3 Ciri Pokok Suatu Metode dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Pokok Suatu Metode

Metode menjadi salah satu bahasan penting yan setidaknya haruslah diketahui oleh semua pihak, khususnya yang sedang mendalam ilmu sosial termasuk sosiologi. Prihal ini sebuah disiplin atas ilmu pengetahuan akan diakui legaliternya jikalau terdapat metodologi dalam memberikan ulasan terkait dengan beragam contoh permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Adapun disisi lainnya, khususnya pada hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan untuk jenis metode yang dipergunakan terbagi atas kualitatif dan kuantitatif. Kesemuanya memiliki karakteristik tersendiri namun yang paling ketara jikalau dalam penelitian kuantitatif terdapat analisis terkait dengan angka yang dihitung mempergunakan data statistika, sedangkan jikalau dalam penelitian kualitatif hal tersebut tidak ditemukan.

Metode

Metode pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang bermakna cara, langkah, atau jalan dalam memberikan ulasan terkait dengan topik penelitian. Sehingga prihal inilah karena pengetahuan tersebut kembang maka metode mempunyai pengertian sebagai cara kerja yang harus dilakukan untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran atas ilmu pengetahuan tertentu.

Ciri Metode

Ciri pokok suatu metode dalam pengetahuan. Antara lain;

  1. Terdapat permasalahan yang urgen untuk dikaji

Ada beragam permasalahan yang akan dikaji yang kemudian di khususnya untuk diteliti sejatinya bagian daripada metode dalam pengetahuan. Prihal ini contohnya saja menelisik lebih dalam sejarah sosiologi yang pada saat itu hadir dari adanya revolusi Perancis.

Realitas yang menggabarkan adanya revolusi Perancis inilah memberikan permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat lantaran adanya gejala sosial yang timbul di balik keberhasilannya. Sehingga topik pembahasannya khususnya untuk objek kajian sosiologi ialah masyarakat dan akibat yang ditimbulkan.

  1. Memiliki Hipotesis

Dalam penerapan metode setidaknya haruslah ada hipotesis, yaitu kesimpulan atas penemuan penelitian yang masih bersifat sementara sehingga kemudian harus dibuktikan terlebih dulu kebenarannya.

Contoh adanya hipotesis ini misalnya saja mengkaji hubungan sosial antara pengaturan kerja yang fleksibel meningkatkan kepuasan kerja?. Hipotesisnya adalah karyawan yang memiliki jam kerja fleksibel akan merasakan kepuasan kerja yang lebih besar daripada karyawan yang memiliki jam kerja tetap. Setelah diuji ternyata tidak ada hubungan antara fleksibilitas jam kerja dengan kepuasan kerja.

  1. Terdapat Usulan Terkait Proses Penyelesaian

Dalam memprediksi adanya metode diperlukan usulan terkait dengan cara kerja atau proses sosial dan interaksi sosial terkait penyelesaian permasalahan dan hipotesis yang telah ditentikan. Adapun contohnya dalam hal ini misalnya saja ketika kita sedang di bandara, secara langsung melihat sekumpulan pemuda berbadan tinggi besar sedang mengerumuni beberapa pemuda berbadan kecil dan pendek.

Pemuda berbadan tinggi tersebut melakukan bentuk tindakan sosial rasisme dengan melecehkan pemuda berbadan kecil dengan berteriak, mengancam dan mengejek. Melihat hal tersebut tentsaja ada hipotesis yang ditemukan. Yaitu adanya kemakluman pemuda berbadan besar lantaran mereka tentu dikarenakan kesalahan pemuda berbadan kecil, adapun untuk hipotesis yang lainnya tindakan pelecehan yang pemuda berbadan besar terjadi karena adanya perbedaan dalam agama, budaya, maupun pilihan politik.

Penggambaran atas kasus tersebutlah setidaknya untuk usulan atas proses penyelesaian yang bisa dilakukan mencari polisi untuk meminta bantuan sebagai mediator sehingga nantinya ditemukan permasalahan yang sesungguhnya.

Demikinalah saja artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan ciri metode dalam ilmu pengetahuan beserta dengan contoh kasusnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *