7 Contoh Budaya Positif di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Budaya Positif

Budaya dalam Bahasa Inggris dikenal dengan culture menjadi serangkaian tingkah laku di masyarakat yang diamamalkan menjadi rutinitas maupun kebiasaan sehingga diturunkan dari generasi satu ke generasi lainnya. Prihal ini secara global budaya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu budaya barat dan budaya timur.

Dimana khususnya penerapannya di Indonesia masyarakat menyebutnya sebagai budaya timur, alasannya karena beragam contoh penerapan budaya timur memberikan pengaruh besar bagi agama, sistem sosial pengatahuan, kesehatan, ekonomi, dan lainnya.

Budaya Positif

Arti budaya positif bisa dikatakan sebagai implementasi penerapan kebiasaan yang dilakukan masyarakat dalam keseharian sehingga memberikan dampak baik bagi kehidupan lainnya. Disinilah yang setidaknya perlu ditekankan bahwa semua sifat kebudayaan bermakna positif asalkan ditempatkan dimana individu dan kelompok tinggal.

Contoh Budaya Positif

Adapun untuk contoh adanya penerapan kebudayaan positif di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Demokrasi

Budaya positif dari negara maju yang dapat ditiru oleh masyarakat Indonesia terkait dengan penjalanan sistem pemerintahan dengan melakukan demokasi untuk keadilan. Sebagimana arti demokrasi sendiri ialah dari rakyat untuk rakyat. Adapun jikalau dilihat dari konsep pemerintahan ini berasal dari negara Amerika Serikat.

  1. Disiplin

Disiplin banyak yang mengatakan bagian daripada budaya positif dalam menjalani kehidupan. Penerapan keseharian yang cukup bagus terkait budaya ini bisa melihat masyarakat Jepang yang notabene sebagai masyarakat dengan sikap disiplin yang tinggi.

  1. Kesehatan

Prihal kesehatan setidaknya ada budaya positif yang bisa mempengaruhinya. Misalnya saja seseorang beragama Islam yang diwajibkan untuk menjalankan sembahyang maupun sholat. Sholat sebagai bagian daripada ritual ibadah sangat baik bagi kesehatan, karena gerak sholat menurut sejumlah penelitian mampu membuat beberapa sendi otot bergerak dengan maksimal.

  1. Keramahan

Lain halnya dengan sikap kepedulian kepada sesama Indonesia memiliki budaya yang positif yaitu memiliki sikap keramahtamahan yang tinggi pada orang lain, disinilah setidaknya yang pautut untuk dijaga dan dilestarikan alasannya karena setiap manusia yang hidup membutuhkan bantuan dari orang lain.

  1. Kepedulian

Penerapan atas nilai budaya positif lainnya ialah sikap kedermawanan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia ketika ada sesama bangsa ataupun bangsa lain terkena musibah masyarakatnya saling simpati dan emapati dalam memberikan bantuan pada pihak yang membutuhkan.

Tak khayal akibat realitas sosial seperti ini Indonesia menjadi peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia berdasarkan penilaian Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021.

  1. Kejujuruan

Penerapan budaya positif di sekolah, masyarakat, dan keluarga yang patut dilakukan ialah penerapan kejujuran. Prihal ini alasannya karena kejujuruan berdampak pada sikap optimis yang baik dalam melakukan segala sesuatu tanpa ada rasa ragu yang akan menghambat setiap perbuatan. Contohnya saja ketika di sekolah saat ujian jujur pada diri sendiri dengan tindak menyontek hasil pengerjaan teman.

  1. Batik

Pemakaian batik di Indonesia bagian daripada penerapan atas seni yang menjadi bentuk pengekspresian diri dan emosi yang bisa dinikmati dan dirasakan oleh banyak orang. Batik dalam hal inilah bagian daripada budaya positif dalam menjaga kekayaan masyarakat.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh penerapan sikap budaya positif di masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.