifesatsikan ke dalam tujuan menganalisis tingkat kecenderungan, memperkirakan akibat- akibat yang ditimbulkan, membimbing dan mengarahkan para pimpinan sejumlah organisasi dalam pelaksanaan program terencana mengenai kegiatan-kegiatan pelayanan, baik untuk kepentingan organisasi maupun untuk kepentingan masyarakat umum.

Zulkarnain Nasution

Zulkarnain Nasution mendefinisikan humas secara umum sebagai suatu lembaga atau instansi pendidikan yang berperan dalam pengelolaan yang khas antara keberadaan organisasi dengan masyarakatnya, atau dengan kata lain meliputi peran yang menjembatani antara lembaga pendidikan dengan pemangku publik secara intern, yang meliputi guru/ dosen, karaywan, pelajar, serta public secara ekstern, yang meliputi orang tua siswa, masayrakat umum, serta institusi luar.

Tujuan Humas

Secara umum humas memiliki sejumlah tujuan antara lain:

  • Meningkatkan tingkat partisipasi aktif, dukungan dan bantuan dari masyarakat

Humas betujuan untuk meningkatkan tingkat partisipasi aktif, dukungan, maupun bantuan secara jelas dan nyata dari masyarakat yang termanifestasikan dalam wujud tenaga, sarana dan prasarana serta sokongan dana, untuk mewujudkan kemudahan dan terlaksananya tujuan dalam suatu organisasi dengan baik.

  • Membangkitkan dan menghidupkan rasa tanggung jawab

Humas berperan dalam membangkitkan dan menghidupkan rasa tanggung jawab yang lebih besar kepada masyarakat terhadap keberlangsungan program suatu organisasi secara efektif dan efisien, serta berkelanjutan.

  • Mengajak masyarakat turut serta aktif dalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi

Humas yang pada hakikatnya berhubungan langsung dengan masyarakat, menjalankan fungsinya dalam mengajak masyarakat turut serta aktif dalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi secara arif dan bijaksana.

  • Menjadikan peluang yang lebih luas kepada para konsumen produk dan pihak-pihak yang terhubung

Selain itu, humas juga berfungsi dalam menjadikan peluang yang lebih luas kepada para konsumen produk dan pihak- pihak yang terhubung, dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas organisasi.

Fungsi Humas

Berikut ini merupakan fungsi- fungsi humas menurut Edward L. Bernays adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman yang jelas kepada masyarakat pada umumnya

Secara mendasar, hubungan masyarakat berfungsi utama dalam memberikan pemahaman yang jelas kepada masyarakat pada umumnya, dengan tujuan agar masyarakat tidak salah dalam mengartikan suatu informasi yang berkembang dalam kondisi tertentu.

Selain itu, juga menghindari terjadinya miss communication atau kesalahpahaman dalam mencerna suatu berita/ informasi.

  1. Mengajak publik atau masyarakat untuk bersikap dan berperilaku lebih baik

Secara tidak langsung, humas atau hubungan masyarakat memiliki fungsi persuasi yaitu fungsi dalam mengajak serta mengarahkan public atau masyarakat untuk bersikap dan berperilaku lebih baik. Dalam hal ini humas memegang peranan penting sebagai contoh dalam bersikap dan berperilaku lebih baik.

  1. Usaha pemersatu sikap dan perilaku baik individu maupun kelompok

Fungsi lain dari humas atau hubungan masyarakat adalah mengupayakan secara penuh dan sungguh- sungguh dalam mempersatukan sikap dan perilaku individu maupun kelompok yang beraneka ragam, sesuai dengan kaidah norma yang berlaku.

Dalam hal ini, norma merupakan seperangkat peraturan yang mengatur pola perilaku maupun sikap individu dan kelompok dalam kehidupan sosial, serta mengikat anggota masyarakat agar mematuhi sejumlah peraturan tersebut.

Contoh  Humas

Humas atau hubungan masyarakat dapat dimanifesatsikan ke dalam beberapa conoh berikut:

  1. Humas Media Cetak

Humas media cetak berperan penting dalam menyebarluaskan informasi dan gagasan dalam bentuk pernyataan tertulis ke media cetak. Media yang digunakan dalam penyampaian informasi bukan hanya ditujukam kepada satu media saja, melainkan melalui siaran pers (press release), kemudian dipublikasikan dengan media siaran.

  1. Humas Media Audio Visual

Humas Media Audio Visual hamppir memiliki fungsi yang sama dengan humas media cetak, yaitu dalam menyebarluaskan informasi.

Sisi perbedaannya adalah humas media audio visual lebih berfokus dalam hal membagikan informasi berbentuk audio atau suara dan visual yang berupa gambar/video melalui media siaran. Dalam hal ini, media yang dimaksudkan dapat dicontohkan melalui peran media elektronik yaitu radio dan televisi.

Itulah tadi uraian lengkap yang bisa kami sajikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan pengertian humas menurut para ahli, tujuan, fungsi, dan contohnya yang ada di lingkungan sekitar. Semoga memberikan edukasi serta menambah literasi.

Daftar Sumber Tulisan
  • https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/pengertian-humas-fungsi-tujuan-prinsip-tugas-manfaat-contoh-terlengkap-13
No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *