Pengertian Kelompok Out Group, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Kelompok Out Group

Kelompok yang tidak merasakan ikatan yang kaut antar individu disebut out group. Orang yang tidak masuk di dalam sebuah grup maka maka secara otomatis tergolong out group, dimana keompok ini tidak ada yang mengikat semua bersifat terbuka.

Kelompok out group tentu berbeda dengan kelompok in group. Oleh karena itulah kelompok out group dapat disebut sebagai lawan dari in group yang memiliki hubungan sosial yang sangat berbeda. Apabila diumpamakan dalam sebuah film kelompok out group sebagai kelompok antagonis. Pertentang ini memang timbul karena out group berada di luar kelompok.

Kelompok Out Group

Manusia dalam menjalani hidup masih membutuhkan berbagai jenis kebutuhan salah satunya interaksi sosial dengan lingkungan sosialnya. Orang yang ingin berinteraksi membutuhkan tempat untuk membentuk sebuah komunikasi. Terdapat beberapa alasan mengapa harus dibentuk sebuah kelompok sosial diantaranya, persepsi, tujuan, motivasi, interaksi, dan lain-lain.

Disisi lain, bentuk kelompok sosial sangat beragam. Salah satu jenis klasifikasinya berdasarkan sudut pandang keanggotan. Terdapat out group dan in group kedua kelompook ini saling bertolak belakang dalam sebuah dituasi di lingkungan kita.

Pengertian Kelompok Out Group

Kelompok out group adalah bentuk kelompok  luar sehingga memiliki sifat jikalau perasaan seseorang yang bukan merupakan bagian dari kelompok tertentu sehingga memunculkan berbagai perasaan yang membuat perilaku dimana menunjukkan rasa tidak suka dengan kelompok tertentu.

Perasaan seseorang yang merasa berasal dari luar group ini akan menimbulkan berbagai jenis gejala sosial yang memberikan efek buruk bagi seseorang. Gejala sosial yang mungkin muncul antara lain etnosentris, paranoid yang ada di masyarakat, lalai, tidak dapat bekerjasama dengan kelompok in gorup, dan lain-lain.

Pengertian Kelompok Out Group menurut Para Ahli

Adapun definisi kelompok sosial out group menurut para ahli, antara lain;

  1. Soekanto, definisi kelompok out group adalah seseorang yang dianggap sebagai lawan bagi orang yang berasal dari sebuah perusahaan dapat disebut sebagai out group. Kelompok out group ini menjadi penyeimbang adanya in group. Anggapan ini muncul juga berasal dari masing-masing individu. Tak banyak ahli yang membahas ini, karena memang bagian kecil dari sebuah kelompok sosial yang ada di lingkungan masyarakat.

Ciri Kelompok Out Group

Berikut merupakan beberapa ciri out group yang dapat kita lihat di lingkungan sekitar,

  1. Bukan bagian dari kelompok

Kelompok out group merupakan kelompok yang akan bersikap bertolak belakang atau berbeda dengan kelompok in group. Apabila dalam sebuah kelompok in group dapat disebut sebagai mereka. Maknanya bukan bagian dari kelompok tersebut.

  1. Berasal dari kelompok yang berbeda

Kelompok in group bisa berasal dari kelompok sosial yang berbeda. Asal kelompok menjadi alasan seseorang dikatakan out group. Orang yang berasal dari kelompok lain tentu memiliki pemikiran yang berbeda tentunya tidak sejalan dengan kelompok yang memiliki tujuan yang berbeda.

  1. Bersifat individu

Seseorang dikatakan out group merupakan pandangan dari kelompok kepada seorang individu. Individu ini yang dikatakan orang out group. Oleh karena itulah kelompok out group membuat seseorang harus mampu memahaminya dan tidak memaksa orang menerima apa yang ada di kelompok tertentu. Out group tidak memiliki kewajiban untuk mentaati apa yang ada di in group.

  1. Cenderung bersifat tidak peduli

Tidak adanya ikatan antara satu dengan yang lain maka tidak akan mempedulikan orang-orang disekitarnya, karena memang bukan kelompoknya. Orang yang berasal dari luar kelompok akan sulit untuk masuk dalam sebuah kelompok apabila tidak mendapatkan kepercayaan dari orang yang berasal dari dalam kelompok.

  1. Bertentangan dengan kelompok in group

Kelompok out group bukan merupakan bagian dari in group maka rata-rata akan menentang apa yang dilakukan oleh in group. Oleh karena itulah kelompok in gorup dan out group juga tidak saling mendukung. Hal ini lantaran permasalahan akan terus muncul apabila tidak ada yang mengalah atau sama-sama ingin selalu menang dalam berbagai contoh permasalahan sosial.

  1. Terdapat rasa kebencian dengan kelompok in group

Kelompok out group cenderung membenci in group dengan berbagai alasan yang mungkin disampaikan. Alasan ini bahkan akan menambah rasa benci masing-masing. Rasa benci ini akan membuat seseorang semakin berjauhan antara in group dengan out group.

  1. Sering terjadi perselisihan dengan kelompok in group

Perselisihan yang disebabkan oleh ego masing-masing. Kedua belah pihak yang merasa paling benar sehingga membuat individu akan mempertahankan pendapatnya untuk membela kelompoknya disisi lain orang tersebut menjatuhkan in group. Kerukunan akan sulit terbentuk dalam lingkungan tertentu apabila hanya melihat dari segi in group atau out group.

Contoh Kelompok Out Group

Berikut merupakan beberapa contoh fenomena out group yang mungkin terjadi di lingkungan, antara lain;

  1. Kelompok bermain

Andi merupakan seorang siswa di salah satu sekolah negeri yang terkenal di daerahnya. Tidak banyak tetangganya yang sekolah di tempat tersebut. Andi yang memang bersekolah di tempat yang berbeda maka akan mendapatkan teman yang berbeda pula dengan orang yang ada di lingkungannya.

Ketika banyak waktu di rumah Andi merasa tidak memiliki teman, karena jarang berinteraksi dengan teman-teman yang di lingkungan. Andi merasa tidak bagian dari mereka karena memang beda sekolah. Apabila ingin belajar bersama juga tidak nyambung dengan anak-anak yang ada di lingkunganya.

Berdasarkan fenomena tersebut dapat dikatakan Andi merupakan bagian out group. Apabila hal ini terus terjadi maka terdapat potensi permusuhan satu sama lain. Permusuhan ini dimulai dari Andi yang merupakan kelompok out group dari lingkungannya. Group yang dimaksud adalah teman sekolah.

  1. Lingkungan sosial

Salah satu lingkungan terkecil dalam sebuah pemerintahan adalah RT. Sebuah desa memiliki jumlah RT yang berbeda-beda tergantung pada luas daerah yang ditempati. Contoh lingkungan sosial ini kadang dapat di sebut oout group atau in group.

Misal di RT 15 karang taruna sedang mengadakan acara syukuran atas panen raya yang telah terjadi. Karang taruna mengadakan berbagai jenis perlombaan dan syukuran dengan berbagai jenis kegiatan yang diperuntukkan khusus rt 15.

Kebetulan terdapat salah satu RT yang memang dari dulu selalu berselisih dengan RT 15 yaitu RT 7. Lokasi daerahnya memang lumayan jauh namun entah kedua RT tersebut memiliki permasalahan yang tidak jelas.

Ketika acara berlangsung datang masyarakat dari RT 7 untuk menonton, namun karena dianggap dari luar lingkungan RT 15 ada sekelompok orang yang tidak menyukai kehadiran warga RT 7. Hal tersebut memancing keributan.

Hal ini menunjukkan bahwa RT 15 merupakan kelompok in group dan RT 7 merupakan out group. Perselisihan ini akan terjadi karena memiliki kepentingan yang berbeda antara kedua belah pihak. Ada yang berdasarkan kepentingan individu dan ada yang berdasarkan kepentingan kelompok.

Itulah tadi artikel yang bisa dituliskan pada semua kalangan berkenaan pengertian kelompok sosial out group, ciri, dan contohnya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *