Macam Pergaulan Sehat dan Pergaulan Tidak Sehat

Diposting pada

Macam Pergaulan Sehat dan Pergaulan Tidak Sehat

Lingkungan sosial merupakan salah satu tempat yang memberikan pengaruh yang besar. Pengaruh tersebut dapat bersifat positif dan negatif. Pergaulan yang baik akan memberikan dampak positif disebut pergaulan sehat, sedangkan untuk pergaulan yang memberikan dampak negatif disebut pergaulan tidak negatif.

Keduanya memang tidak bisa di pisahkan dalam hidup, hal ini karena bagian dari realitas sosial yang senantiasa sejalanan beriringan.

Pergaulan Sehat dan Pergaulan Tidak Sehat

Pada hakekatnya pergaulan adalah salah satu bentuk interaksi sosial yang tersusun dalam lingkungan tertentu dalam arti masyarakat. Interaksi tersebut terjadi secara terus menerus sehingga saling mempengaruhi satu sama lain, hal ini yang dapat merubah sikap seseorang dari sebuah pergaulan.

Semakin sering bertemu maka, utamanya dalam tatap muka. Maka akan semakin besar peluang untuk saling mempengaruhi satu sama lain. Hal ini akan membuat sebuah pergaulan terlihat sehat atau pergaulan tidak sehat. Ketika pergaulan memberikan dampak yang baik maka disebut pergaulan sehat apabila sebaliknya disebut pergaulan tidak sehat.

Macam Pergaulan Sehat dan Pergaulan Tidak Sehat

Sebagai penggambaran yang lebih memahamkan. Maka berikut ini akan diuraikan contoh yang termasuk dalam ruang lingkup pergaulan sehat dan tidak sehat yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pergaulan Sehat
Contoh Pergaulan Sehat
Pergaulan Sehat

Antara lain;

  1. Adanya kesadaran beragama

Seseorang yang memiliki kesadaran beragama akan membuat orang tersebut memilih pergaulan yang sesuai dengan tuntunan agama. Hal ini akan membuat seseorang tidak akan mengingkari ajaran agama yang dianut dan membuat dirinya selalu berada pada jalan yang dianggap baik oleh masyarakat.

  1. Memiliki rasa setia kawan

Rasa setia kawan merupakan hal yang penting dalam sebuah pergaulan. Orang yang tidak menghianati temannya akan membuat orang lain meras nyaman berada di lingkungan. Seorang teman yang saling tolong menolong dan tidak memberikan pengaruh buruk dapat dikatakan sebagai teman yang setia kawan.

  1. Bijak dalam memilih teman

Seseorang harus mampu memilih teman yang paling sesuai dengan keadaan kita. Orang yang mau mendukung serta memiliki beberapa kesamaan. Ketika salah memilih teman maka kan memberikan pengaruh buruk sehingga pergaulan tidak sehat.

  1. Mengisi waktu dengan kegiatan positif

Ketika terdapat waktu luang maka dapat dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan yang akan memberikan dampak positif untuk saat ini dan masa yang akan datang. Kegiatan yang dapat dipilih untuk mengembangkan softskill dan hardskill.

  1. Memiliki pemahaman bahwa laki-laki dan perempuan ada batasan

Pergaulan yang baik berdasarkan budaya di Indonesia harus ada batas antara perempuan dan laki-laki dalam melakukan kegiatan apapun. Pergaulan antara laki-laki dan perempuan harus sesuai dengan batasan yang ada agar tidak terjadi sesuatu yang dianggap buruk oleh masyarakat. Hal ini sangat diperhatikan terutama di lingkungan desa.

  1. Menstabilkan emosi

Kemampuan untuk mengontrol diri merupakan salah satu hal yang penting agar dalam suatu pergaulan tidak merugikan pihak manapun. Ketika seseorang tidak mampu mengontrol emosi ada ketakutan tersendiri bagi orang-orang yang berada di sekitarnya.

  1. Kelompok belajar

Salah satu cara yang baik ketika memilih belajar bersama. Belajar kelompok dapat mempermudah teman-teman lain yang merasa kurang mampu memahami suatu pembelajaran. Teman-teman yang belum paham suatu materi dapat menanyakan kepada teman-teman yang sudah paham.

  1. Kegiatan pengembangan diri

Kegiatan pengembangan diri merupakan sesuatu yang penting agar seseorang dapat mengekspresikan diri dengan baik. Misal mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler dalam organisasi di lingkungan sekolah atau bimbingan privat berbagai jenis keterampilan yang tidak di dapatkan di sekolah. Hal ini akan membuat seseorang tumbuh dan berkembang dengan baik.

  1. Kegiatan karang taruna

Kegiatan karang taruna para pemuda di desa dapat menjadi wadah untuk mengembangkan diri dan melakukan kegiatan oganisasi di lingkungan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk segala hal yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Orang yang tergabung dalam organisasi ini juga akan memiliki peran yang dipandang baik di lingkungan masyarakat.

  1. Kegiatan pecinta alam

Hal yang dilakukan merupakan penyaluran hobi yang baik. Kegiatan ini dapat membuat tumbuh menjadi lebih sehat. Orang yang mengikuti kegiatan pecinta alam akan lebih bisa memahami keadaan sekitar.

  1. Mengikuti kegiatan olahraga

Salah satu pergaulan yang bertujuan untuk kesehatan diri. Hal ini sangat penting untuk tubuh seseorang, baik secara fisik dan pikiran. Ketika melakukan olah raga orang akan lebih merasa senang.

  1. Suka menabung

Pembiasaan diri untuk menabung merupakan hal yang cukup sulit apabila tidak dilatih sejak kecil. Seseorang yang terbiasa menabung akan dapat memperhitungkan hal tersebut dengan baik.

  1. Bijaksana dalam membelanjakan uang

Perencanaan keuangan sangat perlu dilakukan agar kita tahu kemampuan kita dan uang yang kita miliki. Semakin baik perencanaan keuangan maka akan semakin aman dan tidak akan merasa kehabisan uang.

  1. Tidak berfoya-foya

Tidak menghambur-hamburkan uang secara berlebihan. Ketika melakukan kegiatan untuk perayaan tidak berlebihan. Ketika membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan jumlah yang wajar.

  1. Taat kepada orang tua

Selalu mendengarkan nasehat orang tua, berusaha bersikap sopan santun kepada orang tua, berkata jujur kepada orang tua, dan selalu berusaha membuat orang tua senang. Hal tersebut termasuk dalam ketaatan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menyayangi saudara

Saudara merupakan orang yang harus di sayangi sama halnya dengan menyayangi orang tua. Pergaulan yang baik pasti akan mengarahkan seseorang untuk berperilaku baik kepada siapapun.

  1. Menghargai kepentingan orang lain

Seseorang yang berperan dalam sebuah lingkungan harus selalu memperhatikan lingkungan sekitar. Kita tidak dapat memaksakan ego dan mementingkan kepentingan pribadi. Kita harus menghargai kepentingan orang lain. Hal tersebut sebagai bentuk kebersamaan dalam sebuah pergaulan.

  1. Bertanggungjawab

Berani mempertanggungjawabkan atas segala hal yang telah dilakukan. Ketika berbuat kesalahan tidak melarikan diri melainkan harus menyelesaikan permaslahan tersebut. Penyelesaian di usahakan dapat selesai dengan baik-baik.

  1. Memiliki rasa empati

Memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan, walaupun tidak melakukan tindakan apapun tetapi mampu merasakan kondisi sekitar merupakan hal yang baik. Ketika sudah timbul rasa empati maka diharapkan tidak melakukan tindakan yang menyusahkan orang lain.

  1. Berpikiran ke arah masa depan

Memilih lingkungan yang baik, lingkungan tersebut akan mempengaruhi masa yang akan datang. Semakin baik lingkungan saat ini diharapkan memiliki masa depan yang jelas dan berguna bagi masyarakat.

Pergaulan Tidak Sehat
Contoh Pergaulan Tidak Sehat
Pergaulan Tidak Sehat

Antara lain;

  1. Pulang larut malam

Memiliki kebiasaan pulang hingga larut malam. Hal ini dapat memberikan pandangan negatif pada diri seseorang. Pulang larut malam hanya untuk bercanda dan bermain bersama teman-teman tanpa ada tujuan yang bersifat penting.

  1. Tidak mengerjakan PR

Melakukan tindakan yang melanggar aturan dan tidak mengerjakan kewajiban merupakan pergaulan yang tidak sehat. Tidak mengerjakan PR berarti telah meninggalkan kewajiban yang diberikan oleh guru yang ada di lembaga pendidikan tertentu untuk seseorang.

  1. Pergaulan bebas

Pergaulan bebas adalah berteman dengan siapapun dan tidak mengenal batasan antara laki-laki dan perempuan. Ketika telah melakukan hal ini jelas pergaulan yang dilakukan tidak sehat dan memberikan dampak buruk bagi dirinya.

  1. Merokok

Gaya hidup tidak sehat ini dipengaruhi oleh lingkungan. Kadang terdapat seorang anak yang tidak merokok, namun ketika berteman dengan ornag-orang yang merokok maka ia ikut-ikutan merokok.

  1. Minum minuman keras

Penyalahgunaan alkohol merupakan salah satu tanda adanya pergaulan yang tidak sehat. Jelas ketika mengkonsumsi alkohol memiliki efek yang buruk bagi kesehatan, baik secara langsung atau tidak langsung.

  1. Menggunakan sosial media untuk hal-hal yang buruk

Hal buruk yang biasa dilakukan di sosial media ialah menyebarkan berita yang tidak benar. Menimbulkan keresahan masyarakat dan selalu membuat permasalahan menjadi semakin rumit.

  1. Mengendarai motor dengan ugal-ugalan

Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi dan suara yang bising. Hal ini akan menimbulkan keresahan masyarakat dan bahkan dapat menimbulkan kecelakaan yang merugikan banyak orang.

  1. Tidak menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara

Pengendara yang bandel akan terus melakukan pelanggaran salah satunya adalah sabuk pengaman. Tidak semua pengendara mau mematuhi aturan tersebut sehingga membuat keresahan yang akan merugiakan diri sendiri.

  1. Tidak menggunakan helm ketika mengendarai motor

Pengendara yang bandel akan terus melakukan pelanggaran salah satunya adalah helm. Tidak semua pengendara mau mematuhi aturan tersebut sehingga membuat keresahan yang akan merugiakan diri sendiri.

  1. Suka berbohong

Kebiasaan yang timbul dari dalam diri yang membuat orang lain merasa dirugikan adalah berbohong. Sikap ini muncul akibat pergaulan yang mengajarkan untuk berkata tidak sesuai dengan fakta yang ada.

  1. Membully orang

Merundung adalah hal yang sering dilakukan di berbagai tempat. Kadang seseorang yang melakukan perundungan tidak menyadari bahwa yang dilakukan telah menyakiti orang lain. Hal ini banyak terjadi di sekolah dan lingkungan masyarakat.

  1. Membuat geng di sekolah

Kelompok di sekolah yang dapat menmbulkan berbagai permasalahan dan kecemburuan sosial merupakan hal yang sering terjadi. Bahkan ada yang merasa tersingkir karena perbuatan ini.

  1. Mengutamakan kepentingan diri sendiri

Bersifat egois secara berlebihan, kepentingan pribadi merupakan hal yang harus didahulukan tanpa mempertimbangkan orang disekitar. Hal ini akan membuat orang tersebut tidak diterima di lingkungan masyarakat.

  1. Ketergantungan obat terlarang

Penggunaan zat adiktif merupakan salah satu tanda seseorang telah masuk dalam pergaulan yang tidak sehat. Zat adiktif membuat seseorang merasa membutuhkan obat-obatan itu secara terus menerus.

  1. Menggunakan pakaian terbuka

Indonesia merupakan negara yang mengedepankan adab dan sopan satun, salah satunya adalah cara berpakaian seseorang. masyakat di Indonesia rata-rata menggunakan pakaian yang tertutup dan hal tersebut dianggap sopan.

  1. Tawuran

Sikap yang kurang baik ketika menyelesaikan permasalah dengan cara kekerasan. Hal ini akan menimbulkan kerusakan bahkan korban apabila berlebihan. Anak yang sudah terlibat dalam kegiatan ini dianggap masuk dalam pergaulan yang tidak sehat.

  1. Penyalahgunaan internet

Internet merupakan sumber informasi yang sangat luas. siapapun bisa menggunakan dan mengakses apapun. Hal ini kadang disalahgunakan untuk kegiatan yang kurang baik seperti berjudi, taruhan, dan lain-lain.

  1. Sering membuat ulah

Sebagai seseorang dalam lingkungan masyarakat ketika sering melakukan kegiatan yang mengundang keresahan masyarakat dianggap sebagai orang yang memiliki pergaulan tidak sehat. Hal tersebut apabila tidak dikendalikan akan merugikan banyak orang.

  1. Gaya hidup hedonisme

Menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan merupakan salah satu gaya hidup yang dianggap salah. Seseorang yang mampu membelanjakan sesuai dengan kebutuhan baru dikatakan orang yang mampu menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

  1. Balapan liar

Kegitan yang sering dilakukan oleh kelompok remaja tertentu adalah balapan liar. Hal ini membuat masyarakat resah bahkan membuat onar di lingkungan tersebut. Tak jarang adapula yang menjadi korban ketika balapan berlangsung, melihat hal tersebut jelas bukan merupakan pergaulan yang sehat.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh pergaulan sehat dan pergaulan tidak sehat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang memperlukannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *