Contoh Integrasi Sosial di Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Integrasi Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari

Persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat sangatlah penting dilakukan. Alasannya karena proses sosial dan interaksi sosial yang menciptakan persatuan dalam peraturan ini bisa mendorong terjadinya kehidupan yang damai, tentram, tanpadanya disintegrasi yang terjadi. Adapun untuk istilah mengenai perastuan yang utuh dalam ilmu sosial, khususnya pembahasan objek kajian sosiologi dikenal dengan integrasi sosial.

Integrasi sosial dalam contohnya sangat mudah terlihat di lingkungan sekitar. Baik untuk ranah pendidikan kebudayaan, dan lain sebagainya.

Integrasi Sosial

Integrasi sosial ialah istilah yang dikenalkan untuk persatuan dan kesatuan dalam masyarakat secara utuh, sehingga integrasi ini berhubungan erat dengan keadaan masyarakta yang berbada, baik dalam kebudayaan, agama, ataupun etnis yang membaur menjadi satu sehingga mendorong terjadianya keteraturan sosial dalam masyarakat.

Proses terbentuknya pembauran masyarakat menjadi kesatuan yang utuh dan bulat terjadi karena adanya sistem sosial persetuan antar masyarakat, baik secara individu dengan individu ataupun secara kelompok dengan kelompok yang penuh kesadaran dalam mejalani rutinitas kehidupan terhadap perbedaan yang ada.

Contoh Integrasi Sosial

contoh integrasi sosial masyarakat
contoh integrasi sosial

Beberapa contoh-contoh nyata mengenai integrasi sosial yang terjadi di Indonesia, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Kebudayaan

Integrasi sosial budaya ini bisa dilihat dari sistem kebudayaan masyarakat. Bentuk integrasi sosial ini bisa saja terjadi dari adanya asimilasi dan akulturasi kebudayaan yang berkembang.

Prihal ini misalnya saja adanya integrasi kebudayaan di Lampung yang sejatinya berbeda jauh dari sistem kebudayaan jawa. Lantaran masyarakat Jawa dipindahkan dalam pemertaan penduduk akhirnya masyarakat Jawa bisa mempersatuan kebudayaan dengan kebudayaan masyarakat pribumi, ataupun sebaliknya.

  1. Sekolah

Pengertian lembaga pendidikan atau sekolah ialah tempat belajar seseorang untuk mengenal dengan lingkungan sekitar. Maka tak khayal integrasi sosial terjadi dalam proses ini, contohnya ketika kesamaan drajat pelajar baik kaya ataupun miskin, dalam segi ekonomi.

Mereka sesama pelajar di sekolah haruslah sama-sama mempergunakan baju seragam, penyeragaman dalam bentuk simbul ini diyakini ataupun tidak adalah salah satu contoh nyata sekolah menjadi ajang dalam proses integrasi sosial.

  1. Kelurga

Fungsi-fungsi keluarga menurut para ahli salah satunya ialah memberikan perlindungan. Dalam perlindungan ini bentuk integrasi sosial sangatlah penting lantaran orang tua selalu menanamakan kesamaan derajat antar anak satu dengan anak yang lainnya tanpa membedakan dalam segi afeksi (kasih sayang).

  1. Nasional

Skala nasional dalam bentuk integrasi sosial misalnya saja Indonesia, yang dikenal memiliki beragam kebudayaan dan etnis yang berbeda. Lantaran memiliki sejarah yang sama, yakni pernah di jajah oleh bangsa asing pada akhirnya masyarakat bersatu pada dalam satu ruang pemerintahan.

  1. Masyarakat

Integrasi sosial masyarakat selanjutnya menjadi hal penting untuk diungkapkan, contoh ini misalnya saja dapat dilihat dalam menjaga kesatuan dan persatuan setiap masyarakat mewajibkan ronda dan gotong royong. Dalam ronda dan gotong royong tidak mengenal denga istilah perbedaan miskin dan kaya, semuanya haruslah melaksanakan kewajiban itu.

  1. Bangsa

Integrasi bangsa dapat dilihat dari adanya sistem perpoliikan di Indonesia. Dalam lembaga politik sietem pemerintahan ini menganut asas demokrasi, maka tak khayal dengan asas tersebut daerah-daerah di Indonesia di wajibkan untuk melakukan demokrasi dalam upaya pemilihan lembaga eksekuif, misanya kepada daserah ataupun presiden.

  1. Ekonomi

Pada bidang ekonomi integrasi sosial juga bisa dilihat pada adanya kesatuan harga antara toko satu dengan toko lainnya di pasar tradisional. Biasanya semua itu sudah terjadi dan diatur sesama pedagang dalam kesepakatan agar usahanya bisa saling menguntang.

Prihal ini baik disadari ataupun tidak kejadian kesatuan harga dilakukan penjual menjadi dampak integrasi sosial dalam upaya mengindari konflik sosial yang terjadi.

  1. Agama

Prihal agama juga dapat ditemukan contoh integrasi sosial. Misalnya saja adanya sosok Banser NU yang menjaga gereja pada saat perayaan Hari Raya Umat Kristen. Hal ini tentusaja mampu menciptakan kehidupan yang utuh lantaran masyarakat menyadari akan pentingnya sosialisasi dan hidup dalam kenyaman serta kenetraman.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Kasus integrasi sosial dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Ketika kita berada di dalam masyarakat yang berbeda kultur maka tak kayal setiap masyarakat akan melakukan penyesuaian tindakan yang sesuai dengan lingkungan sosial di sekitarnya.
  2. Proses jalannya demontrasi yang dilakukan oleh berbagai organisasi sosial buruh adalah bentuk integrasi sosial.
  3. Pemersatuan masyarakat transmigrasi dari jawa kepada masyarakt pribumi
Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa integrasi sosial adalah pola hubungan sosial dalam masyarakat yang diawali dari sejuta perbedaan-perbedaan yang ada. Perbedaan ini bisa dalam bentuk ras, budaya, agama, ataupun perbedaan dalam etnis. Akan tetapi lantaran ada kesadaran bawa kehidupan bersama-sama lebih penting pada akhirnya masyarakat bersatu dalam kesatuan yang utuh diantara perbedaan tersebut.

Sehingga penting dipahami bahwa faktor terjadinya integrasi sosial tidak serta merta terjadi, butuh waktu beberapa lama agar masyarakat mau menerima perbedaan yang ada. Oleh karenannya banyak masyarakat yang gagal melakukan pembentukan integrasi sosial secara menyeluruh yang akhirnya mengakibatkan konflik sosial terjadi.

Demikialah tulisan mengenai contoh integrasi sosial di masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensinya.

Rating: 3.4/5. From 11 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *