9 Contoh Perubahan Besar yang Terjadi dalam Masyarakat

Diposting pada

Contoh Perubahan Sosial Besar

Setidaknya, dapatlah dikatakan bahwa berdapat berbagai macam bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Ada bagian perubahan sosial yang dapat membawa pengaruh besar yang terjadi secara keseluruhan, yang bisa disebut sebagai perubahan besar. Misalnya yaitu perubahan dari bentuk sistem sosial prihal agraris ke sistem industri.

Namun, ada pula perubahan yang hanya dilakukan oleh individu dan kelompok orang saja, yang bisa disebut sebagai perubahan kecil. Misalnya yaitu perubahan gaya berpakaian dan gaya rambut yang senantiasa mengikuti tren atau perkembangan mode. Yang pastinya semuanya bagian daripada proses terjadinya perubahan sosial ini sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan Besar

Perubahan besar adalah bagian daripada adanya perubahan sosial yang menyangkut unsur-unsur struktur sosial yang memberikan pengaruh besar pada masyarakat, sehingga apabila unsur dalam terjadinya fungsi struktur sosial tersebut berubah terlalu drastis, akan menimbulkan perubahan reaksi dan pertentangan dari masyarakat itu sendiri.

Sehingga dengan kata lain, suatu perubahan sosial dikatakan sebagai perubahan besar jika perubahan tersebut berakibat pada terjadinya perubahan pada struktur kemasyarakatan, hubungan kerja, sistem mata pencaharian, dan stratifikasi dalam masyarakat.

Contoh Perubahan Besar

Contoh adanya bagian daripada perubahan sosial besar di masyarakat, diantaranya:

  1. Perubahan cara bertani

Pada zaman dahulu, kegiatan bertani diakui ataupun tidak masih dilakukan secara sederhana dan manual. Mulai dari proses menyemai padi, mananam padi, perawatan padi hingga pemanenannya dilakukan secara tradisional dengan mengandalkan tenaga manusia.

Akan tetapi, saat ini seiring kecanggihan teknologi, kegiatan bertani bisa menggunakan mesin otomatis yang membuat proses bercocok tanam lebih cepat. Meskipun demikian, masih ada sebagian masyarakat desa yang menolak perubahan cara bertani tersebut. Salah satu kendalanya adalah biaya yang dibutuhkan untuk membeli mesin otomatis cukup banyak karena harganya mahal.

  1. Perubahan kurikulum pembelajaran

Perubahan kurikulum dalam media pembelajaran termasuk bagian daripada adanya contoh perubahan sosial berdampak besar karena perubahan kurikulum berlaku secara nasional dan wajib diikuti oleh semua sekolah yang ada di suatu negara.

Misalnya di Indonesia sendiri pernah menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kemudian diganti menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan diganti lagi menjadi Kurikulum 2013 atau K-13.

  1. Perubahan sistem pembelajaran

COVID-19 bukan hanya menyebabkan perubahan kecil pada kebiasaan masyarakat sehari-hari dalam menjaga kesehatan, tapi ternyata juga membawa pengaruh besar terhadap sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka, kini harus dilakukan secara daring atau online dengan menggunakan video telekonferensi seperti Zoom, Google Meet, dan berbagai media lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran jarak jauh.

  1. Perubahan akibat industrialisasi

Perubahan yang diakibatkan oleh terjadinya industrialisasi termasuk contoh perubahan besar. Industrialisasi itu sendiri bisa diartikan sebagai proses di mana suatu sistem ekonomi berubah dari sistem ekonomi agraris atau pertanian menjadi sistem ekonomi yang didasarkan pada pembuatan barang.

Industrialisasi dicirikan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu pertumbuhan ekonomi, pembagian kerja yang lebih efisien, dan penggunaan inovasi teknologi untuk memecahkan masalah yang di luar kendali manusia.

  1. Perubahan teknologi transportasi

Teknologi transportasi berubah seiring perkembangan teknologi itu sendiri. Perkembangan teknologi transportasi tersebut diharapkan dapat membawa dampak positif dari segi efektivitas dan efisiensi sesuai dengan kebutuhan manusia untuk melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lain, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara.

  1. Perubahan sistem pemerintahan

Perubahan sistem pemerintahan termasuk contoh perubahan besar karena itu berlaku untuk satu negara tertentu. Di Indonesia sendiri, sistem pemerintahannya telah berganti beberapa kali, misalnya sistem pemerintahan pada masa orde lama, masa orde baru dan masa reformasi, yang masing-masing masa tersebut memiliki kebijakan yang berbeda-beda satu sama lain dalam berbagai bidang kehidupan.

  1. Perubahan kepala negara

Ketika kepala negara berganti, maka visi-misi yang dimiliki untuk kepentingan rakyatnya juga akan berbeda-beda satu sama lain.

Cara memimpinnya pun juga akan berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, kepala negara di jabat oleh seorang presiden yang dibantu oleh wakilnya beserta para menteri yang memiliki tanggung jawab di bidang masing-masing. Setiap 5 tahun sekali, diadakan pemilihan umum (pemilu) untuk memilih kepala negara yang baru.

  1. Perubahan akibat pembentukan peraturan baru

Perubahan akibat pembentukan peraturan baru termasuk contoh perubahan besar karena peraturan tersebut biasanya diberlakukan untuk semua orang yang tinggal di suatu daerah atau negara. Perubahan tersebut juga tidak serta-merta terjadi begitu saja, tapi melewati proses sosial dan interaksi sosial yang panjang dan kesepakatan dari banyak pihak yang berwenang.

  1. Perubahan Besar di Era Digital

Wujud adanya perubahan besar di era digital saat ini bisa menelisik lebih dalam tentang keberadaan dompet digital sebagai bagian daripada adanya transformasi sistem keuangan yang dilakukan oleh individu dan kelompok. Terlebih lagi hadirnya PayPal yang notabene sebagai aplikasi penghubung antar masyarakat yang bertransaksi dengan dolar Amerika Serikat sebagai acuannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa adanya perubahan sosial dianggap sebagai cara interaksi manusia, hubungan, pola perilaku, dan norma budaya yang berubah dari waktu ke waktu. Perubahan-perubahan tersebut pada akhirnya mengubah adanya lembaga, konsep, dan aturan sosial-budaya, yang pasti akan berdampak pada masyarakat dalam jangka panjang.

Namun yang pastinya, perubahan dimulai dengan bagaimana dan kapan kita berinteraksi dengan orang lain dan biasanya diilhami oleh gerakan ideologis, politik, dan ekonomi. Perubahan sosial biasanya dimulai dari bawah dan berlanjut ke atas, pertama ke masyarakat dalam skala massal, dan akhirnya, pembuat undang-undang, serta orang-orang yang berkuasa. Tapi, terkadang perubahan bisa bergerak dari atas ke bawah, seperti saat ada pemimpin baru yang menjabat.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh perubahan sosial berpengaruh besar yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.