Contoh Populasi Penelitian dalam Karya Tulis Ilmiah

Diposting pada
Rate this post

Contoh Populasi Penelitian

Populasi seringkali dikaitkan dengan teknik pengumpulan data penelitian. Dimana untuk setiap metode riset yang dilakaukan si peneliti, baik melalui penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, ataupun deskriptif selalu memerlukan teknik pengumpulan data dengan populasi.

Hal ini bukanlah tanpa alasan. Sebab setiap riset dalam penentian informan khususnya yang menggunakan pendekatan kuantitatif fokus pada fakta tertentu yang ingin mereka pelajari pada dalam adanya populasi umum. Sehingga penggunannya mampu terpusat dalam titik data yang sangat diinginkan.

Populasi

Populasi adalah keseluruhan data yang dimbil secara general (umum) tanpa adanya perbedaan-perbedaan yang dilakukan penyaringan, oleh karena itulah dalam pengambilan data populasi setiap penelitian bisa menghindari kesalahan yang fatal lantaran semua responden diambil keterangannya secara lengkap.

Yang tujuannya memungkinkan si peneliti akhirnya mampu memahami alasan di balik keputusan, perilaku, atau tindakan kita dari sudut pandang respon dalam topik penelitian yang diajukan.

Contoh Populasi

Contoh Populasi
Contoh Populasi

Berikut ini adalah pengulasan dan penggambaran atas berbagai contoh populasi dalam penelitian. Antara lain;

  1. Masyarakat Indonesia

Penelitian tanteng masyarakat Indonesia, maka keseluruhan masyarakat WNI yang ada di dalam negari dan luar negri, anak-anak sampai dewasa adalah bagian populasi. Oleh karenannya penelitian ini harus mampu melakukan wawancara kepada kesemuanya pihak.

Biasanya riset seperti ini dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statitik) dalam melakukan survai kependudukan atas jumlah penduduk di Indonesia.

  1. Mahasiswa UI

Bagian yang lebih kecil dari populasi adalah Mahasiswa UI, catatan mahasiswa adalah yang aktif dan mempergunakan KTM. Maka soyogyanya jika penelitian dilakukan khusus untuk mahasiswa UI otomatis penelitian harus mencangkup kesemuanya.

  1. Siswa SMAN 1 Bandar Lampung

Pemaparan populasi ini misalnya penelitian terhadap siswa yang ada di SMAN 1 Bandar Lampung. Baik siswa yang ada di kelas 1, 2, dan 3 semuanya bagian inti daripada populasi. Oleh karena itulah penelitian seperti ini akan memakan waktu yang relatif lama.

  1. Mahasiswa Angroteknologi 2014 Unpad

Segmen pilihan yang bisa dijabarkan dalam contoh populasi ini misalnya untuk tingkata mahasiswa Angroteknologi 2014 yang ada di Unpad. Maka semua yang tergabung dalam populasi adalah mahasiswa-mahasiswa Jurusan Agroteknologi Unpad saja, dan khususnya untuk angkatan 2014.

  1. Penelitian Populasi PMII

PMII adalah salah satu organisasi Islam mahasiswa yang terbesar di Indonesia, sudah sepatutnya jika penelitian yang dilakukan dalam ukuran organisasi PMII dari tingkat Rayon, Komisariat, Cabang, sampai dengan Pengurus Besar harus mampu mengabil data-data penelitiannya.

  1. Jumlah Organisasi di Sekolah yang ada di Indonesia

Kajian terkait dengan jumlah organisasi di lingkungan sekolah juga bisa dikatakan sebagai populasi. Artinya yang menjadi topik dan pembahasannya bukan seseorang yan aktif di organisasi sosial tersebut, melain jumlah secara keseluruhan organisasi internal sekolah dan ekternal sekolah yang ada di Indonesia.

  1. Mahasiswa Sosiologi Unila 2016, Kelas A

Dalam populasi ini sendiri misalnya saja penelitian terhadap mahasiswa Unila, khususnya mahasiswa Jurusan Sosiologi Kelas A. Angkatan 2016. Maka sudah sepantasnya populasi adalah bagian keseluruhan mahasiswa tersebut.

Dari sejumlah penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan contoh populasi yang diberikan. Secara keseluruhannya adalah begini;

Populasi adalah keseluruhan tingkat bawah sampai atas yang tergolong dalam objek penelitian

Jenis Populasi

Beragam macam bentuk populasi yang biasanya dilakukan dalam pembuatan karya tulis, seperti skripsi, makalah, laporan penelitian, dan lain sebagainya. Yaitu;

  1. Homogen

Barkaitan erat dengan tingkat keseragaman atau kesatuan dalam metode penelitian. Jenis ini tidak ada perbedaan lantaran semua karakteristiknya serupa. Sehingga prihal ini populasi adalah keseluruhan (universum) daripada objek penelitian yang ada. Objek ini bukan hanya meliputi pada segmen mahluk hidup akan tetapi bisa dalam segmen nilai, sikap, peristiwa ataupun hal lain yang menjadi pusat perhatian/sumber penelitian.

Contoh yang bisa dikemukakan misalnya saja penelitian dalam anak punk. Maka keseluruhan anak Punk adalah populasi yang homogen.

  1. Heterogen

Populasi heterogen adalah jumlah populasi dan sampel berbeda-bebeda dalam karakteritik penelitiannya namun tetap menjadi fokus dalam pengambilan data.

Untuk contohnya saja penelitian kepada masyarakat multikutural seperti di Indonesia yang memiliki banyak sumber budaya, etnis, dan adat. Penelitian pada masyarakat multikultural bisa disebut sebagai keseluruhan populasi heterogen.

Kesimpulan

Dari penjelasana yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa populasi adalah total keselruhan dari informan dalam penelitian.

Hal ini tentusaja bisa dikatakan apabila riset dengan semua populasi akan memakan waktu yang lama juga akan mempersulit pengelolaan data, lantaran data-data dalam penelitian dengan jenis pengambilan populasi juga akan lebih banyak daripada penentuan dalam contoh sampel.

Demikianlah tulisan mengenai contoh populasi penelitian dan jenisnya, semoga saja dengan adanya pengulasan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang menadalami materinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *