Contoh Saran dalam Makalah/Karya Ilmiah/Skripsi/Penelitian

Diposting pada

Contoh Saran Makalah

Saran menjadi salah satu bagian penting dalam proses pembuatan karya tulis, seperti makalah, karya tulis ilmiah (KTI), skripsi, jurnal, tesis, desertasi, ataupun dalam berbentuk laporan dalam penelitian kualitatif serta penelitian kuantitatif.

Bisanya untuk serangkaian proses pembuatan saran yang ada dalam BAB penutup ini bertujuan agar pembaca dapat menganalisa kekurangan yang ada di dalam pembuatan karya tulis yang disajikan yang kemudian menjadi perbaikan untuk proses penelitian selanjutnya.

Saran

Saran adalah bagian bab penutup dalam laporan karya tulis. Bagian ini terletak di akhir paragraf dengan didahului pada dengan contoh kesimpulan dari awal hingga akhir. Dimana proses dalam menulis saran memang tidak ada aturan khusus serta podoman yang berlaku, hanya saja dalam proses pembuatan kalimat saran setidaknya untuk jumlah katanya tidak boleh lebih dari jumlah kata dalam kesimpulan.

Contoh Saran

Kepulisan saran bisa dilakukan dalam berbagai jenis karya tulis, baik skripsi, makalah, essay, ataupun karya ilmiah. Penggunaannya hampir sama, hanya saja untuk pelatakan kata-katanya barangkali perlu kamu pahami. Contohnya sebagai berikut;

  1. Makalah

Berikut ini, contoh kepenulisan saran yang dilakukan dalam makalah. Yakni;

Saran Makalah

Penelusuran makalah tersebut perluadanya  dukungan yang positif dari pemerintah untuk mengembangkan teknologi yang memanfaatkan sumber energi alternatif. Dengan cara hibah dana untuk mengimplementasikan teknologi ini sangat diperlukan.

  1. Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Selanjutnya, untuk penulisan saran dalam proses pembuatan karya tulis ilmiah. Misalnya saja

Saran Karya Tulis

Untuk kesempurnaan dan tercapainya luaran dari karya ini, penulis merekomendasikan beberapa saran diantaranya:

  1. Mengadakan penelitian pengembangan tentang keefektifan destilator bertenaga matahari dan angin dengan pengujian berdasar pada kondisi riel lingkungan
  2. Mengimplementasikan dalam skala besar di daerah pesisir pantai yang mengalami krisis air bersih untuk melihat impact secara nyata pada kawasan tersebut.

  1. Penelitian

Setiap jenjang pendidikan di Indonesia diharuslah untuk menyelesaikan penelitian, dari metode penelitian yang sederhana sampai yang paling sulit. Kalimat saran yang tepat dalam kepenulisan penelitian, yaitu;

Saran Penelitian

Penelitian ini perlu disempurnakan untuk meningkatkan efektifitas serta pemanfaatan nilai guna LAMUK (Lampu Anti Nyamuk) dengan ekstraksi kulit langsat mengingat metode yang digunakan dalam penelitian bersifat konseptual

  1. Skrpisi

Skripsi bisa dikatakan sebagai proses pembuatan karya ilmiah sebagai prasyarat untuk meluluskan jenjang pendidikan Strata 1 (1), penulisan saran yang baik dalam skripsi ini antara lain bisa mempergunakan metode kalimat yang tersusun. Contohnya;

Saran Skrpisi

Berdasarkan hasil penelitian skripsi mengenai “judul skripsi”, peneliti memberikan saran pada pihak-pihak yang terkait berdasarkan permasalahan yang terjadi, antara lain:

  1. Banyaknya pernikahan usia muda di Desa Karang Anyar tak lepas dari rendahnya pengetahuan terhadap bahaya melakukan pernikahan usia muda.
  2. Mayoritas pelaku pernikahan usia muda di Desa Karang Anyar tidak mengerti isi Undang-Undang Perkawinan No.1 Tahun 1974.
  3. Tingginya pernikahan usia muda di Desa Karang Anyar umumnya disebabkan oleh pergaulan remaja yang terlalu bebas tanpa ada penyeimbangnya, yakni pendidikan yang tinggi.

  1. Essay

Essay bisa menjadi salah satu bentuk karya tulis ilmiah. Yang bisanya untuk kepenulisan essay sendiri diperlukan saran sebagai upaya menimbulkan dorongan kepada pihak yang bersangkutan.

Saran Essay

Dilihat dari keseluruhan pemaparan, urgensi essay ini dibentuk dalam mewujudkan mimpi sebagai top ten university dapat dilakukan dengan menjadikan kampus sebagai pusat pergerakan (centre of movement) yang itu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas keilmuan civitas academika unila seutuhnya.

Terlebih upaya tersebut, kedepan diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam menjalankan kegiatan mahasiswa yang berkualitas. Apabila hal ini tidak dijalankan sejak dini maka mewujudkan unila sebagai top ten university hanya sekedar mimipi.

  1. Laporan Praktikum

Kadangkala penulisan saran juga terdapat dalam laporan praktikum penelitian. Adapun untuk contohnya;

Saran Praktikum Penelitian

Saran

  1. Sebaiknya dalam pembuatan melakukan perbandingan bahan-bahan tambahan sesuai untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan variasi antara buah belimbing wuluh yang sudah tua dengan larutan lain yang memiliki keasaman sama.
  3. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mendapatkan bahan bakar MRT (Minyak Rumah Tangga) yang berkualitas tinggi.
  4. Sebaiknya dalam pengujian kualitas produk MRT (Minyak Rumah Tangga) dilakukan menggunakan peralatan yang standar supaya dapat mengetahui kualitas yang dihasilkan secara akurat.

Cara Membuat Saran yang Baik dan Benar

Saran yang Baik dan Benar

Adapun untuk penulisan saran yang baik dan benar. Berdasarkan pada contoh yang disebutkan. Yaitu;

  1. Jumlah Kata

Pembuatan saran di dalam kepenulisan karya tulis dibatasi dengan jumlah minimal karater. Penjumlahan ini sendiri dilakukan sebagai bentuk kesetaraan antara kesimpulan yang disampaikan. Batasan saran yang baik dalam makalah tidak lebih dari 200 kata.

  1. Memberikan Kata Harapan

Penulisan saran dalam karya tulis haruslah memberikan harapan kepada pembaca, dengan bentuk kata-kata yang menarik seperti penggunaan “oleh karena itulah”, atau penggunaan kata “harapannya dari penulisan ini…”, dan lain sebagainya.

  1. Memberikan Rekomendasi

Langkah pembuatan saran yang baik dalam penulisannya haruslah memberikan rekomendasi berupa penelitian lebih lanjut mengenai metode yang dipergunakan. Dalam bahasan inilah banyak pihak yang mengindikasikan bahwa penulisan saran tidak perlu dilatakan pada abstrak kepenulisan.

Dari penjelasan di atas, untuk melengkapnya maka kami merekomendasikan beberapa contoh terhadap tata cara kepenunisan saran atau bab penutup dalam makalah. Contoh ini diberikan dengan tujuan agar bisa membantu, khususnya bagi yang sedang membutuhkan.

Saran dan Kesmpulan

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Rekonsiliasi dari makalah media islami merupakan suatu tindakan menciptakan proses penyusunan kembali tatanan masyarakat yang terpecah-pecah akibat dari pemberitaan media. Hal ini dirasa sangat penting untuk memelihara kesatuan dan persatuan terlebih negara Indonesia bukan negara yang menerapkan hukum agama namun menerapkan pancasila dan UU dasar sebagai landasan fundamental.

Upaya implemntasi yang dilakukan dalam rekonsiliasi media islami adalah mensinergikan upaya peningkatan wacana dikusi terhadap pemuda sebagai salah satu cara memprotek radikalime agama khususnya memalui media dengan melakukan pendekatan hukum baik agama islam atau kenegaraan yang didatangkan langsung oleh para ahlinya, dengan cara seperti itulah pemahaman kepada generasi muda lebih mengenda dan akan membentuk sikap kritis yang baik tanpa serata merta menelan mentah-mentah media massa yang berkembang.

Saran

Saran yang bisa penulis berikan :

Perlu adanya metode penilitian lebih lanjut akan upaya peningkatan dikusi terhadap pemuda sebagai salah satu cara memaksimalakan potensi genarasi dalam membentengi  dirinya dari radikalisme agama yang berkembang.

Demikianlah serangkaian penjelasan mengenai contoh saran dalam proses pembuatan karya tulis, baik makalah, essay, karya tulis ilmiah, skipsi, ataupun yang lainnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam, bagi pembaca.

Rating: 2.7/5. From 7 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *