Contoh Kebudayaan Material dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Kebudayaan Material Adalah

Budaya material pada hakekatnya lebih mengacu pada potongan fisik yang membentuk suatu unsur budaya. Adapun unsur budaya material terdiri dari hal-hal yang diciptakan oleh manusia  itu sendiri, baik secara modern ataupun dibentuk dengan cara tradisional.

Oleh karena itulah material budaya adalah seperangkat nilai sosial, norma sosial, dan kepercayaan yang dianut masyarakat dalam lingkungan sosial sekitar. Hal ini tentusaja sangat wajar, mengingkat kadangka kita percaya bahwa tindakan dengan berhenti di lampu merah saat mengemudi di jalan raya adalah tindakan benar. Sebaliknya jikalau tidak berhenti merupakan penyimpangan. Kepercayaan tersebut merupakan bentuk kebudayaan bersifat material.

Kebudayaan Material

Budaya material adalah budaya yang mengacu pada objek fisik, sumber daya, dan ruang yang digunakan orang untuk mendefinisikan sifat kebudayaan. Termasuk berbagai prilaku di rumah, lingkungan, kota, sekolah, gereja, sinagog, kuil, masjid, kantor, pabrik, alat produksi, barang dan produk, toko, dan sebagainya.

Contoh Kebudayaan Material

Adapun untuk berbagai contoh budaya material, diantaraya yaitu;

  1. Monumen

Monumen adalah jenis bangunan yang secara eksplisit dibuat untuk memperingati seseorang atau peristiwa, atau yang telah menjadi relevan bagi suatu bentuk kelompok sosial sebagai bagian dari ingatan mereka akan zaman bersejarah atau warisan budaya, karena artistik, sejarah, politik, teknis atau kepentingan arsitekturnya.

  1. Ornamen

Dalam seni arsitektur dan dekoratif, ornamen adalah dekorasi yang digunakan untuk memperindah bagian suatu bangunan atau benda.

Elemen figuratif besar seperti patung monumental dan padanannya dalam seni dekoratif dikecualikan dari istilah kebanyakan ornamen tidak termasuk figur manusia, dan jika ada ornamen tersebut berukuran kecil dibandingkan dengan skala keseluruhan.

Ornamen arsitektural bisa diukir dari kayu, batu, atau logam mulia, yang dibentuk dengan plester atau tanah liat, atau dilukis atau diberi kesan pada permukaan tertentu sebagai ornamen terapan; dalam seni terapan lainnya, bahan utama dari benda tersebut, atau bahan lain seperti cat atau enamel kaca dapat digunakan.

  1. Bangunan

Bangunan adalah suatu struktur dengan atap dan dinding yang berdiri secara permanen di satu tempat, seperti rumah atau pabrik.

Bangunan hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan fungsi, dan telah diadaptasi sepanjang sejarah untuk berbagai faktor, dari bahan bangunan yang tersedia, hingga kondisi cuaca, harga tanah, kondisi tanah, penggunaan khusus, dan alasan estetika.

  1. Pakaian

Pakaian adalah barang yang dikenakan di tubuh. Pakaian biasanya terbuat dari kain atau tekstil tetapi seiring waktu telah mencakup pakaian yang terbuat dari kulit binatang atau lembaran bahan tipis lainnya yang disatukan.

Pemakaian pakaian sebagian besar terbatas pada manusia dan merupakan ciri dari semua masyarakat manusia. Jumlah dan jenis pakaian yang dikenakan bergantung pada jenis kelamin, tipe tubuh, sosial, dan pertimbangan geografis.

  1. Gambar religius

Gambar religius, kadang-kadang disebut gambar nazar, adalah karya seni visual yang representasional dan memiliki tujuan, subjek, atau koneksi religius. Semua agama besar dalam sejarah telah menggunakan beberapa gambar religius, meskipun penggunaannya dikontrol dengan ketat dan seringkali kontroversial di banyak agama, terutama agama-agama Abrahamik.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa berbagai contoh budaya material adalah objek fisik yang diciptakan masyarakat yang mempengaruhi cara hidup manusia dalam menjaga keteraturan sosial dan warisan yang diberikan. Adapun aspek fisik dari suatu budaya membantu untuk menentukan perilaku dan persepsi anggotanya.

Untuk contoh kongritnya teknologi adalah aspek penting dari budaya material di Amerika Serikat saat ini. Dimana mahasiswa Amerika harus belajar menggunakan komputer untuk bertahan hidup di perguruan tinggi dan bisnis, berbeda dengan orang dewasa muda di masyarakat Yanomamo di Amazon yang harus belajar membuat senjata dan berburu.

Disisnilah setidaknya, objek kajian sosiologi menggambarkan dua aspek budaya manusia yang saling terkait, yaitu: objek fisik budaya dan ide yang terkait dengan objek tersebut.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *