Contoh Adat Istiadat di Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Contoh Adat Istiadat

Kebiasaan yang telah ada di masyarakat disebut budaya. Definisi budaya senantiasa berkaitan dengan sesuatu yang dianggap sakral baik secara spiritual atau sosial dapat diakatakan sebagai adat istiadat. Hal tersebut merupakan tata cara yang dilakukan di masyarakat dalam hal tertentu.

Ada banyak contoh adat yang sangat beragam di Indonesia. Hal ini lantaran jumlah suku dan budaya pun sangat beragam mulai dari upacara adat kelahiran sampai kematian.

Adat Istiadat

Masyarakat dalam hidup di lingkungan sosialnya akan membiasakan suatu kegiatan tertentu. Kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan akan menjadi sebuah unsur budaya. Budaya yang telah melekat dan memiliki jangka waktu yang lama akan menjadi sebuah adat istiadat.

Oleh karena itulah arti adat istiadat menjadi identitas nasional suatu bangsa. Identitas ini jelas telah dikenal oleh masyarakat luas dengan segala ciri khasnya. Setiap adat istiadat memiliki makna tersendiri serta pelaksanaannya pasti diikuti oleh masyarakat

Contoh Adat Istiadat

Adapun untuk contoh adat istiadat yang ada di Masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Misalnya saja;

  1. Sekaten

Adat Istiadat Sekaten
Sekaten

Peringatan maulid nabi merupakan kegiatan yang rutin dilakukan diberbagai daerah di Indonesia dengan berbagai cara. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam melaksanakan perayaan maulid nabi. Sekaten merupakan salah satu adat istiadat yang dilaksanakan di Yogyakarta tepatnya di alun-alun utara.

Peringatan sekaten juga menjadi daya tarik tersendiri untuk parawisatawan. Kegiatan dimulai dari alun-alun utara hingga keraton Yogyakarta.

  1. Ngaben

Adat Istiadat Ngaben
Ngaben

Salah satu upacara adat yang ada di Bali. Upacara pembakaran jenazah yang sudah menjadi warisan leluhur dari beratus-ratus tahun yang lalu.

Upacara pemakanan ini merupakan kepercayaan masyarakat Hindu, dengan membakar jenazah, roh menjadi suci dan bisa beristirahat dengan tenang. Biaya yang dibutuhkan untuk upacara adat ini sangat mahal dan melibatkan banyak orang dalam pelaksanaannya.

  1. Grebeg suro

Upacara adat yang ada di Ponorogo, Jawa Timur, upacara dilaksanakan sebagai bentuk pesta rakyat. Banyak kegiatan yang dilakukan dengan berbagai jenis pertunjukkan atas arti tradisi ini dilakukan ketika tahun baru Islam yaitu 1 Muharram atau 1 Suro.

  1. Turun tanah (Tedak sinten)

Wujud rasa syukur atas kesehatan bayi hingga sudah mampu berjalan. Ritual ini memliki beberapa urutan acara yang wajib ada ialah anak dimasukkan ke kurungan ayam kemudian disediakan beberapa barang yang dapat dipilih anak.

  1. Tingkeban

Salah satu tradisi yang dilakukan dalam masa kehamilan ketika menginjak usia tujuh bulan kehamilan. Tradisi dilakukan untuk anak pertama dari pasangan suami istri. Tujuan upacara adat ini untuk mendo’akan bayi yang berada di kandungan agar lahir secara normal dan lancar.

  1. Ruwatan

Salah satu upacara adat di Jawa yang memiliki tujuan untuk menyucikan seseorang atau lingkungan. Ruwatan memiliki tiga jenis yaitu ruwatan untuk diri sendiri, lingkungan,dan wilayah. Pelaksanaan ruwatan ini diharapkan dapat terbebas dari gangguan makhluk halus. Asal usul upacara ini berasal dari cerita wayang dengan tokoh Murwakala.

  1. Makepung

Karapan sapi yang dilaksanakan di Bali. Makepung memiliki arti kejar-kejaran, hal ini muncul atas kebiasaan dalam membajak sawah. Pelaksanaan makepung orang yang mengendalikan sapi menggunakan berbagai jenis hiasan seperti daster, selendang, dan lain-lain.

  1. Melasti

Sebelum upacara adat perayaan hari raya Nyepi  masyarakat di Bali akan melaksanakan melasti. Melasti merupakan upacara adat yang bertujuan untuk menyucikan diri. Kegiatan yang dilakukan ialah menghanyutkan segala jenis kotoran alam dengan air kehidupan.

  1. Gawi

Sebuah tari yang digunakan dalam upacara adat. Tari ini berasal dar NTT, makna tari sendiri merupakan simbol persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan dengan tangan para penari yang saling berpegangan satu sama lain.

  1. Pacu jawi

Pacu jawi merupakan pelaksanaan tradisi yang bertujuan untuk olahraga yang bersifat tradisonal. Pelaksanaan kegiatan ini di Sumantra Barat dengan menggunakan sepasang sapi. Apabila dilihat sekilas seperti karapan sapi. Tempat yang digunakan merupakan sawah yang berlumpur.

  1. Pernikahan

Salah satu upacara adat yang sangat sakral dan dengan segala detil yang cukup rumit untuk masyarakat di jawa. Ketika pelaksanaan upacara pernikahan terdapat beberapa tahapan yang harus dilaksanakan mulai dari malam penerimaan tamu atau bisa disebut midodareni, penyerahan seserahan dari mempelai laki-laki, prosesi akad nikah, temu temanten, saling menyuap di pelaminan, dan sungkem kepada kedua orang tua baik mempelai laki-laki serta perempuan.

  1. Mappalili

Salah satu adat di daerah Sulawesi yang menandakan dimulainya musim tanam padi. Upacara adat dipimpin oleh Bissu, bissu akan melakukan upacara adat di rumah arajang. Rumah ini merupakan tempat penyimpanan peralatan pertanian.

  1. Omed-omedan

Salah satu upacara adat yang ada di Bali yang dilaksanakan setelah perayaan nyepi. Upacara ini diikuti oleh pemuda pemudi usia 18 sampai 30 tahun yang belum menikah. Pemuda pemudi akan diguyur air dan bertarung, upacara ini diakhiri dengan ciuman.

  1. Potong jari atau Ikipalin

Upacara adat yang membuat ngilu tapi hingga saat ini masih ada sebagian masyarakat yang melakukannya terutama orang-orang yang berada di desa.

Adat istiadat ini dilakukan oleh masyarakat Papua. Pemotongan jari sebagai simbol duka atas meninggalnya anggota keluarga yang meninggal. Pemotongan jari juga merupakan simbol harapan semoga tidak ada lagi kemalangan yang menimpa keluarga tersebut.

  1. Ma’nene

Upacara adat yang masih dilaksanakan hingga saat ini di Toraja. Upacara adat ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur.

Masyarakat Toraja memiliki keyakinan bahwa roh leluhur tidak pernah meninggalkan keluarga sehingga terdapat tradisi untuk menganti pakaian dan mendandani mayat yang ada di sana. Upacara adat ini dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun.

  1. Tatung

Tradisi yang mengerikan yang dilaksanakan di Singkawang. Tradisi ini dilaksanakan dalam rangka meramaikan acara cap go meh. Terdapat ratusan orang yang mengikuti tradisi ini. Tatung berasal dari bahasa Hakka yang berarti roh dewa.

Tatung ini dilaksanakan dengan berbagai pertunjukkan yang mengerikan seperti halnya debus. Orang yang terlibat dalam tradisi ini memiliki beberapa sayarat yang harus dipatuhi salah satunya adalah puasa daging setiap tanggal 15.

  1. Pasola

Salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Sumba Barat NTT. Salah satu tradisi yang dilaksanakan untuk menyambut masa tanam. Pelaksanaan upacara adat ialah melakukan lempar lembing sambil menunggang kuda. Apabila terjadi kecelakaan ketika pelaksanaan kegiatan maka dipercaya hasil pertanian akan melimpah.

  1. Seba

Adat Istiadat Seba
Seba

Tradisi yang ada di Banten Jawa Barat. Tradisi yang dilakukan setahun sekali dengan berjalan sejauh 100 kilometer untuk berkunjung ketempat saudara. Kunjungan ini dilakukan untuk bersilaturahmi, tempat yang dituju ke rumah kepala daerah atau orang yang dianggap tua kemudian akan mendapatka nasehat yang bermanfaat untuk semua orang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bawha adat istiadat adalah sikap masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang telah diikuti dan dilaksanakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Oleh karena itulah pelaksanaan adat dalam suatu daerah sebagai gambaran daerah tersebut.

Nah, demikinlah artikel yang bisa kami jelaskan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh adat istiadat yang ada di masyarakat dari berbagai daerah Indonesia. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *