Pengertian Integrasi Fungsional dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Integrasi Fungsional dan Contohnya

Integrasi fungsional bisa dikatakan sebagai serangkaian proses sosial dan interaksi sosial yang terbentuk karena adanya kedinamisan masyarakat dalam menerima sejumlah perbedaan yang ada, terumatama berkaitan dengan fungsi-fungsi tertentu dalam tipe lembaga sosial.

Disisi lain, bentuk integrasi sosial bersifat fungsional ini terstruktur secara sistematis dimana semua anggota berpartisipasi dalam dialog untuk mencapai dan memelihara hubungan sosial yang damai. Oleh karena ilah integrasi sosial fungsonal difokuskan pada arti kebutuhan untuk bergerak menuju masyarakat yang aman, stabil dan adil.

Pengertian Integrasi Fungsional

Integrasi fungsional adalah kesatuan dalam masyarakat yang terbentuk karena adanya berbagai fungsi-fungsi tertentu, dimana untuk proses pembentukan fungsionalime ini berdasarkan kerangka perspektif dengan masyarakat sebagai sebuah sistem sosial yang terintegrasi.

Oleh karena itulah, integrasi fungsional merupakan integrasi yang memiliki ciri dengan tingkat spesialisasi kerja yang tinggi sehingga pada akhirnya dipersatukan oleh kebutuhan tertentu (ketergantungan fungsional).

Contoh Integrasi Fungsional          

Adapun untuk contoh integrasi sosial fungsional, diantaranya;

  1. Suku Betawi dan Suku Sunda yang berintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pangan dan industri

Salah satu contoh integrasi fungsional bisa dilihat dalam masyarakat Jakarta dengan suku asli yaitu Suku Betawi dan masyarakat Jawa Barat dengan suku asli yaitu Suku Sunda.

Hubungan sosial antara kedua suku tersebut terjadi integrasi fungsional karena semua pasokan makanan disuplai dari Jawa Barat, sedangkan semua industri yang berkembang di Jawa Barat merupakan dukungan dari kemajuan di DKI Jakarta.

  1. Wilayah Aceh dan Jawa Barat yang berintegrasi dalam memenuhi kebutuhan teh dan kopi

Daerah Aceh terkenal dengan pertanian kopinya, sedangkan daerah Jawa Barat terkenal dengan perkebunan tehnya. Dua wilayah tersebut saling berintegrasi karena membutuhkan satu sama lain. Integrasi yang dilakukan didasarkan pada kelebihan atau fungsi daerah masing-masing.

  1. Suku Bugis dan Suku Jawa yang berintegrasi dalam memenuhi kebutuhan pertanian dan hasil laut

Contoh lain dari terjadinya integrasi secara fungsional adalah Suku Bugis yang identik dengan hasil laut dan Suku Jawa yang identik dengan hasil pertanian. Dimanapun suku tersebut berada maka fungsinya sedapat mungkin akan dibawa dan membentuk integrasi sosial dengan suku lainnya dalam memenuhi kebutuhan.

  1. Integrasi fungsional dalam persaingan global

Dalam dunia persaingan global yang ketat dan perubahan teknologi yang cepat, strategi tradisional untuk mendapatkan pangsa pasar dengan mengandalkan sebagian besar pada iklan media massa yang cerdik tidak lagi efektif.

Di era digital, sosial, dan seluler, integrasi fungsional melalui ekosistem interaktif yang saling terhubung telah membantu pionir digital seperti Amazon, Apple, dan Google serta pemain utama seperti Nike, GM, BMW, dan McCormick.

Peluang baru muncul bagi startup untuk menggunakan prinsip-prinsip tersebut untuk diri mereka sendiri, atau memungkinkan pemain lain yang sudah ada secara digital.

  1. Integrasi fungsional dalam bisnis melalui penerapan prinsip utilitas

Menghasilkan sesuatu yang berguna bagi konsumen merupakan satu-satunya cara untuk tetap relevan. Penawaran baru harus melapisi produk dan layanan yang ada dan sebelumnya. Prihal ini misalnya L’Oreal meluncurkan My Signature Beauty, sebagai cara untuk menawarkan rekomendasi berdasarkan seberapa banyak informasi yang dibagikan konsumen tentang diri mereka sendiri.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian integrasi fungsional dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *