Pengertian Role Taking dan Role Set Beserta 3 Contohnya

Diposting pada

Pengertian Role Taking dan Role Set

Role taking dan role set dalam objek kajian sosiologi termasuk dalam bagian proses sosial dan interaksi sosial terhadap adanya pengambilan peran atas terjadinya arti sosialisasi di masyarakat. Keduanya menjadi bagian penting yang harus di ulasan meskipun terdapat perbedaan yang mencolok.

Role Taking dan Role Set

Definsi kedua istilah ini. Yaitu;

  1. Pengertian Role Taking

Role taking adalah proses sosialisasi yang dinamakan pengambilan peran dimana prihal ini adanya hubungan seseorang belajar untuk mengetahui peran yang harus dijalankannya serta peran yang harus dijalankan kepada orang lain.

  1. Pengertian Role Set

Role set adalah adanya proses pelengkap hubungan yang terjadi antara peran seseorang yang dimiliki karena menduduki suatu status sosial tertentu di masyarakat sehingga dalam hal ini terdapat sejumlah aturan dan keteraturan yang harus dilakukan.

Contoh Role Taking dan Role Set

Adapaun perwujutan atas adanya pembahasan terkait dengan role taking dan role set. Misalnya saja;

  1. Contoh Role Taking

Yaitu;

  1. Keluarga

Hubungan role taking dalam penjelasan ini misalnya saja kajian tentang keluarga. Dimana setiap anggota keluarga memiliki peran tersendiri dalam sosialisasi.

Contohnya saja ayah sebagai seseorang yang mencari nafkah, ibu berperan untuk memberikan pengajaran awal kepada anak-anaknya, kakak sebagai seseorang yang memberi perlindungan adiknya, dan adik memiliki peran untuk menyayangi semua anggota keluarga.

  1. Contoh Role Set

Misalnya saja;

  1. Status Dokter, Perawat, Tenaga Rekam medis, Tenaga Farmasi dalam kesehatan memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Dimana kesemuanya juga berstatus sosial yang berbeda sesuai dengan penyebutannya di masyarakat.
  2. Adanya penyebutan dalam bidang ekonomi antara Broker, Dealer, Trader, Exchange sebagai bagian daripada pintu masuk dunia digital yang bisa dikatakan memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Khususnya hal ini ditemukan dalam dunia investasi forex yang kerapkali mempergunakannya.

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa istilah role taking dan role set menjadi konsep sosial yang dibentuk berdasakan kajian psikologis bahwa terdapat kognisi sosial pada seseorang yang memiliki kemampuan untuk memahami peran sosial dan status sosialnya dalam sosiasliasi.

Semoga saja artikel penjelasan tentang pengertian role taking dan role set beserta dengan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari ini bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.