Pengertian Kejahatan Korporat dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kejahatan Korporasi dan Contohnya

Berbagai bentuk tindakan sosial yang merugikan orang lain merupakan salah satu kategori tindakan kejahatan, dimana arti kejahatan ini dapat dilakukan secara terencana dan tidak terencana tetapi yang pasti untuk tindak kejahatan korporat atau korporasi dilakukan dengan memanfaatkan kesempatan yang ada berdasarkan pada jenis usaha yang dijalankannya.

Oleh karena itulah, kejahatan korporat yang dalam Bahasa Inggris dikenal corporate crime sebagai salah satu tindakan yang kejam di dunia bisnis. Dimana berbagai perusahaan penguasa bisa saja membuat rekayasa untuk mematikan perusahaan lain yang lebih kecil, sehingga perusahaan kecil tersebut akan mati dengan sendirinya ketika terus ditekan oleh perusahaan besar.

Pengertian Kejahatan Korporat

Kejahatan korporat adalah sebuah jenis kejahatan yang dilakukan oleh perusahaan baik individu dan kelompok sebagai perwakilan dari perusahaan untuk melakukan negosiasi dengan perusahaan lain dengan tujuan menjatuhkan perusahaan lain menggunakan langkah-langkah yang merugikan.

Contoh Kejahatan Korporat

Adapun untuk contoh tindakan kejahatan korporat antara lain;

  1. Kejahatan kerah putih

Kejahatan yang dilakukan oleh orang yang bekerja secara pofesional. Dimana kejahatan ini dilakukan dengan tujuan bisnis. Perusahaan yang saling mematikan antara perusahaan satu dengan yang lain dapat masuk jenis kejahatan ini.

Kejahatan yang melibatkan pihak-pihak profesional untuk merencanakan serta eksekusi. Pastinya menggunakan pihak-pihak yang memiliki kepentingan yang sama.

  1. Kejahatan dengan menggunakan pejabat publik

Keterlibatan dunia politik menjadi sesuatu yang berbeda dalam sebuah kejahatan korporat. Salah satu pihak yang biasa terlibat adalah pejabat publik. Pejabat publik yang memiliki kuasa pada sebuah daerah kadang menjadi salah satu perantara terjadinya kejahatan korporat.

Contoh kasus berkaitan dengan syarat dilakukannya sebuah usaha. Ada Amdal, izin usaha, pengolahan limbah, kerjasama dengan lingkungan, dan lain-lain. Kita tidak jarang menemui perusahaan apabila dilihat sekilas masih memberikan dampak buruk terhadap lingkungan, namun masih tetap beroperasi hingga saat ini, tentu saja ini peran pejabat publik yang memberikan izin.

  1. Kejahatan perusahaan negara

Badan usaha yang dikelola oleh pemerintah sangat beragam dan meliputi banyak sektor. Setiap sektor memiliki perannya masing-masing. Perusahaan milik negara biasanya memegang peran penting atau badan usaha yang penting.

Badan usaha yang saat ini yag hanya dimiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah PLN, PT. KAI, TELKOM, dan lain-lain. Tiga perusahaan yang disebutkan merupakan contoh perusahaan yang melakukan monopoli pada masing-masing sektor.

  1. Pengelapan dana

Pengelapan dana sering terjadi di beberapa perusahaan yang pimpinannya kurang bertanggung jawab. Pengelapan dana biasa dilakukan oleh menejemen puncak entah dari manajer atau bahkan pemilik usaha itu sendiri. Modal yang dimiliki tidak digunakan untuk mengembangkan usaha melainkan untuk kepentingan pribadi.

  1. Penipuan

Banyak jenis usaha yang membuka bisnis dengan tujuan yang kurang baik. Banyak perusahaan yang melakukan penipuan kepada pelanggannya atas jasa atau usaha yang di jalankan. Motif yang dilakukan sangat beragam baik dalam pemberian modal atau bentuk investasi.

Investasi yang menipu disebut investasi badong, biasanya banyak korban yang tertipu dengan iming-iming keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat.

  1. Pelanggaran UU lingkungan hidup

Salah satu aturan sebuah perusahaan didirikan ialah dengan memenuhi AMDAL yang telah ada. Kadang perusahaan bekerjasama dengan pihak tertentu untuk melancarkan usahanya ini. Hal ini tentu akan merugikan orang lain yang ada disekitar perusahaan.

Pelanggaran perusahaan kadang dibiarkan begitu saja oleh pemerintah walaupun sudah diprotes oleh masyarakat karena banyak menimbulkan kerugian. Kerugian paling besar yang harus ditanggung adalah kesehatan manusia. Kejadian ini biasanya banyak terjadi karena pengolahan limbah pabrik yang kurang tepat.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dikemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian kejahatan korporat (corporate crime) dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga saja memberikan wawasan dan pemahaman bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *