Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional dan Contohnya

Diposting pada

Keberhasilan Integrasi Nasional bagi Bangsa Indonesia dan Contohnya

Istilah integrasi pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris yaitu integration yang artinya adalah persatuan dalam keragaman perbedaan, sehingga pemaknaan integrasi ini berlawanan dengan disintegrasi. Disisi lainnya, integrasi bukan hanya berhubungan dalam sistem sosial melainkan skala nasional.

Dimana integrasi nasional dianggap sebagai upaya pemersatuan keinginan seluruh element masyarakat dalam menciptakan keteraturan sosial sehingga kehidupan bisa berjalanan sesuai dengan harapan. Oleh karena itulah terdapat faktor yang menjadi syarat dalam mewujudkan integrasi nasional.

Integrasi Nasional

Integrasi nasional adalah proses sosial dan interaksi sosial dalam penyatuan berbagai bentuk kelompok sosial budaya ke dalam satu kesatuan wilayah kekuasaan, dalam rangka pembentukan identitas nasional yang bisa berupa lambang negara, lagu kebangsaan, peraturan perudang-undangan, dan lain sebagainya.

Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional

Untuk faktor pendorong terwujdunya keberhasilan dalam tujuan dan manfaat integrasi nasional, antara lain;

  1. Terciptanya Kesepakatan atas Nilai Sosial dan Norma Sosial

Terciptanya kesepakatan yang dalam objek kajian sosiologi dikenal dengan konsensus secara bersama mengenai norma-norma sosial dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman sejatinya adalah faktor mutlak dalam inegrasi nasional.

  1. Saling Melengkapi Kebutuhan

Prasyarat selanjutnya yang menjadi pendorong terwujudnya integrasi nasional ialah setiap anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan satu dengan lainnya. Arti kebutuhan inilah pada hakekatnya mendasi kesadaran untuk saling bersatu.

  1. Memiliki Aturan Baku

Keberhasilan integrasi nasional bagi bangsa indonesia selanjutnya terkait dengan norma-norma dan
nilai-nilai sosial kemudian dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial. Prihal ini tentusaja diwujudkan dalam bentuk perundang-undangan dengan aspirasi sepenuhnya dalam kehendak rakyat.

Contoh Keberhasilan Integrasi Nasional

Adapun untuk contoh integrasi nasional terkait dengan proses keberhasilan, misalnya saja;

  1. Indonesia dengan Pancasila

Indonesia sebagai masyarakat multikultul melakukan integrasi nasional dengan kesepatakan atas berbagai jenis nilai dan norma sosial yang ada. Perwujutannya bisa melihat dari penyusunan Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia.

Dimana, sebelum tersusun dalam Sila 1 ketuhanan yang Maha Esa sejatinya penyusunannya mengacu pada Piagam Jakarta berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya“. Namun, karena para pendiri bangsa sadar bahwa Indonesia memiliki beragam agama pada akhirnya khusus pada kata kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya dihapuskan.

Sehingga akibatnya pada saat itulah masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Meroke memberikan dukungannya lantaran merasa memiliki persamaan atas nasib dan keadaannya yang selama ratusan tahun di jajah oleh Bangsa Asing.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan faktor atas keberhasilan integrasi nasional dan contohnya di masyarakat Indonesia. Semoga saja bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *