Contoh Kelompok In Group dan Out Group di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kelompok In Group dan Kelompok Sosial Out Group

Pada hakekatnya setiap individu yang tergabung dalam arti kelompok sosial tertentu akan memiliki dan memainkan peran yang saling terkait dengan konsesus awal terbentuknya suatu kelompok, hal ini dilakukan agar diakui oleh diri mereka sendiri atau orang lain sebagai unit dalam jenis interaksi sosial yang tercipta. Bahlan untuk klasifikasi kelompok sosial menurut konsep yang dikemukakan oleh W.G. Sumner membagi dalam 2 garis besar, yaitu kelompok sosial in group dan out group.

Oleh karena itulah pada artikel ini lebih jauh akan membagikan terkait dengan pengertian, dan contoh kelompok in group dan kelompok sosial out group. Berikut penjelasannya.

Kelompok In Group dan Out Group

Berdasarkan konsep yang dikemukakan oleh W.G. Sumner sebagai teori sosiologi dan tokohnya pembuatan pembagian kelompok menjadi in-group dan out-group. Pengklasifikasian ini dikenal dengan he basis of identification yang artinya berdasarkan bagaimana dan dengan siapa individu mengidentifikasi dirinya menjadi anggota daripada kelompok tertentu.

Pengertian In Group

In Group adalah kelompok sosial yang terbentuk dengan anggota dari asal muasal seseorang menjadi bagian daripada syarat terbetuknya kelompok sosial. Mutlak dilakukan demi mencapai suatu tujuan yang telah menjadi dasar terbetuknya organisasi/paguyuban daripada kelompok itu berasal.

Pengertian Out Group

Out group adalah syarat terbetuknya kelompok sosial yang tidak memandang apapun terkecuali keyakinan (ideology) dalam upaya mencapai tujuan tertentu. Dasar pembentukan ini dilakukan demi tercipatanya relasi dan jaringan sosial yang kuat untuk terwujudnya maksud tertentu.

Contoh In Group dan Out Group

Untuk memperdalam daripada bagian kelompok sosial ini, maka berikut inilah beberapa contoh yang dapat dijelaskan. Antara lain;

Kelompok Sosial In Group

Contoh yang bisa diberikan dengan kelompok sosial in group antara lain sebagai berikut;

  1. Keluarga
  2. Suku
  3. Perguruan tinggi
  4. Pekerjaan/Profesi

Artinya dalam contoh tersebut semua kelompok lain di mana ia tidak termasuk anggotanya berarti menjadi out group bagi dirinya. Sedangkan dalam in group telah berhasil untuk mengidentifikasi dari diri mereka sendiri

Kelompok Sosial Out Group

Kelompok sosial out group yang mudah ditemukan, antara lain seperti;

Seorang mahasiswa asli Jawa Timur merantau ke Jawa Tengah mereka akan menemui bahwa in group mereka adalah teman-teman mereka yang berada di ikatan mahasiswa Jawa Timur dan out group mereka adalah teman mahasiswa lain yang berasal dari luar Jawa Timur.

Dalam contoh tersebut tentusaja mengidentifikasikan yang dia tidak menjadi anggota di dalamnya. Dalam hal ini tidak ada karakteristik lain dalam pengklasifikasian kelompok sosial adalah bagian daripada out group.

Kelompok Sosial In Group dan Out Group di Masyarakat

Upaya memperjelas dalam pembagian ini berikut inilah secara singkat bagian daripada kelompok sosial untuk in group dan out group. Antara lain;

  1. IDI (Ikatan Dokter Indonesia) adalah salah satu jenis kelompok sosial in group yang terbentuk dengan persyaratan telah menjadi dokter dan lulus di jenjang perkuliahan dengan jurusan Kedokteran/Kesehatan.
  2. OSIS MTs Al-Iman adalah salah satu contoh kelompok sosial in group yang mudah ditemukan untuk ukuran lembaga pendidikan dalam suatu sekolahan Islam, artinya jikalau tidak sekolah di Al-Iman tidak bisa menjadi anggotanya.
  3. IKAM Lampung menjadi salah satu bagian daripada kelompok sosial out group yang ada di masyarakat. Lantaran yang bisa masuk menjadi anggota organisasi ini bisa berasal dari daerah mansaja asalkan dari Lampung, selaian itu juga untuk anggotanya tidak harus orang bersuku Lampung, orang Jawa, Bali, Sunda yang tinggal di Lampung pun bisa menjadi bagian daripada nggota kelompok ini.

Nah, itulah tadi serangkaian penjelasan serta pengulasan yang bisa diberikan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh-contoh kelompok sosial in group dan kelompok sosial out group di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Rating: 3.8/5. From 6 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *