25 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Perubahan Sosial

Setiap element masyarakat akan mengalami beragam bentuk perubahan sosial meskipun waktu dan ukuran perubahan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya berbeda. Sebagai contoh kasusnya dalam kehidupan masyarakat modern akan lebih cepat dan mudah melakukan perubahan sosial daripada masyarakat tradisional, realitas sosial ini terjadi karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi dan informasi.

Disisi lainnya adanya perubahan sosial terjadi lantaran terdapat pergeseran atau transformasi yang terjadi dalam masyarakat dalam jangka waktu tertentu yang menjadi ukuran dari adanya sistem sosial terhadap penilaian kepada suatu kondisi, sehingga dalam objek kajian sosiologi menurut para ahli dalam perubahan sosial juga dikemukakan oleh sejumlah tokoh.

Perubahan Sosial

Perubahan sosial pada bagian dari kenyatan bahwa telah terjadi pergeseran dalam nilai-nilai, norma, struktur sosial, institusi dan pola perilaku dalam masyarakat. Adanya proses perubahan sosial ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti teknologi, ekonomi, politik, unsur budaya dan faktor-faktor sosial lainnya.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut definisi perbuahan sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Samuel Koenig

Perubahan sosial kenyatannya menunjuk pada modifikasi yang terjadi pada pola kehidupan manusia. Modifikasi, modifikasi tersebut terjadi akibat pengaruh intern dan ekstern.

  1. Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan. Perubahan tersebut memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya adalah nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku jantara kelompok kelompok masyarakat.

Lembaga masyarakat mencakup lembaga keluarga, lembaga agama, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, dan lembaga politik. Keseluruhan lembaga tersebut saling berkaitan.

  1. William F. Ogburn

Perubahan sosial terjadi ketika unsur materiel memberi pengaruh pada unsur materiel, misalnya penggunaan teknologi mesin dalam proses industrialisasi. Penemuan teknologi mesin dalam industrialisasi merupakan bentuk materiel. Sementara itu, bentuk imateriel Iebih menekankan pada perubahan sikap akibat keberadaan penemuan baru atau pengaruh materiel.

Perkembangan teknologi mesin di bidang industrialisasi mengakibatkan sistem pembagian kerja mulai diminimalisasi karena sebagian besar tenaga manusia digantikan oleh tenaga mesin. Kondisi itu dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu pengangguran yang muncul akibat keterbatasan lapangan pekerjaan.

  1. Kingsley Davis

Perubahan sosial terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Struktur sosial mencakup lembaga sosial, kelompok sosial, norma-norma sosial, dan stratifikasi sosial. Tiap-tiap struktur memiliki fungsi dalam masyarakat.

  1. Mac Iver

Perubahan sosial dikatakan sebagai perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial dan keseimbangan dalam hubungan sosial. Hubungan antaranggota masyarakat dapat menimbulkan kerja sama ataupun perselisihan yang menunjukkan keseimbangan dalam hubungan sosial.

  1. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin

Perubahan sosial merupakan variasi dan cara-cara hidup yang telah diterima dan dijalankan oleh masyarakat. Variasi tersebut dapat terjadi melalui penemuan baru, kondisi geografis, kebudayaan, dan komposisi penduduk. Pada awalnya masyarakat memiliki cara-cara hidup yang sudah dijalankan, tetapi seiring perkembangan zaman muncul variasi dalam cara-cara hidup tersebut. Kondisi inilah yang dikatakan perubahan sosial.

  1. Hans Garth dan C. Wright Mills

Perubahan sosial menurut ahli ini adalah segala sesuatu yang terjadi dalam jangka waktu tertentu terhadap peran seseorang/lembaga/tatanan yang kesemuanya haruslah meliputi hubungan sosial dalam masyarakat.

  1. Raja

Perubahan Sosial adalah segala bentuk perubahan pada suatu lembaga masyarakatan yang mampengaruhi sistem sosial.

  1. Abdulsyani

Ahli Sosiologi yang menjadi Dosen di Univeritas Lampung ini memberikan pengertian bahwa perubahan sosial adalah segala bentuk perubahan dalam lembaga masyarakat yang dalam prosesnya mempengaruhi nilai, sikap, dan pola perilaku di masyarakat.

  1. Kornblum

Kornblum memberikan pengertian bahwa perubahan sosial adalah perubahan pada sisi budaya yang berjalan dalam kurun waktu relatif lama.

  1. Pasurdi Suparlan

Pasurdi Suparlan memberikan arti perbuahan sosial sebagai perubahan struktur sosial juga hubungan sosial yang di dalamnya haruslah mencakup sistem status, hubungan antar anggota keluarga, sistem politik atau kekuasaan dalam negara dan dunia, dan juga sistem penduduk.

  1. Atkinson dan Brooten

Definisi perubahan sosial adalah proses pola perubahan yang terjadi pada individu atau institusi yang berbeda dari hal sebelumnya yang pernah terjadi.

  1. Wilbert E. Moore

Wilbert memberikan arti perbubahan sosial sebagai perubahan peradaban, yang artinya ia berpendapat bahwa perubahan ini dapat ditentukan waktunya.

  1. Max Weber

Ahli Sosiologi dunia, yaitu Max Weber berpendapat bahwa perubahan sosial adalah situasi yang berbeda dalam masyarakat dengan penyebabnya adalah ketidaksesuaian antar unsur-unsur di dalamnya.

  1. Samuel Koening

Samuel Koening berpendapat bahwa perbuahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang terjadi akibat adanya modifikasi dalam pola kehidupan.

  1. Robert H. Lauer

Robert H. Lauer memberikan definisi bahwa perbuahan sosial adalah perbuahan yang terjadi karena adanya fenomena sosial yang selalu berubah-ubah dalam kehidupan manusia.

  1. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Arti perubahan sosial adalah proses perubahan yang terjadi dalam masyarakat karena adanya penyesuaian pola hidup, yang di dalamnya ada unsur nilai-nilai, perilaku, hubungan sosial ekonomi, dan prilaku lainnya.

  1. Kornblum

Perubahan sosial dalam pandangan W. Kornblum adalah proses perubahan dalam makna budaya yang terjadi bertahap, dan dalam kurun waktu lama.

  1. Bruce J. Cohen

Pengertian perubahan sosial menurut Bruce J. Cohen adalah stau jenis perubahan yang terjadi di dalam struktur sehingga menjadi pengaruh besar pada sistem sosial, perubahan hidup masyarakat, nilai serta berbagai bentuk budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

  1. Roucek dan Warren

Roucek dan Warren memberikan pandangan bahwa perubahan sosial adalah proses sosial dalam struktur yang ada di kehidupan manusia.

  1. Kingsley Davis

Pengertian Kingsley Davis dalam perubahan sosial adalah bentuk perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

  1. Emile Durkheim

Perubahan sosial adalah bentuk perubahan dalam fungsi dan struktur masyarakat yang dapat menghasilkan evolusi sosial secara cepat maupun lambat.

  1. Karl Marx

Marx sebagai tokoh dalam teori sosiologi ekonomi melihat perubahan sosial sebagai hasil dari konflik kelas antara pemilik modal (kapitalis) dan pekerja (proletar).

  1. Ferdinand Tonnies

Tonnies memberikan arti perubahan sosial sebagai pergeseran dari masyarakat tradisional (Gemeinschaft) ke masyarakat modern (Gesellschaft).

  1. Anthony Giddens

Giddens dalam teori struktur sosial berpendapat bahwa perubahan sosial melibatkan transformasi dalam struktur sosial, relasi sosial, dan pengalaman individu dalam masyarakat modern.

Kesimpulan

Dari beberapa pendapat ahli dapat simpulkan bahwa perubahan sosial secara umum adalah segala perubahan yang terjadi secara terus-menerus dalam masyarakat berkaitan dengan sistem dan struktur sosial. Sistem sosial meliputi nilai, sikap, dan pola perilaku. Sementara itu struktur sosial meliputi tipe lembaga sosial, kelompok sosial, norma-norma sosial, dan stratifikasi sosial.

Ciri Perubahan Sosial

Perubahan sosial dalam masyarakat memiliki ciri-ciri atau karakteristik sebagai berikut.

  1. Tidak ada masyarakat yang berhenti berkembang, artinya masyarakat selalu berubah dan berkembang
  2. Perubahan yang terjadi pada satu lembaga sosial pasti diikuti perubahan pada lembaga sosial lainnya.
  3. Perubahan sosial yang benlangsung cepat mengakiba disorganisasi yang bersifat sementara karena masyarakat sedang dalam proses penyesuaian
  4. Perubahan sosial, adalah jenis perbuahan yang tidak sertamerta dapat dibatasi pada satu bidang saja, misalnya dalam bidang kebendaan ataupun dalam bidang spiritual, hal tersebut dilandaskan pada kedua bidang tersebut memiliki hubungan timbal balik yang dapat mempengaruhi satu sama lainnya.

Konsep Dasar Perubahan Sosial

Masyarakat bersifat dinamis sehingga selalu mengalami perubahan dalam kehidupannya. Perubahan sosial dapat diketahui dengan cara membandingkan kondisi masyarakat pada masa sekarang dengan masa lampau. Dengan cara membandingkan seseorang dapat mengetahui letak perbedaan antara kondisi sebelum dan sesudah terjadi perubahan.

Perubahan dan perkembangan dalam bidang teknologi telah memengaruhi kehidupan manusia baik secara pribadi. maupun sosial. Kehadiran teknologi menyebabkan perkembangan dalam bidang pendidikan, ekonomi, hukum. dan pemerintahan. Bahkan, perkembangan teknologi menyebabkan perubahan pada permainan remaja.

Contoh Perubahan Sosial

Contoh Perubahan Sosial

Sebagai contoh mengenai perubahan sosial, misalnya saja adalah;

  1. Transformasi Media

Perkembangan media permainan yang memengaruhi perilaku remaja lebih suka bermain game online daripada permainan tradisional. Kondisi tersebut menunjukkan pergeseran pada kultur masyarakat. Sehingga atas dasar inilah setidaknya adanya perubahan sosial berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Masyarakat disebut tentu mengalami perubahan sosial apabila terjadi pergeseran struktural, kultural, interaksional, perilaku, nilai sosial, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan sosial, kekuasaan, wewenang dan juga interaksi sosial.

Demikinalah tulisan mengenai pengertian perubahan sosial menurut para ahli, ciri, konsep dasar terciptanya perbuahan sosial, serta contohnya di masyarakat. Semoga dengan adanya definisi ahli ini dapat menjadi salah satu referensi dalam memahaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *