Pengertian Pengembangan Masyarakat, Prinsip, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Pengembangan Masyarakat

Definisi masyarakat sejatinya merupakan komponen yang paling penting dalam kehidupan suatu bangsa. Kita tahu kuantitas masyarakat Indonesia terus bertambah bahkan pertambahanya sangat banyak. Pertambahan pertumbuhan penduduk tersebut harus diiringi dengan peningkatan kualitas masyarakat.

Peningkatan kualitas masyarakat dapat dilakukan dengan cara pengembangan masyarakat. Dimana prosesi terjadinya pengembangan masyarakat berhubunga erat dengan aktivitas setiap kelompok sosial dalam melakukan pemberdayaan agar setiap orang bisa mandiri.

Pengembangan Masyarakat

Masyarakat setiap tahunya pasti akan mengalami pertumbuhan atau pertambahan jumlah penduduk. Hal tersebut wajar terjadi pada setiap waktu dan perubahan zaman. Banyak hal yang terkait dengan pengembangan ini.

Tahap perkembangan masyarakat dalam sejarahnya pertama kali ada di negara Amerika pada tahun 1865 sampai dengan 1914 periode ini dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama aktivitas yang dilakukan oleh individu dan kedua dilakukan oleh organisasi sosial kemasyarakatan.

Aktivitas individu dapat berkaitan dengan kesejahteraan sosial dan hal-hal lain yang bergerak di bidang sosial ekonomi bagi beberapa kelompok sosial. Organisasi masyarakat yang dimaksud dapat berupa kelompok politik, kelompok rasial, dan beberapa kelompok lainnya.

Pengertian Pengembangan Mayarakat

Pengembangan masyarakat adalah suatu proses dalam menguatkan masyarakat dengan cara yang aktif dan berkelanjutan berdasarkan prinsip yang berlaku. Prinsip yang digunakan antara lain prinsip keadilan sosial, partisipasi, dan kerjasama yang setara.

Nilai sosial yang dikembangkan dalam masyarakat adalah nilai-nilai keadilan, kesetaraan, kesempatan, partisipasi, pilihan, akuntanbilitas,  kerjasama, dan proses belajar yang berkelanjutan. Berdasarkan nilai tersebut dapat membantu lebih mudah dalam mengembangkan usaha.

Tahapan dalam pengembangan masyarakat adalah penilaian, rencana tindakan, tindakan, dan pelepasan. Penilaian yang dimaksud ialah hal-hal yang mungkin dilakukan oleh seseorang. pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari beberapa ciri.

Pengertian Pengambangan Masyarakat Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli terkait dengan pengertian pengembangan masyarakat menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Robinson

Pengembangan masyarakat adalah suatu proses yang dilakukan secara pribadi dan sosial untuk senantiasa berkaitan dengan pembebasan kemampuan, kreatifitas, kebebasan bertindak, dan kemampuan pribadi. Pengembangan ini salah satu upaya untuk pemberdayaan masyarakat.

  1. Payne

Pengembangan masyarakat adalah kegiatan yang bertujuan untuk membantu klien mendapatkan daya, kekuatan, dan kemampuan. Hal tersebut untuk mengambil keputusan dan bentuk tindakan sosial yang akan dilakukan dan berhubungan dengan klien.

Pengembangan ini juga dilakukan untuk mengurangi segala kendala secara pribadi atau sosial dalam melakukan tindakan. Keberhasilan secara kolektif merupakan tujuan utama yang berdasarkan kemampuan dari masyarakat.

Ciri Pengembangan Masyarakat

Ciri yang menggambarkan pengembangan masyarakat dilihat dari sisi pemimpin, dari sisi organisasi, dari pemilik dana antara lain;

  1. Penguasaan pengetahuan
  2. Teknologi
  3. Potensi yang dimiliki oleh suatu daerah

Prinsip Pengembangan Masyarakat

Sedangkan untuk prinsip-prinsip yang menjelaskan dalam pengembangan masyarakat, dinataranya;

  1. Pengembangan Terpadu

Pengembangan yang dilakukan harus terpadu antar beberapa komponen. Komponen yang dimaksud ialah semua anggota masyarakat. Baik yang di bidang keuangan, bidang organisasi, teknologi, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan lembaga lainnya yang saling berkaitan.

  1. Menghargai Hak Asasi Manusia

Pengembangan masyarakat diharapkan tetap menghargai hak asasi manusia. Setiap orang memiliki hak tersebut dan akan selalu menjunjung tinggi hak asasi manusia. Manusia akan terus berkembang dan mengikuti pembangunan yang ada, tetapi hak asasi manusia adalah yang utama.

  1. Pemberdayaan

Melakukan kegiatan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat tersebut diharapkan dapat membuat seseorang terus melakukan kegiatan yang ada. Dengan mengikuti kegiatan tersebut akan terus mengembangkan kemampuan masing-masing individu.

  1. Peningkatan Kesadaran pada Hubungan Interaksi antara Individu dengan Proses Politik

Kepentingan politik tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari. Hal ini harus diketahui masyarakata secara luas. Ketika masyarakat sudah mengetahui hal ini maka kesadaran aka kekuatan politik di lingkungan sosial kita dapat dipahami dengan baik.

  1. Basis Kepemilikan dan Peningkatan Rasa Memiliki

Pengembangan masyarakat akan membuat seseorang lebih mengetahui batas-batas dalam lingkungan sosial. Mereka yang mengetahui hal tersebut akan lebih paham dan mengerti dengan baik semua itu. Ketika masyarakat merasa ikut andil dalam sebuah kegiatan maka dapat dikatakan dapat meningkatkan rasa memiliki yang ada di lingkungan masyarakat.

  1. Kemandirian

Meningkatkan kemandirian kepada masyarakat dengan cara melakukan program pengembangan. Program ini sendiri akan senantiasa diberikan kepada seluruh anggota masyarakat agar sama-sama merasakan untuk memajukan daerah sendiri.

  1. Independensi

Dalam pengembangan masyarakat tidak diikuti dengan embel-embel apapun. Tentusaja kondisi mencerminkan bahwa segala kegiatan tidak ditunggangi oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan dalam sebuah program tertentu. Independensi merpupakan hal yang pokok.

  1. Pendekatan Pembangunan yang organik

Pembangunan yang dilakukan bukan pembangunan yang tanpa direncanakan, malainkan dengan segala rencana yang matang. Perencanaan yang tepat akan membuat semua pengembangan dengan cara pembangunan akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

  1. Pemilihan Ritme Pembangunan

Pimilihan waktu dalam melakukan tindakan pembangunan dalam pengembangan masyarakat merupakan hal yang penting. Harus melakukan kerjasama dengan masyarakat agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam melakukan segala tindakan. Kerjasama dan timeline yang jelas akan membuat pengembangan lebih terarah dan pembangunan dapat berjalan lancar.

  1. Pentingnya Pembangunan Komunitas

Pembangunan yang melibatkan organisasi tertentu akan mempermudah dalam melakukan tindakan untuk kepentingan bersama. Mereka yang ada dalam arti komunitas merupakan orang yang lebih memahami keadaan sekitar sehingga tindakan yang dilakukan diharapkan tidak salah sasaran.

  1. Keselarasan antara Proses dan Hasil

Setiap proses pengembangan sosial akan menghasilakan sesuatu yang sesuai dengan keinginan hal apa saja yang akan dikembangkan. Semakin banyak target yang ditetapkan maka akan semakin banyak pula hasil yang akan diperoleh.

  1. Keterpaduan Proses

Proses pengembangan yang terjadi dalam masyarakat harus berjalan satu arah dengan tujuan yang sama. Harus ada keselaran proses dalam lingkungan komunitas, keuangan, dan diimbangi dengan ilmu pengetahuan serta didukung oleh pimpinan daerah.

Keterpaduan ini akan membuat proses akan semakin cepat dan tepat, sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan.

  1. Anti Kekerasan

Segala tindakan yang dilakuakan merupakan hal-hal yang bersifat positif dan tidak memaksa. Kegiatan ini berjalan dengan cara yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat. Menginat pengembangan masyarakat memang ditujukkan untuk membuat masyarakat lebih mandiri diberbagai bidang.

  1. Pengikutsertaan

Menggunakan prinsip pengikutsertaan agar meningkatkan rasa memiliki dan persaudaraan antar aggota masyarakat. Pengembangan masyarakat akan melibatkan banyak orang yang ada di masyarakat bahkan seluruh anggota masyarakat.

  1. Kerjasama

Terdapat kerjasama antar kelompok masyarakat. Kerjasama dapat berupa kerjasama individu atau komunitas. Seperti apapun bentuk kerjasamanya akan selalu mengedepankan kepentingan bersama yang akan memupuk rasa kebersamaan antar anggota masyarakat.

  1. Hak Komunitas Mendefenisikan Kebutuhan Sendiri

Setiap komunitas dalam masyarakat memiliki hak yang sama terkait kebutuhan apa yang dibutuhkan. Melalui kepentingan komunitas ini tidak akan dipaksa sama rata antar komunitas satu dengan yang lain.

Tujuan Pengembangan Masyarakat

Adapun untuk adanya tujuan dalam pengembangan masyarakat, dinataranya;

  1. Memberdayakan individu dan kelompok

Pemberdayaan ini dapat dilakukan melalui kegiatan perorangan atau organisasi. Hal ini akan melibatkan banyak orang sehingga akan menghasilkan sesuatau yang berguna untuk kepentingan bersama. Pengembangan ini akan membentuk kebiasaan baru dari dalam masyarakat.

  1. Membangkitkan partisipasi penuh masyarakat

Partisipasi ini diharapkan pada semua bidang yang terkait. Bidang tersebut tentu membutuhkan banyak partisipasi masyarakat. Semakin banyak partisipan maka akan semakin banyak orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Manfaat yang dirasakan akan semakin banyak.

  1. Perwujudan untuk membangun diri mereka sendiri

Pengembangan masyarakat ini manfaatnya akan dirasakan sendiri oleh orang yang berperan didalamnya dan orang disekitarnya. Membangun masyarakat dengan cara melakukan untuk diri sendiri merupakan salah satu cara yang tepat.

Ketika seseorang sudah memiliki kemauan untuk membangun melalui kemampuan diri sendiri maka sudah dipastikan akan lebih mudah melakukan pengembangan.

  1. Mengintegrasikan kelompok masyarakat

Menyatukan berbagai contoh kelompok sosial satu dengan yang lain kemudian memberikan suatu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan masyarakat merupakan sesuatu yang penting. Semakin bersatu antara kelompok satu dengan yang lain maka akan semakin mudah melakukan pengembangan masyrakat.

Contoh Pengembangan Masyarakat

Sedangkan tindakan yang mencerminkan dalam pengembangan masyarakat ini. Antara lain;

  1. Bidang masyarakat

Kampung warna, kampung inggris, kampung adat, dan lain-lain. Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat daerah tertentu yang memiliki tujuan sama entah dibidang pendidikan, pariwisata, atau budaya. Adanya contoh pemberdayaan masyarakat seperti ini maka seluruh anggota masyarakat akan terlibat dan mau berusaha untuk mewujudkan cita-cita bersama untuk kesejahteraan dimasa yang akan datang.

  1. Bidang ekonomi

Kampung batik, kampung brem, dan lain-lain yang memiliki inisiani untuk mengembangkan dibidang ekonomi. Seluruh anggota masyarakat merasa semangat dan bahu menbahu untuk membuat sebauh brand tertentu yang akan menjadi pengahasilan bersama seluruh anggota masyarakat.

  1. Bidang wisata

Paguyupan yang mengelola wisata alam di berbagai daerah seperti Gunungkidul, Pacitan, Malang dan lain-lain. Pada dasarnya pengelolaan wisata alam mungkin dibawah pemerintahan daerah, namun peran masyarakat tetap menjadi sesuatu yang penting.

Masyarakat juga akan merasakan dampak dalam bidang ekonomi, apabila mau ikut serta mengelola kekayaan yang ada.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian pengembangan masyarakat menurut para ahli, ciri, prinsip, tujuan, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi bagi semua kalangan.

Daftar Sumber Tulisan
  • https://studyandlearningnow.blogspot.com/2013/01/22-prinsip-prinsip-pengembangan.html?=1
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pengembangan_masyarakat
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *