Pengertian Kegiatan Sosial, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Kegiatan Sosial Adalah

Manusia di lingkungan sosial pada hakekatnya senantiasa melakukan perannya masing-masing. Peran tersebut tentusaja sesuai dengan kemauan dan kemampuan yang dimiliki. Seseorang yang memilih arti peran di lingkungan dapat ikut serta dalam kegiatan sosial.

Kegiatan sosial biasanya akan senantiasa melibatkan banyak orang dan bukan untuk kepentingan pribadi. Meski demikianlah, dengan melakukan kegiatan sosial dapat untuk memiliki sikap tolong menolong dan bermanfaat secara riil dengan mengikuti kegiatan sosial. Ketika mengikuti kegiatan sosial maka kita akan berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang mungkin tidak seberuntung kita.

Kegiatan Sosial

Banyak hal yang dapat kita lakukan, salah satunya mengikuti apa yang ada di lingkungan. Serangkaian kegiatan tersebut tentu memiliki manfaat bagi setiap orang yang terlibat dalam berbagai hal yang dilakukan untuk kepentingan umum. Bahkan kita tahu manusia hidup tidak dapat dari orang lain.

Darisini, tentusaja dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari ketika kita ingin menggunakan pakaian yang bagus dan pantas maka membutuhkan orang yang membuat kain, dilanjutkan oleh penjahit, setelah itu baru bisa kita gunakan.

Hal tersebut salah satu contoh sederhana manusia tidak dapat hidup sendiri. Bahkan untuk kebutuhan pokok saja membutuhkan orang lain, apalagi untuk kebutuhan lain yang bersifat kompleks. Maka dari itu kita perlu saling tolong menolong.

Pengertian Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial adalah suatu agenda yang dilakukan bersama dengan anggota masyarakat yang ada di lingkungan sekitar. Kegiatan yang dilakukan berorientasi pada kepentingan bersama, atas dasar iilah kegiatan akan senantiasa melibatkan makna partisipasi di masyarakat.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan adanya kegiatan sosial. Seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu dimana yang dilakukan tersebut memiliki banyak manfaat dan tidak berorientasi pada keuntungan.

Pengertian Kegiatan Sosial Menurut Para Ahli

Definisi kegiatan sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Kamus besar bahasa Indonesia, kegiatan sosial berasal dari kata dasar sosial. Sosial selalu berkaitan dengan masyarakat. Sosial juga berkaitan dengan kepentingan umum. Sifat yang lebih mementingkan kepentingan umum, suka menolong, dan lain-lain. Kegiatan sosial lebih pada sesuatu yang melibatkan masyarakat dalam berbagai jenis program yang ada di masyarakat.

Ciri Kegiatan Sosial

Berikut beberapa ciri yang menandakan kegiatan tersebut untuk kegiatan sosial;

  1. Kegiatan melibatkan masyarakat

Kegiatan dilakukan dengan segala hal yang membutuhkan partisipasi dari masyarakat. Masyarakat merupakan koomponen utama dalam pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ini manfaatnya juga dapat dirasakan secara langsung oleh pihak-pihak yang menjadi sasaran atas segala tindakan yang dilakukan.

  1. Bersifat kepentingan umum

Kegiatan disusun untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Kepentingan ini juga atas dasar rasa kemanusiaan bukan untuk kepentingan salah satu pihak. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk berbagai pihak yang terlibat. Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk sarana sosialisasi.

  1. Dilakukan bersama-sama

Kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan masyarakat sekitar. Masyarakat biasanya berasal dari ruang lingkup tertentu. Misal kegiatan dilakukan pada lingkup RT/RW/desa. Banyak kegiatan yang dilakukan di tempat atau yayasan tertentu yang membutuhkan dorongan semangat atau sejenisnya.

  1. Terdapat pihak yang bertanggung jawab

Pelaksanaan kegiatan sosial membutuhkan seseorang atau lembaga yang menjalankan sikap bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan agar tidak terjadi kesalah pahaman. Ketika terdapat orang yang mengurusi kegiatan tersebut maka diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan tidak terdapat hal-hal yang diselewengkan.

  1. Sasaran kegiatan jelas

Pihak yang dituju untuk menjadi sasaran kegiatan jelas serta tidak berlebihan. Orang yang menjadi sasaran kegiatan benar-benar ada. Ketika sasaran jelas maka segala hal yang telah dikumpulkan dapat tersampaikan dengan baik.

  1. Memiliki niat untuk saling membantu

Niat saling membantu merupakan moodal awal untuk melakukan kegiatan sosial. Kegiatan sosial tidak boleh ditunggangi dengan berbagai kepentingan yang dapat merugikan orang lain. Kerugian yang dimaksud bukan hanya material tetapi juga arti moral dalam lingkungan masyarakat.

  1. Dilakukan di lingkungan masyarakat

Tempat pelaksanaan tidak di tempat yang mewah melainkan di sekitar tempat tinggal orang-orang. Kegiatan yang dilakukan di lingkungan ini akan lebih mengena dibanding dengan melaksanakan kegiatan dengan mengundang masyarakat di tempat yang mewah dan jauh, ini bahkan dapat membuat mereka kesusahan.

Contoh Kegiatan Sosial

Adapun untuk beberapa contoh kegiatan sosial yang ada di lingkungan kita dan dilakukan oleh berbagai lembaga, antara lain;

  1. Kerja bakti, kegiatan yang dilakukan bersama-sama dan untuk kepentingan bersama. Bahkan hasil dari tindakan yang dilakukan juga memberikan dampak yang besar bagi lingkungan masing-masing. Apabila dilakukan ketika mendekati musim hujan maka dapat mencegah sarang nyamuk pada genangan air. Mengurangi tumpukkan sampah orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
  2. Ronda, salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan rasa aman masyarakat ketika malam hari. Untuk wilayah yang rawan terjadi pencurian, perampokan, dan jenis kejahatan lainnya, kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Rasa aman masyarakat merupakan hal yang sangat penting.
  3. Penyuluhan, kegiatan sosial yang dapat meningkatkan pengetahuan masing-masing individu. Kegiatan penyuluhan dapat meliputi berbagai jenis sesuai dengan hal-hal yang dibutuhkan masyarakat. Apabila masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatan dapat melakukan penyuluhan bidang kesehatan. Seperti penyuluhan DBD, Narkoba, gizi buruk, dan lain-lain. Segala jenis kegiatan ini bertujuan untuk men
  4. Palaksanaan peringatan hari kemerdekaan, kegiatan perayaan hari kemerdekaan merupakan momen yang luar biasa bagi setiap masyarakat. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjukkan suka cita dalam menyambut hari kemerdekaan.
  5. Menjenguk tetangga, kepedulian terhadap orang sekitar merupakan salah satu hal yang penting. Kepedulian tersebut dapat dilakukan dengan hal-hal yang kecil menjenguk tetangga apabila ada yang sakit. Ketika menjenguk biasanya membawa sesuatu yang kiranya dapat membantu baik dari segi ekonomi atau dukungan agar termotivasi untuk cepat sembuh.
  6. Donor darah, kegiatan kemanusiaan yang sering dilakukan diberbagai daerah. Kegiatan ini jelas untuk kepentingan banyak orang. Bahkan orang yang ikut serta donor darah tidak memikirkan dampak secara langsung yang akan diperoleh ketika melakukan donor darah.
  7. Khitan massal, kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk berhitan. Bahkan penyelenggara kegiatan malah memberikan hadiah kepada orang yang berpartsipasi dalam acara tersebut. Kegiatan ini banyak dilakukan ketika mendekati hari besar Islam, seperti maulid nabi, tahun baru Islam, dan lain-lain.
  8. Pemberian pelatihan, pelatihan yang bersifat gratis dan dapat dihadiri oleh siapapun yang memiliki keinginan untuk belajar. Pelatihan dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu tergantung pada jenis pelatihan yang dilakukan.
  9. Adanya kegiataan pembinaan, pembinaan dalam bidang pendidikan. Pendidikan agama dan pendidikan umum. Kadang di kota banyak anak yang tidak sekolah sehingga mereka tidak mengenal pendidikan. Maka pihak-pihak yang memiliki kepedulian yang tinggi dapat melakukan berbagai jenis pembinaan dibidang pendidikan.
  10. Galang dana, keinginan untuk membantu segala jenis kesusahan yang dirasakan oleh sesama manusia memiliki nilai tersendiri. Galang dana banyak dilakukan untuk membantu korban bencana, pembangunan fasilitas umum yang harus segera dibangun, dan lain-lain.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa egiatan sosial bisa terjadi karena situasi dan kondisi yang tidak menentu seperti adanya perang, wabah penyakit, dan bencana. Akhir-akhir ini dunia sedang digegerkan dengan wabah penyakit virus Corona. Hal ini membuat banyak orang merasa kesulitan baik bidang ekonomi atau kesehatan.

Berdasarkan peristiwa tersebut banyak hal yang berubah bahkan kebiasaan setiap hari terdapat perubahan yang besar. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan sehingga menganggur dan kesulitan memperoleh makanan. Berdasarkan peristiwa tersebut banyak kegiatan sosial seperti bantuan sembako, bantuan obat-obatan, peralatan kesehatan, dan lain-lain.

Disisi lain, bentuk kegiatan sosial dilakukan oleh berbagai pihak selain lembaga kemasyarakatan tetapi juga perusahaan. Lembaga kemasyarakatan memang banyak yang memiliki visi untuk membantu sesama. Perusahaan yang melakukan kegiatan sosial biasanya untuk memenuhi kewajiban sebagai perusahaan memberikan kemakmuran untuk masyarakat sekitar dalam bentuk CSR. Bentuk CSR yang diberikan sangan beragam tergantung pada masing-masing perusahaan.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkaitan dengan pengertian kegiatan sosial menurut para ahli, ciri, dan contohnya di masyarakat. Semoga memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kalian yang membutuhkannya.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *