Pengertian Benda Illith, Ciri, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Benda Illith

Disekitar kita banyak jenis benda yang memiliki beragam manfaat sesuai dengan pemenuhan dalam arti kebutuhan kita. Salah satu barang yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah barang illith. Barang ini sendiri sejatinya memiliki banyak manfaat serta memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan dan harus selalu ada setiap hari.

Barang illith memang memiliki manfaat namun disisi lainnya apabila terlalu banyak jumlahnya maka akan menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan sosial bermasyarakat. Contohnya saja seperti air yang dibutuhkan jikalau sesuai takaran namun akan menjadi bagian daripada bencana alam banjir jikalau lebih daripada apa yang diharapkan.

Benda Illith

Benda illith sejatinya dapat dengan mudah kita jumpai tapi ketika tidak ada sama sekali maka akan menyulitkan segala kegiatan sosial dan aktivitas kita. Mulai dari pemenuhan kebutuhan pokok berupa mandi, makan, dan minum.

Bahkan ketika jumlahnya terlalu banyak maka akan merusak apapun yang ada disekitarnya dengan caranya masing-masing.

Pengertian benda Illith

Benda illith adalah sebuah benda yang memiliki manfaat ketika jumlahnya sesuai dengan kebutuhannya, apabila berlebih maka akan menyebabkan bencana, sehingga barang illith ini sendiri dapat memenuhi berbagai kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kebutuhan yang mendasar.

Pengertian Benda Illith Menurut Para Ahli

Adapun definisi benda illith menurut para ahli, antara lain;

  1. CR Asmarani, Benda illith adalah bagian daripada alat pemuas kebutuhan yang dilihat dari proses mendapatkannya dengan jumlah yang tidak terbatas sehingga cenderung dapat merugikan manusia jikalau melebihi apa yang dibutuhkannya.

Ciri Benda Illith

Adapun karakteristik yang menjadi bagian daripada ciri khas benda illith antara lain;

  1. Jumlah berlimpah akan membuat celaka

Benda ini merupakan salah satu benda yang kadang membuat manusia harus pintar menggunakannya. Benda ini dalam jumlah  banyak akan memberikan dampak yang buruk untuk kehidupan manusia, bahkan mengancam kehidupan manusia.

  1. Jumlah langka akan membuat sengsara

Ketika barang ini langka maka orang-orang akan merasa kesulitan. Bahkan menjadi salah satu bahan utama untuk bertahan hidup. Barang ini juga menjadi kebutuhan yang mendasar bagi manusia. Ketika jumlahnya terlalu sedikit akan menganggu keberlangsungan hidup masyarakat baik secara langsung atau tidak langsung.

  1. Berasal dari alam

Rata-rata semua benda ilith merupakan benda yang berasal dari alam. Benda yang berasal dari alam ini cenderung benda yang tidak gampang habis. Benda yang memang  dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan kita. Benda ini sudah ada sejak dahulu dan akan selalu ada selama masih ada kehidupan.

Dampak Benda Illtih

Akibat adanya benda illith yang berlebihan memberikan beberapa akibat, antara lain;

  1. Kedinginan

Salah satu benda yang dapat menghangatkan tubuh ketika berada di alam yang bebas adalah api. Api sumber panas yang dapat meningkatkan suhu tubuh manusia. Api apabila tidak dapat dibuat ketika kondisi di alam bebas maka akan ada dampak yang buruk yaitu kedinginan. Kedinginan juga dapat menyebabkan kematian pada titik tertentu tergantung pada kondisi tubuh masing-masing individu.

  1. Kekeringan

Jumlah air yang terlalu sedikit juga memberikan dampak buruk bagi manusia. Salah satu contohnya adalah kekeringan. Banyak daerah yang kesulitan mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini membuat manusia harus merasakan dampaknya ketika benda illith berupa air yang tersedia terlalu sedikit, bahkan ada yang tidak dapat menikmati air bersih.

  1. Banjir

Salah satu dampak illtih yang berjumlah terlalu banyak adalah banjir. Benda illith yang dimaksud adalah air. Air yang memiliki jumlah yang berlebihan akan menyusahkan manusia. Manusia akan merasakan sebuah bencana bahkan akan terdapat beberapa korban jiwa dalam kejadian ini. Banjir juga meninggalkan trauma kepada beberapa orang yang merasa tidak nyaman.

  1. Kebakaran

Salah satu dampak dari barang illith yang berlebihan adalah kebakaran. Kebakaran ini terjadi akibat adanya jumlah api yang terlalu besar dan membakar barang-barang yang ada disekitarnya. Kebakaran bahkan akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Baik secara material atau psikologis orang yang berada di lingkungan tersebut.

  1. Pemanasan global

Panas matahari merupakan sumber energi utama yang ada di bumi. Jumlahnya tidak terbatas dan tidak akan habis. Panas matahari yang berlebihan akan mengakibatkan dampak yang cukup serius untuk masyarakat terkait kondisi lingkungan.

Pemanasan global akan menimbulkan dampak baru berupa sering terjadi banjir, permukaan air laut naik, es di kutub mencair, dan lain-lain.

  1. Angin puting beliung

Udara salah satu jenis barang yang tidak akan bisa habis namun ketika berlebihan akan menimbulkan permasalahan.

Salah satu masalah yang ditimbulkan adalah angin puting beliung. Angin puting beliung merupakan angin yang berbentuk memutar apabila menerjang benda apapun pasti akan terbawa dan membahayakan nyawa manusia yang ada di sekitar tempat kejadian.

  1. Angin topan

Ini menjadi salah satu masalah yang ditimbulkan ketika terlalu banyak angin. Angin topan memiliki dampak yang sama dengan angin puting beliung. Hanya banyak istilah angin yang berbentuk silinder yang membahayakan banyak orang dan sudah menjadi fenomena alam yang serimg terjadi.

  1. Sesak nafas

Jumlah udara yang terbatas ketika masuk dalam tubuh memberikan dampak yang buruk pada kesehataan manusia. Hal ini berkaitan dengan saluran pernafasan. Jumlah udara yang terbatas membuat seseorang sulit bernafas atau disebut sesak nafas.

Beberapa orang juga mengalami gagal nafas karena ada kesalahan dalam saluran pernafasannya. Kekurangan udara membuat seseorang merasa kesulitan.

Contoh Benda Illith

Adapun untuk contoh adanya benda yang termasuk illith antara lain;

  1. Air

Air menjadi kebutuhan utama manusia. Ketika jumlah air terlalu banyak dapat menyebabkan banjir, tsunami, dan tanah longsor. Bencana tersebut dapat menyebabkan kerugian yang besar. Apabila jumlah air terlalu sedikit manusia juga merasa kebingungan misal pada saat kekeringan di musim kemarau.

  1. Api

Manfaat keberadaan api yang dapat dirasakan tidak diragukan lagi. Manusia menggunakan api untuk menghangatkan tubuh, memasak, dan alat penerangan dibeberapa daerah yang belum memiliki akses listrik. Api yang terlalu besar dapat menyebabkan kebakaran dan kerusakan yang besar. Kerugian yang dirasakan tentu akan sangat besar.

  1. Sinar matahari

Cahaya dan panas matahari memiliki peran penting bagi manusia. Manusia memanfaatkan sumber energi ini untuk berbagai kegiatan. Seiring berjalannya waktu keadaan alam berubah sesuai dengan perbuatan manusia. Sumber energi ini akan membahayakan manusia apabila jumlah yang sampai ke bumi terlalu banyak.

Sinar matahari ini berpengaruh pada tingkat suhu bumi. Suhu bumi yang terlalu panas akan menimbulkan permasalahan pemanasan global.

  1. Udara

Manusia dapt merasakan udara namun tidak dapat melihat wujudnya. Udara memberikan tambahan penyejuk bagi manusia.

Udara juga banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi manusia. Udara yang terlalu besar dapat menyebabkan bencana yang biasa kita sebut dengan angin, macam-macam angin yang membahayakan memiliki banyak jenis dan terjadi pada daerah-daerah tertentu.

  1. Oksigen

Manusia dalam bernafas membutuhkan oksigen. Oksigen manjadi hal yang utama agar manusia dapat bertahan hidup.

Jumlah oksigen yang masuk melalui saluran pernafasan sudah memiliki ukuran yang pas. Ketika manusia mengalami gangguan pernafasan maka jumlah oksigen yang terlalu sedikit atau terlalu banyak akan menyebabkan dampak yang fatal pada diri seseorang.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian benda illith menurut para ahli, ciri, dampak, dan contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasaan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.