Pengertian Objek Formal Sosiologi dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Objek Formal Sosiologi

Jikalau dilihat berdasarkan pada proses sosial dan interaksi sosial yang menghubungkan manusia dengan lingkungan sosial tentusaja sangat erat dengan ilmu sosiologi. Hal ini dikarenakan objek formal sosiologi berhubungan dengan ikehidupan masyarakat mulai dari dasar hingga semakin kompleks.

Sehingga atas dasar inilah rti kata sosiologi sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat, yang mana istilah ini awal mulanya dipergunakan pertama kali oleh Auguste Comte dalam karya bukunya yang berjudul “Cours De Philosophie Positive”.

Objek Kajian Sosiologi

Sosiologi sebagai ilmu sosial pengetehuan tentusaja memiliki objek kajian tersendiri. Dimana objek kajian sosiologi diartikan sebagai fokus penelitian dari suatu kajian sosiologi yang terdiri dari objek formal dan objek materil atau material dan formal.

Pengertian Objek Formal Sosiologi

Objek formal sosiologi adalah kajian sosiologi yang lebih berfokus pada pandangan maupun usaha dalam hal memahami berbagai permasalahan sosial dengan lebih mendalam. Artinya, pada objek formal ini dilakukan sebuah penelitian ataupun analisis yang lebih kompleks terkait hubungan masyarakat yang saling berinteraksi satu sama lain hingga mampu menimbulkan berbagai gejala-gejala sosial dalam hidup.

Dari definisi tersebut tentusaja objek yang satu ini berbeda jauh dengan objek material yang ditekankan pada hal-hal yang nampak disekitar kehidupan manusia secara langsung.

Pengertian Objek Formal Sosiologi Menurut Para Ahli

Adapun definisi objek formal sosiologi menurut para ahli, antara lain;

  1. Pittirim Sorokin

Sosiologi sebagai objek formal adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan dan pengaruh timbal balik dari berbagai gejala-gejala sosial mulai dari masalah politik, masalah ekonomi, masalah hukum, masalah agama dan gejala non-sosial yang meliputi gejala biologis, gejala geografis, dan lain-lain yang umumnya mempergunakan metode penelitian sosial.

Contoh Objek Formal Sosiologi

Adapun untuk contoh yang termasuk dalam objek formal sosiologi. Antara lain;

  1. Komunikasi Sosial

Pada objek formal inilah segala proses komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan manusia di kehidupan sosial dan mampu menghasilkan dampak dianggap sebagai objek formal.

Kasusnya

Seperti halnya adanya komunikasi politik yang dilakukan oleh calon kepala daerah secara langsung pada masyarakat apakah lebih berhasil dengan menggaet (bersamaan) tokoh masyarakat yang secara peran sosial dan status sosial diakui oleh masyarakat disekitar tersebut atau tidak.

  1. Hubungan Kelompok di Masyarakat

Dalam sisi lain, objek formal bisa saja dilihat berdasarkan pada bentuk hubungan komunikasi sosial, interaksi sosial, dan relasi yang terjadi antara kelompok-kelompok pada masyarakat tersebut. Dimana hubungan kelompok-kelompok masyarat inilah yang membantu ditemukannya gejala-gejala sosial dalam kehidupan masyarakat.

Kasusnya

Seperti halnya ingin melihat hubungan antara masyarakat Baduy dalam dan Baduy Luar yang ada di Provinsi Banten. Dari perkembangan zaman ke zaman maka dalam proses ini diperlukan penyelidikan lebih mendalam melalui arti penelitian sosial agar kemudian bisa dipertangung jawabkan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian objek formal ilmu sosiologi menurut para ahli dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi.

Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *