5 Contoh Kegiatan Ekonomi Lokal di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Ekonomi Lokal

Akhir-akhir ini diakui ataupun tidak kegiatan pengembangan ekonomi lokal di masyarakat sangatlah gencar dilakukan oleh beragam institusi pemerintahan ataupun perusahaan. Baik yang berhubungan dengan pemberdayaan industri primer, sekunder, maupun tersier.

Namun yang pasti, adanya proses pemberdayaan masyarakat yang mengangkat ekonomi lokal ini menjadi salah satu solusi dalam mengatasi beragam jenis pengangguran. Contohnya saja pengembangan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah dengan Batik.

Ekonomi Lokal

Ekonomi lokal adalah serangkaian pengembangan industri kerajinan berbasis ilmu pengetahuan lokal yang memiliki nilai sosial dan norma sosial terkait dengan unsur kebudayaan dan kekayaan sumber daya alam sehingga menjadi kerajinan alternatif dalam perbaikan ekonomi guna mengatasi beragam contoh permasalahan sosial yang ada.

Contoh Ekonomi Lokal

Adapun untuk beragam contoh adanya penerapan kegiatan ekonomi lokal di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Batik

Kegiatan pemberdayaan ekonomi lokal bisa mengambil contoh kasusnya di Jawa Tengah, khususnya di Kota Surakarta dengan beragam karya batik modern maupun tradisional. Dimana dalam hal inilah proses penjalannya dilakukan sebagai lembaga mediasi yang mengantarai unit usaha dengan sentra dan pasar agar para pengerajin dalam lebih mandiri dalam proses penjualannya.

  1. Keripik Singkong

Kasus adanya pengembangan ekonomi lokal lainnya misalnya saja adanya industri pembuatan keripik singkong yang dilakukan oleh pemerintah di Provinsi Lampung dengan membangun dan mengembangkan Gang PU sebagai usaha kuliner dengan menjual beragam jenis rasa keripik singkong.

  1. Perayaan Imlek di Pontianak

Lain halnya dengan ekonomi kreatif berbasis budaya lokal yang bergubungan dengan kegamaan. Dimana kasusnya seperti yang ada di Pontianak dalam menjadikan wilayahnya sebagai pontensi wisatawan dalam melihat keberagaman di Indonesia.

  1. Pembuatan Ekowisata di Daerah Pesisir

Pembuatan ekowisata yang dalam hal ini diartikan sebagai upaya konservasi di wilayah pesisir dengan mempergunakan komunitas sekaligus menjadi bagian daripada gaya hidup berkelanjutan. Adanya wisata berbasis ekowisata khususnya hutan magrove ini menjadi bagian penting dari adanya pengembangan masyarakat untuk sadar dala menjaga lingkungannya.

  1. Pempek Palembang

Usaha kreatif berbasis ekonomi lokal lainnya ialah pengembangan usaha pempek sebagai makanan daerah di Provinsi Sumantera Selatan. Khusus hal ini bisa dijalankan dengan membangun digialisasi pada proses pendistribusi penjualan sekaligus memberikan peyuluhan agar lebih higenis sehingga bisa diterapkan oleh semua pihak.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh ekonomi lokal di masyarakat yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.