3 Contoh Kasus Teori Strukturasi di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kasus Teori Strukturasi

Anthony Giddens sebagai tokoh dan pencentus beragam teori sosiologi yang paling familiar ialah membahas tentang strukturasi yang dimana prihal ini kajiannya secara komprehensif dapat diterapkan dalam beragam contoh kasus hingga saat ini.

Seperti halnya adanya bentuk perubahan sosial struktur atas lapangan pekerjaan yang ada di masyarakat, sampai dengan hadirnya agen dan agensi sebagai aktor yang melakukannya.

Strukturasi

Strukturasi adalah realitas sosial yang sejatinya mengatur keberlanjutan atau trasformasi struktur karena kehidupan manusia hadir lantaran adanya reproduksi dari sistem. Dimana sistem sosial sendiri adalah relasi yang diproduksi diantara aktor atau kolektivitas yang diorganisir dalam praktek sosial.

Oleh karena itulah penerapan dalam teori strukturasi terdapat metode dimana setiap individu dan kelompok dirubah melalui agency berupa individu dengan mengetahui apa yang dilakukan (knowledgeable) dan mengapa dilakukan (capable subyect).

Contoh Strukturasi di Masyarakat

Untuk contoh yang termasuk bisa dikaji dalam mempergunakan teori strukturasi di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Kemerdekaan Indonesia dan Sukarno

Ir Sukarno adalah sosok yang memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Kasus ini menjelaskan bahwa Sukarno hadir sebagai agen yang melakukan knowledgeable dengan mendirikan partai PNI dan pergerakan politik
Kemerdekaan RI.

Subjek yang menjadi alasan Ir Soekarno mendirikan tersebut ialah menggerakan rasa nasionalime di masyarakat dengan bertujuan memunculkan semangat kemerdekaan.

  1. Pemberdayaan Masyarakat di Pedesaan

Kasus lainnya tentang adanya proses pemberdayaan masyarakat yang akhir-akhir ini sangatlah gencar dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Melihat kasusnya seperti Kampung Inggris Pare yang dimana awalnya masyarakat disana awam bahkan tidak tahu mata pelajaran Bahasa Inggris namun lambat launnya karena banyak berdiri tempat kursus pada akhirnya banyak masyarakat belejar.

Bahkan dalam proses lapangan pekerjannya awalnya menjadi petani kini sudah ada yang menyediakan jasa, seperti adanya jasa sewa sepeda, jasa pendirian tempat kursus, sampai dengan jasa sewa kost ataupun kontrakan.

  1. Pekerjaan

Kajian lainnya yang bisa dibahas dalam teori untuk contoh perubahan struktural di masyarakat melihat berkembangnya pekerjaan yang dialami oleh setiap orang. Misalnya saja dalam kasus saat ini masyarakat banyak yang menjadi trender dengan memanfatkan beragam aplikasi.

Aplikasi yang disedikan tentusaja tidak bisa berwujud nyata seperti membeli emas namun masyarakat percaya bahwa hal tersebut bisa menghasilkan uang dan menjadikannya pekerjaan. Pola pemikiran inilah bisa dikaji dalam perubahan strukturasi.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kajian yang bisa dijadikan penggunaan kasus teori strukturasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.