Pengertian Teknik Pengumpulan Data, Tahapan, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Teknik Pengumpulan Data Adalah

Teknik pengumpulan data dalam penelitian menjadi salah satu bagian penting untuk di tuliskan. Hal ini berkaitan erat dengan metode penelitian yang dijalakan. Dimana untuk hasil daripada pengumpulan data ini kemudian di telaah dan dicantumkan dalam hasil tulisannya, khususnya dalam BAB 3.

Oleh karena itulah hampir semua jenis karya tulis, seperti skripsi, makalah, tesis, essay, proposal penelitian, karya ilmiah selalu mencantumkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan beragam jenis model yang dibutuhkannya.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data secara sederhana bisa dikatakan sebagai bagian daripada metode penelitian sosial ataupun eksakta dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif yang dilakukan untuk memberikan pandangan dalam analisis data-data penelitian. Untuk analisis ini kemudian mampu menjadi riset lebih berkwalitas dan dianggap layak untuk di publikasikan secara umum.

Pengertian Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data adalah bagian sistematika kepenulisan yang mengulas tentang secara mendalam tentang teknik metode dalam memperole berabagai jenis data yang dihasilkan dalam riset terkait dengan topik penelitian tertentu, konsep ini bisa dijalankan dengan pengamatan langsung (observasi) maupun dengan metode studi literatur.

Pengertian Teknik Pengumpulan Data Menurut Para Ahli

Adapun definisi teknik pengumpulan data menurut para ahli, yaitu;

  1. Sugiyono (2013), Definisi teknik pengambila data adalah  prioritas utama yang memiliki nilai strategis dalam penelitian, hal ini diungkapkan lantaran tujuan penelitian ialah mendapatkan data-data, baik primer, ataupun data skunder.
  2. Afifuddin (2009), Arti teknik pengumpulan data adalah bagian daripada metodologi kepenulisan yang dilakukan dengan meneliti kondisi objek riset secara alamiah dengan menyertakan konsep analisis data atas hasil penelitian yang digeneralisasikan.

Jenis Teknik Pengumpulan Data

Dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terbagi menjadi berbagai jenis, yaitu;

  1. Kualitatif

Pengertian penelitian kualiatatif sendiri ialah riset yang dilakukan dengan teknik pengambilan data melalui wawancara serta observasi mendalam kepada responden secara langsung melalui serangkaian pertanyaan yang telah dipersipakan.

  1. Kuantitataif

Penelitian kuantitatif adalah jenis pengumpulan data yang dilakukan dengan penghitungan angka-angka numerik, misalnya menggunakan penghitungan 1 sampai 10. Adapun khusus untuk pengembilan angka ini berkitan dengan penghitungannya yang menggunakan SPSS.

Tahapan Proses Teknik Pengumpulan Data

Untuk proses dalam tahapan untuk teknik pengumpulan data bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Yaitu;

  1. Observasi

Observasi adalah salah satu langkah dalam pengambilan data yang sering dipergunakan. Observasi ini berkaitan erat dengan tata cara penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung dalam kehidupan masyarakat, tanpa menggunakan perantara.

Melalui tata cara observasi penelitian bisa dengan mudah merasakan berbagai fenomena sosial dan gejala sosial dalam masyarakat. Oleh karenanya di dalam teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, observasi lebih dekat pada metode kualitatif.

  1. Wawancara

Seorang peneliti bisa mendapatkan data penelitian dengan menggunakan wawancara. Pengertian wawancara sendiri ialah metode penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung pada masyarakat dengan menyipakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan antara tema penelitian dan hasil yang diharapkan.

Adapun untuk jenisnya wawancara bisa dilakukan dengan terstruktur maupun bisa juga dijalankan dengan wawancara tidak tersetruktur.

  1. Dokumentasi

Taknik lainnya yang berkaitan erat dengan pengambilan data ialah dengan tata cara dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan menyipakan rekaman, atau mengambil gambar (foto). Bukti dalam dokumentasi ini kemudian bisa menjadi salah satu sumber penelitian yang mampu menimgkatkan kepercayaan.

  1. Poling

Poling adalah salah satu metode pengumpulan data yang bisa dipergunakan untuk mendapatkan hasil penelitian. Poling ini berkaitan erat dengan tata cara terjun di antara subjek penelitian dengan memberikan sejumlah pertanyaan dan jawabannya.

Adapun untuk metode poling seringkali dipergunakan secara online, misalnya saja untuk menentukan pilihan masyarakat terhadap Pemilu.

  1. Studi Literatur

Tata cara mencari informasi dalam teknik pengumpulan data bisa dilakuakan dengan referensi atas penelitian terdahulu, kemudian dari kesemuanya dijadikan sebagai landasan teori yang mementukan hasil penelitian. Tata cara ini lebih banyak dipergunakan untuk jenis karya tulis ilmiah, seperti essay, penyusnan makalah, dan lain sebagainya.

Contoh Teknik Pengumpulan Data

Contoh Teknik Pengumpulan Data
Contoh Teknik Pengumpulan Data

Conton penulisan bagian teknik pengumpulan data misalnya saja;

  1. Karya Tulis Ilmiah

Teknik pengumpulan data dalam karya tulis ilmiah seperti makalah maupun essay kadangkala lebih dekat dengan sumber referensi dengan studi literatur. Yang sistematka kepenulisannya bisa dilakukan sebagai berikut;

Teknik Pengumpulan Data

Adapun teknik pengumpulan data penelitian yang kami gunakan dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini yakni metode fusi-komparatif dari studi pustaka. Melalui metode ini kami dapat membandingkan beberapa kajian dari berbagai sumber, sehingga memperoleh inovasi yang validatif sebagai penggabungan beberapa analisis data. Metode ini bersifat abstraksi karena tanpa melalui tahap eksperimental, hanya melalui kajian yang kami dapatkan dari studi pustaka.

Kajian dari berbagai sumber didapati berbagai macam analisis yang dapat kami bandingkan dan gabungkan sehingga menghasilkan kesatuan yang utuh berupa karya tulis ilmiah ini. Meskipun tanpa eksperimental langsung, karena didapati dari analisis serta kajian dari berbagai jurnal dan buku, maka dapat diketahui konsepsi ini mampu diterapkan pada saat percobaan langsung.

Dari penjelasan tentang teknik pengumpulan data penelitian diatas dapat dikatakan bawahnya setiap seseorang melakukan penelitian bisa lebih dari satu jenis metode, hal ini demi menciptakan ketertarikan serta kesempuranaan dalam pembuatan karya tulis.

Sehingga dalam hal ini laporan penelitian juga akan lebih terasa bergam jika mampu mencampurkan metode-metode ini menjadi satu. Oleh karenana itulah tidak ada keharusan dalam menggunakan satu metode dalam mendapatka hasil penelitian. Disisi lain, untuk jenis teknik pengumpulan data bisa dijalankan secara kualitatif maupun kuantitatif dengan berbagai tahapan prosesnya.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian teknik pengumpulan data menurut para ahli, jenis, tahapan proses, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan pembaca mengenai materinya.

Rating: 2.8/5. From 6 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *