Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia dengan Negara-Negara ASEAN

Diposting pada

Keunggulan dan Keterbatasan Indonesia

Indonesia merupakan salah satu ciri negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk yang banyak yang di dominasi oleh penduduk usia muda. Penduduk muda menjadi aset yang dapat memajukkan negara apabila mampu mengarahkan kepada sektor yang tepat.

Setiap negara memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, umumnya negara-negara ASEAN dan khususnya Indonesia. Akan tetapi yang pasti semua bentuk keunggulan dan keterbatasan ini dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan kemampuan suatu negara.

Indonesia di ASEAN

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki peran penting di ASEAN. Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung dalam organisasi internasional, khususnya ASEAN sejak pertama berdiri.

Indonesia dalam melaksanakan perannya banyak melakukan kontribusi dalam bebagai bidang. Banyak kerjasama yang dijalin dengan negara sesama anggota ASEAN. Seiring berjalannya waktu peran Indonesia juga menjadi perhatian tersendiri dengan adanya keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki Indonesia.

Keunggulan dan keterbatasan Indonesia dengan negara-negara ASEAN

Beberapa negara yang tergabung dalam ASEAN melakukan banyak kerjasama diberbagai bidang. Pada setiap negara memiliki sesuatu yang saling melengkapi antara negara satu dengan yang lain. Kerjasama ini juga disebabkan adanya unsur saling menguntungkan satu sama lain. Kerjasama dapat dilakukan diberbagai bidang tergantung pada kebutuhkan masing-masing.

Keunggulan Indonesia
Kelebihan Indonesia
Keunggulan Indonesia

Keunggulan Indonesia dengan negara-negara ASEAN, antara lain sebagai berikut;

  1. Sumber daya alam

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain adalah sumber daya alam. Terdapat berbagai jenis sumber daya alam yang dimiliki oleh negara Indonesia. Kekayaan yang ada di dalam bumi sangat beragam. Mulai dari logam mulia, berbagai jenis mineral, dan lain-lain.

  1. Sumber daya manusia

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang banyak yang rata-rata merupakan  usia muda. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas negara. bahkan negara telah banyak menyalurkan tenaga kerjanya keluar negeri. Hal ini jelas menunjukkan banyaknya jumlah tenaga kerja yang produktif.

  1. Negara maritim

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut dengan berbagai jenis biota laut dengan jumlah yang banyak. selain biota laut masih banyak aset negara yang berada di laut sehingga banyak potensi wisata alam seperti pantai dan menyelam.

Segala potensi ini apabila dimaksimalkan akan menjadi sesuatu yang besar bagi negara Indonesia. Bahkan dapat menjadi salah satu penopang dibidang perekonomian.

  1. Keanekaragaman budaya

Definisi budaya Indonesia dengan segala keberagaman dari ujung timur hingga ujung barat. Hal ini bisa menjadi daya tarik pariwisata yang luar biasa. apabila dikemas dengan baik maka akan membuat banyak orang terkesan dan ingin belajar. Saat ini sudah banyak masyarakat luar negeri yang sudah mulai belajar unsur budaya Indonesia.

  1. Hutan tropis terluas

Kita sering mendengar istilah paru-paru dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi paru-paru dunia. Sebagai sumber oksigen bagi seluruh makhluk di dunia. Di hutan tropis juga banyak tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan obat-obatan. Banyak tumbuhan yang memiliki manfaat bagi manusia.

  1. Danau terbesar

Di Indonesia memiliki banyak sekalali danau. Salah satunya danau toba yang terbentuk secara alami. Danau ini sudah menjadi ciri khas dari salah satu daerah di Indonesia, sudah banyak negara yang mengenal danau ini, sehingga secara konsepnya danau ini menunjang pariwisata yang mampu menjadi Indonesia memiliki keunggulan disisi lain daripada negara-negara di Asia Tenggara.

  1. Demokrasi yang baik

Sistem demokrasi Indonesia diakui baik oleh beberapa negara di ASEAN yang memiliki sistem pemerintahan yang sama. Terutama ketika pelaksanaan pesta dalam ciri demokrasi serentak antara pemilihan lembaga eksekutif dan legislatif. Hal ini menjadi catatan sejarah tersendiri di ASEAN.

Walaupun ketika pelaksanaan masih banyak hal yang perlu diperbaiki tetapi keberanian ini mendapat acungan jempol dari beberapa negara.

  1. Negara muslim terbesar

Jumlah penduduk muslim yang hampir menyeluruh dengan sistem pemerintahan yang demokratis. Hal ini menjadi sesuatu yang membanggakan berbeda dengan negara yang  mayoritas Islam dan menggunakan hukum Islam dalam pemerintahannya. Indonesia sangat mengakui berbagai jenis perbedan yang ada dan dilindungi.

Kekurangan Indonesia
Kekurangan Indonesia
Kekurangan Indonesia

Keterbatasan Indonesia dengan negara-negara ASEAN, antara lain;

  1. Kesadaran akan pendidikan

Tingkat pendidikan di masyakarat rata-rata SMP dan SMA hal ini membuat pandangan yang cukup sulit dihilangkan dari perhatian luar negeri.

Walaupun pemerintah telah memberikan berbagai jenis keringanan untuk anak yang berminat sekolah di lembaga pendidikan tertentu, namun masih banyak orang yang tidak mau menyekolahkan anaknya. Hal tersebut terjadi diberbagai daerah di Indonesia terutama daerah terpencil.

  1. Bidang infrastruktur

Banyak fasilitas yang belum dapat dikatakan layak, sehingga mempengaruhi mobilitas masyarakat. Infrastruktur yang paling nampak ialah fasilitas umum terutama terminal, akan tetapi saat ini sudah banyak dilakukan berbagai jenis pembangunan dibidang infrastruktur untuk meningkatkan segala mobilitas masyarakat sehingga perekonomian tidak berjalan lambat.

  1. Mobilitas

Mobilitas yang terbatas karena tidak terdapat fasilitas kendaraan umum yang memadai. Indonesia untuk daerah tertentu sangat sulit untuk menemukan kendaraan umum, lebih banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Penggunaan kendaraan pribadi kadang membuat kemacetan lebih parah. Semakin parah kemacetan akan sulit melakukan segala tindakan dengan cepat terutama jalur darat.

  1. Keterbatasan tenaga ahli

Indonesia masih sangat minim jumlah tenaga ahli yang dimiliki. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor pada berbagai sistem.

Salah satu sistem yang saat ini terus diperbaiki ialah sistem pendidikan. Pengembangan sumber daya manusia agar mampu bersaing dengan negara lain. Keterbatasan ini yang mengharuskan pemerintah Indonesia melakukan kerjasama dengan pihak luar negeri untuk mengontrak tenaga ahli.

  1. Teknologi

Indonesia belum mampu mengembangkan teknologi yang sudah diciptakan. Banyak barang yang sudah diciptakan namun tidak dikembangkan. Salah satu faktor pengembangan adalah dana. Ketika ingin memproduksi secara masal suatu produk maka diperlukan biaya produksi awal.

Ketika melakukan produksi sendiri pihak swasta belum mampu dan membutuhkan bantuan pemerintah, sementara pemerintah belum tentu memberikan bantuan. Hal ini yang menyebabkan Indonesia belum mampu membuat sebuah teknologi baru, meski dalam situs smartuser.id mengemukakan bahwa Indonesia menjadi salah satu konsumen alat teknologi yang tinggi.

  1. Kapital

Modal yang dimiliki oleh negara Indonesia terbatas. Hal ini menyebabkan banyak dampak yang membuat terhambat.

Produksi tidak dapat berjalan secara efektif dan efisien. Kadang permasalahan pada mesin yang digunakan untuk memproduksi barang. Ketika mesin sudah tidak layak digunakan maka harus segera diganti, namun banyak perusahaan yang tidak berani mengorbankan biaya yang lebih besar.

  1. Eskspor

Produk yang diekspor Indonesia merupakan bahan mentah. Hal ini membuat nilai jual barang rendah. Semakin rendah harga maka keuntungan yang dapatkan semakin sedikit.

Indonesia mengekspor barang mentah juga disebabkan keterbatasan teknologi dan kemampuan dari sumber daya manusia di Indonesia. Keterbatasan ini hingaa saat ini masih terus berusaha diatasi. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah Indonesia ialah dengan memberikan beasiswa kepada masyarakat agar belajar keluar negeri dan menjadi tenaga ahli untuk Indonesia.

  1. Rawan bencana alam

Salah satu negara yang dilewati berbagai lempeng serta jalur khatulistiwa. Posisi negara Indonesia yang berada di lempeng yang berbentuk patahan-patahan sehingga banyak muncul gunung api baik di darat dan di laut. Sering terjadi gempa karena pergeseran lepeng.

Ditambah manusia yang kurang mencintai lingkungan sehingga banyak muncul bencana lain yang disebabkan oleh manusia yaitu banjir dan tanah longsor.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan terkait dengan keunggulan dan kelemahan yang miliki oleh Indonesia harus terus dikembangkan. Pengembangan secara terus menerus akan membuat segala keterbatasan menjadi kekuatan. Kekuatan yang terus diperhatikan serta diusahakan untuk menjadi lebih baik maka akan memberikan dorong yang besar dan menjadi negara yang maju.

Hal ini jikalau dilihat berdasarkan sejarah negara yang jauh berasal dari Belanda mengingikan rempah-rempah yang ada di Indonesai dengan jenis yang beragam. Jelas kekayaan alam yang dimiliki menjadi suatu keunggulan absolut dan mutlak yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Keunggulan tersebut juga diimbangi dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh negara Indonesia. Keterbatasan yang paling terlihat adalah jumlah tenaga ahli yang ada di Indonesia. semakin sedikit tenaga ahli yang dimiliki dengan kekayaan alam yang melimpah membuat kekayaan alam tersebut tidak dapat dikelola dengan baik.

Apabila kita lihat yang seharusnya menjadi keunggulan bagi negera tersebut malah menjadi kekurangan dan menjadi sesuatu yang sangat disayangkan. Hal ini membuat pemerintah Indonesia ingin terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui berbagai bidang. Pengembangan yang paling terlihat ialah dibidang pendidikan dan pelatihan.

Nah, itulah tad artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan keunggulan dan kekurangan Indonesia jikalau dibandingkan dengan Negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Semoga memberikan pemahaman.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *