4 Contoh Pembangunan Berwawasan Lingkungan di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan berwawasan lingkungan yang lengkap disebut dengan pembangunan berwawasan lingkungan hidup artinya adalah proses jalannya pembangunann yang berupaya untuk mempertimbangkan bermacam-macam segi kehidupan tanpa menyebabkan terjadinya pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. Baik lingkungan fisik maupun non fisik.

Sehingga proses jalannya pembangunan ini haruslah mencerminkan contoh sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial sebagai upaya mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik bagi setiap warga negara, untuk saat ini dan untuk generasi yang akan datang.

Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan berwawasan lingkungan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sustainable development pada hakekatnya ialah usaha untuk meningkatkan kualitas hidup manusia secara bertahap dengan tetap memerhatikan faktor lingkungan yang sehat dan tindak sehat.

Sehingga prihal ini manfaatnya mampu dirasakan sampai generasi mendatang tanpa merusak untuk tujuan memaksimalkan potensi yang ada.

Contoh Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Adapun untuk contoh penerapan adanya proses jalannya pembangunan berwawasan lingkungan. Misalnya saja;

  1. Pembangunan Taman Mangrove

Adanya beragam daerah terutama yang berada di pesisir pantai untuk membuka taman wisata Mangrove bisa dikatakan bagian daripada contoh penerapan pembangunan berwawasan lingkungan. Alasannya karena selain memberikan dampak pada bidang perekonomian juga mampu mencegah adanya abrasi pantai.

Untuk contohnya di Indonesia sendiri misalnya Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Setalah yang tersedia Taman Mangrove Sebalang atau di Pulau Jawa ada Wisata Edukasi Magrove Tuban.

  1. Pembangunan PLTS

Adanya PLTS atau yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dibagun di berbagai daerah Indonesia sejatinya bagian daripada proses pembangunan dengan berwawasan lingkungan, alasannya ialah dengan maksimalkan cahaya matahari sebagai benda ekonomi illith untuk kemaslahatan masyarakat.

Contohnya saja seperti adanya Pembangkit Listrik Tenaga Air Cirata yang ada di Kecamatan Cipeundeuy, Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Cianjur.

  1. Pembuatan MRT

Pembangunan MRT yang dikenal dengan Moda Raya Terpadu Jakarta menjadi salah satu bagian daripada contoh pembangunan berwawasan lingkungan.

Alasannya lantaran sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta ini diharapkan mampu mengurangi adanya emisi karbon sehingga kedepannya masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas umum untuk mencegah terjadi perubahan Iklim.

  1. Pembangunan Hotel

Banyak daerah-daerah di Indonesia utamanya yang menjadi pusat tempat wisata melakukan pembangunan hotel dengan memperhatikan lingkungan.

Disisi lainnya sistem sosial pengawasan juga dilakukan oleh AMDAL dalam memberikan izinya, sehingga konsep pembangunan hotel yang berwawasan lingkungan misalnya saja dilakukan dengan tidak merusak siklus hidrolosi maupun menebang magrove sebagai tempat pencegahan abrasi pantai.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa sejatinya konsep pembangunann berwawasan lingkungan ialah upaya pembangunan berkelanjutan yang berupaya mengoptimalkan manfaat SDA dan SDM dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.

Dimana khususnya pembangunan berwawasan lingkungan dapat diimplementasikan dengan upaya-upaya seperti reboisasi, menanam seribu pohon dan gerakan bersih lingkungan. Akan tetapi, upaya tersebut seringkali juga banyak mengalami kendala, misalnya ketidakseimbangan antara jumlah pohon yang ditanam dan yang dieksploitasi

Nah, itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya penerapan pembangunan berwawasan lingkungan di masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan bag kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.