Faktor Penyebab Rendahnya Kepatuhan Terhadap Norma

Diposting pada

Faktor Penyebab Rendahnya Kepatuhan Norma

Peran nilai dan norma dalam masyarakat sangat penting dalam menjaga keteraturan sosial atas beragam contoh penyimpangan sosial yang terjadi.

Meskipun demikian, diakui maupun tidak terdapat beragam penyebab kesadaran terhadap kepatuhan pada norma-norma dalam kehidupan sampai saat ini masih rendah. Baik dalam norma sosial, norma agama, norma kesusilaan, dan lain sebagainya. Tetapi yang pasti, apabila ditelisik lebih mendalam semua itu terjadi karena adanya faktor pribadi dan faktor lingkungan.

Rendahnya Kepatuhan Terhadap Norma

Membicarakan penurunan atas kepatuhan terhadap norma sangat berhubungan erat dengan ketaatan individu dan kelompok dalam menjalankan aturan yang berlaku. Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya pergeseran dari spiritualisme dan agama tradisional dan menuju sekularisme, ateisme dan agnostisisme akhirnya membentuk modernitas.

Dimana cerminan masyarakat modern yang memiliki pendidikan sebagai prioritas utama bagi warga negara cenderung memiliki kepemilikan pribadi yang berlebihan sehingga pada akhirnya mengabaikan adanya norma hukum yang sudah lama menjadi bagian daripada unsur budaya di masyarakat.

Faktor Penyebab Rendahnya Kepatuhan Terhadap Norma

Adapun alasan yang menjadi faktor pendukung rendahnya kesadaran terhadap kepatuhan norma-norma di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Pribadi

Fakta pribadi dalam rendahnya kepatuhan terhadap norma di masyarakat bisanya berkaitan atau sifat dan karakter dalam diri sendiri yang belum sepenuhnya memiliki kesadaran berlaku taat aturan. Dimana kesadarannya hanya sebatas pada sikap normatif. Bukan disebabkan hadirnya perasaan untuk menjaga hubungan sosial yang harmonis serta tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

Contohnya

Prihal ini misalnya saja prilaku membayar pajak. Dimana pajak yang telah ditentukan oleh negara kepada perusahaan mapun perorangan sejatinya dibutuhkan dalam melakukan membangun dan menciptakan keadilan sosial. Namun, beberapa pihak masih enggan untuk membayar pajak ini.

Bahkan tak jarang, banyak sekali upaya untuk menyembunyikan penghasilan yang dipengaruhi atas sikap ingin memperkaya diri sendiri tanpa memperhatikan kesejahteraan di lingkungan sosial.

  1. Lingkungan

Faktor lingkungan yaitu dapat menjadi pengaruh rendahnya kepatuhan terhadap norma bisanya hadir dari arti keluarga maupun masyarakat yang belum sepenuhnya mampu memberikan daya dukung terhadap pembentukan watak patuh pada aturan.

Contohnya

Misalnya saja kurangnya hubungan sosial dalam solidaritas masyarakat di perkotaan dengan sikap acuh tak acuhnya. Sehingga menyebabkan banyaknya status perkawinan dengan sistem kontrak yang hal tersebut menjadi larangan dalam norma agama maupun norma hukum negara.

Bahkan, karena adanya fenomena sosial yang berkembang inilah budaya malu pada individu menjadi tidak kontras terlihat, alasannya karena penurunnya sikap kepedulian terhadap sesama.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan penjelasan tentang faktor penyebab rendahnya kesadaran kepatuhan terhadap norma dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *