5 Contoh Hiperrealitas, Simulasi, dan Simulacra

Diposting pada

Contoh Hiperrealitas, Simulasi, dan Simulacra

Objek kajian sosiologi khususnya sosiologi ekonomi kerapkali kita mengenal teori perilaku konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Paul Baudrillard. Dimana beliau ini sendiri mafhum dengan peristilahan tentang penggabaran konsumsi simbol dimana setiap individu dan kelompok mengkonsumsi barang-jasa dengan pertimbangan mengutamakan simbol bermerek.

Hingga akhirnya melahirkan realitas sosial berupa hiperrealitas, simulasi, dan simulacra. Dimana kesemuanya ini berhubungan dengan kegiatan industri primer, sekunder, dan tersier.

Hiperrealitas, Simulasi, dan Simulacra

Definisi atas ketika istilah ini. Yaitu;

  1. Hiperrealitas

Hiperrealitas adalah segala sesuatu yang bersifat melampui kenyataan atas pemikiran seseorang sehingga menimbulkan kebohongan yang dibawa simulakra, khususnya terkait penjelasan antara yang palsu lebih indah dari yang asli.

  1. Simulasi

Smulasi adalah rangkaian bentuk tiruan yang mirip dengan sesungguhnya sehingga penggunaan peristilahan ini kerapkali duplikasi dan asli menjadi kabur yang artinya semuanya berbentuk dalam hubungan sosial yang sama seperti sesungguhnya.

  1. Simulacra

Simulacra adalah bagian instrumen fenomena sosial yang mampu merubah abstrak menjadi kongkret sehingga setiap seseorang yang melihatnya seolah-olah menjadi kenyataan padahal fakta sosialnya belum tentusaja semuanya terwujud.

Contoh Hiperrealitas, Simulasi, dan Simulacra

Adapun untuk contoh adanya kasus yang menggambarakan tentang adanya hiperrealitas, simulasi, dan simulacra. Antara lain;

  1. Contoh Hiperrealitas

Misalnya saja;

Adanya seorang laki-laki yang mepakai merek parfum tertentu dimana dalam hal ini seorang gadis akan mengikuti karena merek parmfum yang dipergunakan. Sehingga kerapkali dalam dunia periklanan kondisi tersebut digambarkan sebagai hiperealitas.

  1. Contoh Simulasi

Yaitu;

  1. Adanya simulasi yang dilakukan oleh Pemadam Kebakaran terkait dengan latihan yang dijalankan dengan membuat api dari dedaunan
  2. Adanya militer yang melakuan simulasi peperangan
  3. Hadirnya akun demo dalam aplikasi Octafx untuk para pemaian trender pemula sebagai bahan perocobaan
  1. Contoh Simulacra

Misalnya saja;

Adanya flim kartun spongebob square pants yang digambarkan berbalikan yaitu seolah-solah seseorang yang melihatnya benar-bener ada kehidupan di bawah laut. Padahal sejatinya periwitiwa tersebut merupakan perwujutan yang ambigunitas.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh hiperrealitas, simulasi, dan simulacra di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.