Manfaat Pemberdayaan Masyarakat

Diposting pada

Manfaat Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan pada hakekatnya menjadi hal yang penting karena dapat memberikan manfaat untuk membangun kembali masyarakat setelah trauma, seperti korban bencana alam atau untuk individu dan kelompok di negara yang dilanda perang.

Oleh karena itulah salah satu indikator pemberdayaan masyarakat mencakup proses sosial dan interaksi sosial seperti refleksi kolektif, partisipasi sosial, dan diskusi politik, serta hasil seperti memperoleh sumber daya yang memadai untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat dan keadilan sosial.

Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya memberdayakan yang lebih dari sekedar keterlibatan, arti partisipasi atau keterlibatan masyarakat. Hal ini setidaknya menyiratkan kepemilikan dan tindakan komunitas yang secara eksplisit bertujuan untuk perubahan sosial dan politik.

Disisi lainnya, pemberdayaan masyarakat harus mengatasi faktor penentu sosial, unsur budaya, politik, dan ekonomi yang mendukung kesehatan serta berupaya membangun kemitraan dengan sektor lain dalam menemukan solusi.

Manfaat Pemberdayaan Masyarakat

Adapun untuk beberapa manfaat pemberdayaan masyarakat, antara lain:

  1. Memberikan partisipasi dan peningkatan kapasitas

Pada dasanya ketika masyarakat diberdayakan, orang merasa bebas untuk bertindak dan pada saat yang sama mengasosiasikan rasa memiliki terhadap masyarakat tersebut.

Hal ini dilakukan melalui partisipasi dan peningkatan kapasitas, orang-orang akan menemukan kembali potensi mereka dan mendapatkan kepercayaan diri. Mereka juga merasa berharga bagi masyarakat, atas bantuan yang mereka berikan-untuk membuat perubahan.

  1. Memberikan Inisiasi Tindakan

Kegunaan pemberdayaan masyarakat dapat menginisiasi tindakan di tingkat individu, yang dapat mencapai tingkat masyarakat bahkan nasional.

Dalam hal ini misalnya saja seseorang yang menjadi korban kecelakaan, dapat mengumpulkan sekelompok orang untuk bisa jadi teman dekat, keluarga, atau bahkan orang asing yang telah bergabung untuk tujuan baik dan membantu membuat orang lain peka tentang langkah-langkah keselamatan jalan raya.

  1. Pengembangan kelompok kecil

Proses dalam pengembanga kelompok kecil dapat memulai tindakan kolektif. Hal ini juga merupakan sarana bagi praktisi untuk mendapatkan keterampilan pengabdian masyarakat, keterampilan kepemimpinan untuk beberapa, keterampilan manajemen, mengembangkan empati, memperluas jaringan, membentuk kemitraan dan mewujudkan kohesi sosial.

  1. Menawarkan Penyelesaian Masalah

Banyak berbagai jenis organisasi masyarakat menawarkan cara untuk menyelesaikan masalah kemasyarakatan. Itu termasuk kelompok muda, kelompok kepercayaan, dewan komunitas dan asosiasi. Mereka memiliki kekuatan untuk memobilisasi sumber daya.

Pengembangan organisasi masyarakat memerlukan beberapa bentuk kepemimpinan dan mereka yang melayani masyarakat memiliki peluang lebih baik untuk mengembangkan kapasitas masyarakat dan dapat menjadi pemimpin masa depan.

  1. Memberikan Pengaruh Implementasi Program

Individu yang diberdayakan pada tujuan pemberdayaan masyarakat akan mampu mempengaruhi arah dan implementasi program melalui partisipasi mereka. Mereka berkembang dari tindakan pribadi ke titik di mana mereka terlibat secara kolektif.

Hal itu dapat menghasilkan kekuatan untuk mempengaruhi tindakan ekonomi, politik dan sosial. Oleh karena itu, mereka dapat membantu orang lain untuk memberdayakan diri mereka sendiri dan mengarahkan mereka menuju pembangunan kapasitas.

Contoh Pemberdayaan Masyarakat

Adapun untuk contoh yang ada dalam proses pemberdayaan di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Ekonomi

Pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi ini cukup banyak dilakukan, misalnya saja adanya program para nelayanan dalam mengelola keuangan melalui investasi, tujuan dan manfaatnya disini agar para nelayanan memiliki ketahanan dalam sistem perekonomia.

  1. Kesehatan

Salah satu contoh nyata dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan ialah adanya program yang dilakukan oleh Dokter Gamal sebagai salah satu Alumni Universitas Brawijaya yang mendirikan Bank Sampah bagi masyarakat kelas ekonomi dengan kemudian ditukan dengan pelayanan kesehatan.

Tujuan adanya program yang didirikan oleh Dokter Gamal ini ialah agar masyarakat terjamin dalam kesehatannya sehingga tidak terserang penyakit.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat melakukan pemberdayaan di masyarakat. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkan referensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *